4 Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Terbukti

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina

Cara membedakan ikan koi jantan dan betina – Ikan hias merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup banyak diminati. Jenis ikan hias yang cukup banyak memiliki penggemar ialah ikan koi.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, tentunya merupakan hal yang sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis kelamin hewan peliharaan Anda, mana jantan dan mana betina.

Masih banyak terdapat kalangan masyarakat yang ternyata kesulitan membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada hewan peliharaannya, terutama ikan.

Baca Juga : 4 Jenis Ikan Koi Yang Populer Dikalangan Penghobi

Memang tidak mudah mengenali dan mengetahui secara langsung jenis kelamin ikan koi. Untuk itu perlu dilakukan pengamatan tertentu agar dapat dengan mudah membedakannya.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina 2

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda amati untuk membedakan jenis kelamin ikan koi jantan dan betina peliharaan Anda.

Bentuk Tubuh.

Hal pertama yang dapat diamati dengan mudah sebagai pembeda jenis kelamin ikan koi ialah bentuk tubuhnya. Tentu saja ikan koi jantan dan betina mempunyai bentuk tubuh yang sangat berbeda jika dilihat dengan lebih seksama.

Ikan koi jantan memiliki bentuk tubuh yang cenderung memanjang dan lebih kurus. Sedangkan ikan koi betina memiliki bentuk tubuh yang cenderung lebih padat dan bulat.

Bentuk tubuh ikan koi merupakan awal dari penentuan genetik, pola makan dan faktor lingkungannya.

Bentuk Sirip.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina selanjutnya Selain bentuk tubuh, bentuk sirip ikan koi juga menjadi faktor pembeda jenis kelaminnya. Ikan koi betina mempunyai sirip dada di mana bagian ujungnya terlihat sedikit membulat.

Sedangkan sirip ikan koi jantan cenderung terlihat lebih runcing. Selain itu, sirip ikan koi betina terlihat lebih transparan jika dibandingkan dengan sirip ikan koi jantan yang berwarna putih solid.

Baca Juga : 3 Fakta Ikan Koi dan Perawatannya Yang Wajib Pemula Ketahui

Bentuk dan Warna Lubang Ekspresi.

Bentuk dan warna lubang ekspresi pada ikan koi juga dapat menentuka jenis kelaminnya. Pada ikan koi betina, lubang ekspresinya terlihat sedikit menonjol dan berwarna merah mudah pucat.

Sedangkan pada ikan koi jantan, memiliki lubang ekspresi yang berwarna putih dan cenderung cekung ke dalam, tidak menonjol.

Permukaan Pipi

Permukaan pipi pada ikan koi juga dapat menjadi indikator untuk membedakan jenis kelamin, yaitu dilihat dari tingkat kekasarannya.

Ikan koi jantan mempiliki permukaan pipi yang kasar. Sedangkan ikan koi betina memiliki permukaan pipi yang cenderung lebih halus.

Meski begitu, hal tersebut tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur. Karena tidak semua ikan koi betina memiliki permukaan pipi yang halus.

Biasanya permukaan pipi yang halus juga dimiliki oleh ikan koi jantan yang masih muda. Akan tetapi, jika permukaan pipi ikan koi Anda kasar, sangat besar kemungkinannya bahwa ikan koi tersebut berjenis kelamin jantan.

Pada saat diikutsertakan dalam kontes, ikan koi jantan tidak bisa disandingkan dengan koi betina. Karena kelasnya tidak sesuai dan memiliki standar masing-masing.

Demikian ulasan tentang cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina yang telah selesai Hypetuts ulas untuk teman teman semua.Terima kasih telah mengunjungi Hypetuts.com, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya dan semoga bermanfaat.

error: Content is protected !!