Doa Witir Beserta 4 Hal Penting Tentang Sholat Witir

Doa Witir

Setiap ibadah yang dilakukan dalam agama apapun pastinya memiliki ketentuan atau tata cara tersendiri. Didalam agama Islam Pun juga begitu.

Sebagai contohnya adalah adanya sholat witir. Di Dalam ibadah tersebut harus ada sebuah ucapan doa witir.

Sholat witir

Sholat Witir

Sebagai seorang muslim pastinya kamu tidak asing dengan yang namanya ibadah sholat. Dimana ibadah sholat dibedakan menjadi dua.

Yaitu ibadah sholat wajib dan ibadah sholat sunnah. Salah satu ibadah shalat sunah adalah sholat witir.

Shalat witir merupakan salah satu sholat sunnah. Ibadah ini dapat dilakukan seorang muslim ketika selesai mengerjakan ibadah shalat sunah lainnya pada malam hari.

Secara mudahnya adalah ibadah sholat witir merupakan ibadah penutup ibadah sholat sholat sunnah lainnya seperti sholat tahajud.

Perlu kamu ketahui bahwa ibadah shalat witir berbeda dengan ibadah sholat Sunnah lainnya. Jika pada sholat Sunnah lainnya selalu dikerjakan dengan jumlah rakaat yang genap.

Akan tetapi untuk ibadah sholat witir memang dikerjakan dengan jumlah rakaat ganjil.

Beberapa hadits telah menjelaskan akan anjuran setiap muslim akan lebih baik lagi jika melaksanakan sholat witir setelah sholat Sunnah lainnya pada malam hari.

Jika kamu akan melakasanakan sholat witir. Maka anjuran waktu yang ditetukan adalah pada malam hari.

Yaitu setelah pada jam-jam sehabis sholat isya, pertengahan malam, hingga waktu hampir menuju sholat subuh. Akan lebih baik lagi bila kamu juga membaca doa witir.

Dzikir Sholat Witir

سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوْسُ

Subhaanal malikil qudduus

Artinya: “Maha Suci Allah. Maha Raja”

سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحِ

Subbuuhun qudduusur robbunaa wa robbul-malaa-‘ikati warruuh

Artinya: “Maha Suci lagi Maha qudus Tuhan kami, Tuhan seluruh Malaikat dan Ruh”

سُبْحَانَ اللهْ وَالْحَمْدُ لِلهْ وَلآ اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَاللهُ اَكْبَرُ

Subhaanallaahi wal-hamdu lillaahi wa laa ilaaha illallaahu wallaahu Akbar

Artinya: “Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan allah Mahabesar”

وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-‘aliyyil-‘aziim.

Artinya: “Dan tiada daya (untuk menghindar dari kemkasiatan), dan tiada kekuatan (untuk mengejakan ibadah) kecualai dengan pertolongan Allah Yang Maha tinggi lagi Maha besar.”

Doa Witir

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ
اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Latinnya doa witir :

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daaimaan, wan’asaluka qalban khaasyi’an, wanas’aluka ‘ilman naafi’an,

wanas’aluka yaqiinan shaadiqon, wanas’aluka ‘amalan shaalihan, wanas’aluka diinan qayyiman,

wanas’aluka khairan katsiran, wanas’alukal ‘afwa wal’aafiyata, wanas’aluka tamaamal ‘aafiyati, wanas’alukasyukra ‘alal ‘aafiyati, anas’alukal ghinaa’a ‘aninnaasi.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin.

washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iina, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiina.

Arti dari doa witir:

Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’,

Kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar,

kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus,

kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna,

kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.”

Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami.

Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang.

Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.”

Baca Juga : 5 Tata Cara Mandi Wajib yang Benar. Jangan Sampai Salah Ya!

Hal yang perlu diperhatikan dalam shalat witir

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Shalat Witir

Dalam melakukan shalat witir tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kamu harus memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Nah berikut ini adalah penjelasan akan berbagai hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan sholat witir.

Jumlah rakaat ganjil

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya bahwa ibadah sholat witir memang dikerjakan dengan jumlah rakaat yang ganjil.

Kamu bisa mengerjakan ibadah sholat witir ini dimulai dari satu rakaat, tiga rakaat, hingga 11 rakaat. 11 rakaat adalah jumlah maksimal rakaat dalam pengerjaan shalat witir.

Satu kali dalam satu malam

Ada sebuah hadis yang menyebutkan bahwa shalat witir tidak dikerjakan dua kali dalam satu malam.

Artinya adalah bila kamu sudah mengerjakan ibadah sholat witir pada awal malam atau setelah sholat tarawih misalnya.

Maka kamu bangun tengah malam, kamu tidak perlu lagi menjalankan ibadah sholat witir ini. Akan lebih baik lagi jika kamu juga menyempatkan membaca doa witir atau doa sholat witir.

Baca Juga : Doa Naik Kendaraan Merupakan 7 Adab Dalam Bepergian

Makin dicintai Allah

Selain bisa mendekatkan diri dengan Allah ternyata dengan melakukan sholat witir ternyata kamu juga akan mendapatkan cinta dari Allah yang lebih besar lagi.

Bukankah hal tersebut adalah salah satu kebahagiaan dunia dan akhirat.

Maka dari itu jangan pernah lupa untuk menjalankan ibadah sholat wajib maupun ibadah sholat Sunnah seperti sholat witir.

Salah satu jenis sholat Sunnah mukadah

Ada sebuah hadis yang menyebutkan bahwa ibadah shalat witir merupakan salah satu hak dari orang muslim.

Maka lakukanlah meskipun dalam jumlah rakaat yang paling sedikit. Dengan adanya hadis tersebut maka ibadah solat witir merupakan ibadah solat Sunnah muakkadah.

Artinya adalah merupakan salah satu ibadah yang ditekankan selain ibadah sholat wajib.

Dengan adanya berbagai penjelasan hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan ibadah sholat witir diatas.

Maka kamu tidak perlu bingung ketika akan menjalankan ibadah sholat witir. Akan lebih baik lagi jika diiringi dengan doa witir.

Sekian artikel tentang doa witir beserta dzikir dan keutamaannya yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Jika kamu menyukai pembahasan artikel ini jangan lupa untuk share ke teman sosial media kamu supaya teman kamu diberikan manfaat artikel ini terima kasih.

error: Content is protected !!