PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Tips Membuat Kolam Ikan Koi yang Baik dan Benar

Membuat Kolam Ikan Koi

Tips Membuat Kolam Ikan Koi  bagi pemula yang akan memelihara ikan lucu ini, Ikan koi, merupakan salah satu jenis ikan hias yang cukup diminati di Indonesia. Mitosnya, memelihara ikan koi dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi pemiliknya.

Tidak sedikit masyarakat yang memelihara ikan koi, dengan meletakkannya di kolam yang dangkal. Hal tersebut bertujuan supaya pemilik dapat dengan mudah menikmati ikan koi peliharaannya.

Namun, perlu diketahui bahwa kondisi kolam yang dangkal justru tidak akan membantu pertumbuhan dan perkembangan ikan koi tersebut, sehingga ukuran tubuhnya akan terbatas.

Namun, jika memelihara ikan koi yang ukuran tubuhnya sudah besar, juga akan menyebabkan tubuhnya bergerak dengan tidak leluasa, atau justru akan membuat tubuhnya menjadi bengkok jika ia dipelihara dalam kolam yang dangkal.

Membuat Kolam Ikan Koi Bagi Pemula

Membuat Kolam Ikan Koi Bagi Pemula

Nah, maka sangat penting menciptakan tempat tinggal bagi ikan koi peliharaan Anda, yang nyaman, baik dan sehat. berikut hal hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat kolam koi

Baca Juga : 4 Cara Membedakan Ikan Koi Jantan Dan Betina Terbukti

Lokasi Kolam.

Lokasi Kolam

Sebelum membuat kolam ikan koi, lokasi pembuatan kolam merupakan hal penting yang harus diputuskan dengan tepat. Jangan sampai letak kolam tersebut justru malah menyusahkan Anda, misalnya ketika harus memberinya makan atau membersihkan kolamnya.

Sebaiknya, hindari juga lokasi kolam di bawah pohon karena akan membuat kolam tersebut kotor, dan juga hindarkan dari jangkauan orang luar demi menjaga keamanan dan kenyamanan ikan koi.

Filter.

Filter Kolam Koi

Filter kolam merupakan hal penting dalam pemeliharaan ikan, karena jika tidak diberi filter maka kolam akan cepat dan mudah kotor.

Pemilihan filter juga harus dilakukan dengan tepat, jangan sampai filter kolam tersebut justru menyusahkan Anda, dan tidak bekerja secara maksimal untuk pembersihan kolam.

Jika berniat membeli filter yang tinggal pasang, pastikan filter tersebut sesuai dengan spesifikasi dan ukuran kolam ikan koi Anda.

Ukuran Kolam.

Sebaiknya, jangan menggunakan keseluruhan tempat untuk kolam saja.

Dibutuhkan sekitar 30 % dari lahan kolam untuk penempatan filter. Selain itu sesuaikan juga ukuran kolam yang akan Anda buat, tentunya sebanding dengan jumlah ikan koi yang akan Anda pelihara.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah kedalaman kolam. dalam membuat kolam koi, kedalaman yang dianggap ideal adalah 2 meter.

Hal tersebut penting untuk menjaga suhu kolam supaya tidak mengalami perubahan yang terlalu signifikan saat pergantian hari, dari pagi ke malam.

Bentuk kolam.

Sebenarnya, bentuk kolam tergantung dari selera masing-masing. Hanya saja, sebaiknya bagian sudut kolam dibuat melengkung dan jangan sampai dibentuk sudut 90 derajat.

Karena pada sudut tersebut, bakteri dan ganggang akan tumbuh dengan subur.

Selain itu, bagian dasar kolam juga jangan dibuat rata, supaya ketika membersihkan air mudah mengalir keluar.

Lubang Pembuangan.

Dalam membuat kolam koi, sistem saluran pembuangan janganlah diabaikan. Ada dua lubang penting yang harus dibuat dalam kolam. Lubang yang pertama dibuat di dasar kolam di bagian tengah, yakni untuk membuang air saat kolam dibersihkan.

Lubang kedua di dibuat di bagian atas kolam, sebelum batas atas kolam, yakni untuk membuang air jika Anda lupa mematikan air saat sedang mengisi air kolam.

Dengan begitu air kolam tidak akan penuh meskipun Anda lupa mematikannya.

Demikian informasi menarik seputar Tips Membuat Kolam Ikan Koi yang Baik dan Benar. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ikan lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat.