PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Ciri-Ciri Murai Batu Medan Yang Perlu Sahabat Ketahui

Murai Batu Medan

Burung murai batu medan adalah salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas suara. Oleh karena itu, burung ini termasuk salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para pecinta burung.

Murai batu medan disebut sebagai jenis spesies burung murai yang terbaik diantara semua jenis murai batu yang ada di Indonesia dan tersebar di berbagai daerah seperti, Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Kalimantan.

Membedakan murai medan dan murai lainnya memang gampang-gampang susah.

Namun hal itu juga tergantung dari jenis murai lain yang menjadi pembandingnya. Bagi Anda pecinta burung, berikut adalah gambaran ciri burung murai batu medan yang asli agar supaya Anda lebih jeli.

Ciri-Ciri Murai Batu Medan

Ciri-Ciri Murai Batu Medan

Murai Batu Medan Berciri Khusus. Sebagai jenis murai andalan, burung murai batu medan memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut yang bisa Anda jadikan acuan supaya mudah untuk membedakannya dengan jenis murai yang lain.

Warna Bulu

Burung murai medan identik dengan bulunya yang memiliki warna hitam legam dan sangat mengkilat.

Biasanya, warna hitam pada bulu murai batu medan akan terlihat berwarna kebiru-biruan jika terkena sinar matahari.

Pada burung yang telah memasuki usia remaja yaitu diatas 6 bulan, kecantikan warna tersebut akan terlihat lebih jelas

Baca Juga : Perawatan dan Pemasteran Murai Trotolan masih bakalan

Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh burung murai medan sangat menawan. Jenis murai terbaik ini memiliki bentuk tubuh yang besar, namun cenderung gagah dan atletis.

Jika dibandingkan dengan jenis murai lainnya, murai batu medan memiliki postur tubuh yang lebih tegap.

Warna Kaki

Kaki burung murai medan yang masih muda identik dengan warna merah kehitam-hitaman. Tapi ada juga jenis murai medan yang memiliki kaki dengan warna hitam.

Sebagian orang berpendapat, bahwa warna kaki burung murai yang semakin menghitam adalah pertanda yang baik. Semakin tua usia burung, maka warna kakinya akan semakin menghitam.

Ekor

Salah satu ciri fisik yang paling khas dari burung murai batu adalah ekornya. Murai medan memiliki ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan jenis burung murai yang lain.

Biasanya, burung murai batu medan memiliki 4 pasang bulu berwarna putih dengan strip yang berwarna hitam merata kanan dan kiri serta membentuk belahan secara horizontal. Panjang ekor murai asal medan kurang lebih sekitar 14-27 cm.

Baca Juga : Burung Murai Lampung Kenali Lebih Dekat Tentang Burung ini

Kicauan

Burung murai asal medan banyak diminati dan diandalkan oleh para pecinta burung karena kicauannya yang istimewa.

Jenis suara kicau yang cenderung lantang dan keras, dan juga tidak monoton.

Hal istimewa lainnya adalah ketika murai medan menirukan nada kicau jenis burung lain, suara kicau tiruannya cenderung lebih lantang jika dibandingkan dengan kicau burung asli yang ia tirukan.

Itulah beberapa ciri burung murai medan yang dapat diinformasikan.

Bagi Anda pecinta burung, jelilah dalam mengamati dan memilih supaya Anda tidak terkecoh dan dapat membedakan mana burung murai batu medan yang asli dan yang bukan.

Demikian informasi menarik seputar Ciri-Ciri Murai Batu Medan.

Baca Juga :

Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!