Contoh Artikel Deskriptif Beserta 4 Langkah Pembuatannya

Contoh Artikel Deskriptif

Hypetuts kali ini akan membagikan artikel  tentang Contoh Artikel Deskriptif  beserta cara menulis atau pembuatannya.

Deskripsi menjadi salah satu hal yang penting dalam penulisan ilmiah.

Deskripsi menjadi pengantar sebuah tulisan yang biasanya disampaikan oleh penulis di paragraf pertama ataupun kedua.

Tetapi, di pembahasan berikut akan lebih spesifik mengenai artikel deskripsi serta contoh artikel deskriptif tersebut. Maka dari itu, simak yang di bawah ini!

Pengertian Artikel Deskripsi atau Artikel Deskriptif

Pengertian Artikel Deskripsi Atau Artikel Deskriptif

Ada cukup banyak pengertian dari artikel dari para ahli, misalnya saja sebagai berikut:

1. Sumandiria

Artikel merupakan karya tulis lepas yang mempunyai isi berupa opini mengenai masalah yang bersifat aktual dan kontroversial yang tujuannya memberitahu, menghibur, memengaruhi, serta meyakinkan pembaca.

2. Cambridge Dictionary

Artikel merupakan tulisan yang membahas tentang subjek tertentu dan dipublikasikan pada berbagai media, misalnya majalah, koran ataupun di internet.

Sedangkan pengertian dari deskripsi adalah penggambaran mengenai suatu kejadian atau masalah yang memperhatikan kaidah dari pengolahan data serta fakta yang jelas supaya pembaca seolah bisa melihat kejadian yang secara langsung.

Dari berbagai pengertian artikel serta deskripsi tersebut dapat disimpulkan jika artikel deskriptif adalah artikel yang berupa karangan yang mana menggambarkan mengenai suatu hal pada para pembacanya sehingga mereka seolah-olah bisa melihat, merasakan, serta mendengar isi dari deskripsi.

Umumnya informasi di dalam artikel deskripsi adalah berupa data serta fakta yang jelas tentang suatu kejadian atau masalah.

Ada beberapa tujuan dari penulisan artikel deskripsi. Tentunya tujuan-tujuan tersebut perlu untuk Anda ketahui. Berikut adalah pembahasannya.

Tujuan-Tujuan Artikel Deskriptif

Tujuan-Tujuan Artikel Deskriptif

1. Memberi Arahan

Tujuan ini berupa memberikan petunjuk pada orang lain atau pembaca untuk melakukan pekerjaan yang benar, tepat dan lebih terstruktur.

Contoh artikel deskriptif ini seperti tentang langkah-langkah travelling keluar kota dengan menggunakan kereta, apa saja yang harus dilakukan nantinya.

2. Menjelaskan Tentang Sesuatu

Tujuan ini seperti Anda memberikan rincian, detail atau lainnya yang sejenis penjelasan mengenai suatu hal yang perlu untuk diketahui oleh orang-orang atau pembaca.

Contohnya saja penjelasan mengenai tempat wisata di Bali ada apa saja, dimana saja lokasinya, apa saja tempat wisata yang harus untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali dan masih banyak yang lain.

3. Menceritakan Mengenai Suatu Kejadian

Pada tujuan ini, Anda harus menulis artikel yang menggambarkan tentang informasi pada para pembaca yang ada kaitannya dengan fakta serta data yang sudah dikumpulkan mengenai suatu kejadian atau masalah.

Contohnya saja artikel tentang Candi Borobudur berbentuk apa, didirikan kapan, di masa pemerintahan siapa dan lain sebagainya.

4. Meringkas

Dalam hal ini yang Anda perlukan adalah gagasan utama atau bagian yang inti. Namun, Anda jangan sampai untuk menghilangkan data yang ada di dalam tulisan yang dibuat.

Langkah-Langkah dalam Menulis Artikel Deskriptif

Ada beberapa langkah dalam membuat artikel deskripsi yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut:

1. Menentukan tema yang spesifik agar menarik minat dari pembaca.

2. Menetapkan tujuan dari penulisan artikel yang secara tersirat.

3. Merumuskan masalah atau ide pokok. Anda bisa menggunakan kerangka ide pokok untuk setiap paragrafnya.

4. Membuat kesimpulan artikel. Kesimpulan dapat dibuat dengan mudah jika Anda membuat artikel yang alur serta logikanya benar.

Nah, demikian pembahasan di sini mengenai artikel deskriptif. Sebenarnya artikel deskripsi ini sudah banyak ditemui di media-media offline atau online.

Jadi, bila Anda mencari contoh artikel deskriptif atau mencari cara penulisannya, Anda bisa mempelajarinya melalui media-media tersebut.