5 Jenis Burung American Sparrow Untuk Masteran

Black Throated Sparrow

Jenis Burung American Sparrow, Untuk menjadi burung kicau yang memiliki suara kicau yang merdu dan terlatih, tentu saja tak lepas dari pemeliharaan dan perawatan yang tepat, salah satunya pemasteran.

Pemasteran terhadap burung ocehan merupakan salah satu cara pemilik untuk melatih dan memancing suara kicau burung peliharaannya.

Pemasteran dilakukan dengan cara yang cukup beragam, seperti memperdengarkan audio atau suara burung lain melalui mp3 dan juga memperdengarkan langsung suara burung lain, dengan cara menempelkan atau mendekatkannya dengan burung kicau yang ingin dimaster tersebut.

Salah satu jenis burung kicau yang suara kicaunya cukup mumpuni untuk dijadikan sebagai burung masteran adalah burung Sparrow.

Burung American Sparrow

American Sparrow

American Sparrow merupakan spesies burung bertubuh kecil yang jago berkicau. Burung Sparrow terbagi menjadi dua jenis, True Sparrow yang berasal dari famili Passeridae, dan American Sparrow yang berasal dari famili Emberizidae.

Dari kedua jenis burung Sparrow tersebut, American Sparrow lah yang sering dimanfaatkan sebagai burung masteran.

Hal tersebut dikarenakan jenis burung American Sparrow memiliki suara ocehan yang cukup lantang.

Pada dasarnya, burung American Sparrow terdiri dari berbagai macam jenis, namun terdapat setidaknya lima diantaranya yang sering dijadikan sebagai burung masteran.

Selain itu, kelima jenis American Saprrow berikut memiliki tampilan fisik yang unik dan menarik.

Baca Juga :

Black-Throated Sparrow (Amphispiza Bilineata).

Black-Throated Sparrow

Jenis burung Black-Throated Sparrow merupakan salah satu jenis burung American Sparrow yang menempati area gurun terbuka, tepatnya di bagian barat Amerika Serikat dan Meksiko. Black-Throated Sparrow banyak digunakan sebagai burung masteran karena ia memiliki suara kicau yang cukup lantang dan terdengar seperti suara kicau burung kenari. Selain lantang, suara ocehannya terdiri dari dua nada pembuka yang diiringi dengan suara getaran atau trill.

Vespper Sparrow (Pooecetesgramineus).

Vespper Sparrow merupakan jenis burung American Sparrow yang menempati area padang rumput serta ladang pertanian di bagian utara Amerika Serikat dan juga Kanada. Kebiasaan Vespper Sparrow adalah mengeluarkan suara kicaunya pada malam hari. Namun terkadang juga terlihat berkicau pada siang hari. Suara ocehannya terdiri dari 2 – 4 nada panjang yang terdengar mengalun, kemudian diakhiri dengan suara getaran atau trill.

Lark Sparrow (Chondestesgrammacus).

Lark sparrow merupakan jenis burung Sparrow yang menempati area lahan pertanian dan pinggir jalan raya. Pada saat musim kawin, Lark Sparrow memiliki kebiasaan yang terbilang unik. Lark Sparrow akan memakai bekas sarang yang dibuat oleh jenis burung Mockingbird, dan tidak membuat sarangnya sendiri.

Dark-Eyed Junco (Juncohyemalis).

Dark-eyed Junco merupakan jenis burung American Sparrow yang menempati hutan dataran rendah di Kanada. Dark-Eyed Junco memiliki suara kicau yang berupa getaran, dan terdiri atas 7 – 23 nada yang menyerupai suara Chipping Sparrow dan Pine Warbler. Dark-Eyed Junco memiliki suara ocehan yang lantang, sehingga suara kicaunya terdengar hingga jarak yang jauh.

Lark Bunting (Calamospizamelanocorys).

Lark Bunting merupakan jenis burung Sparrow yang biasa dijumpai di padang luas. Jenis burung ini memiliki suara kicau yang terdiri dari beberapa suara yang cukup variatif, dan dikicaukan secara berulang dengan disertai suara getaran.

Demikian informasi menarik seputar 5 Jenis Burung American Sparrow Untuk Masteran .Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!