PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Burung Murai Lampung Kenali Lebih Dekat Tentang Burung ini

Burung Murai Lampung

Burung Murai Lampung, Indonesia sangat kaya akan koleksi satwa unggasnya, salah satunya adalah burung Murai.

Burung Murai merupakan salah satu jenis burung ocehan yang cukup dikenal dan digemari hampir oleh setiap kalangan masyarakat, terutama para pecinta burung kicau.

Burung Murai terdiri dari berbagai macam jenis, seperti Murai Thailand, Murai Malaysia, Murai Filipina, dan juga Murai Lampung yang terdapat di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan burung Murai Medan atau Murai Aceh, Murai Lampung memang belum begitu populer dan dikenal.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa Murai Lampung, terutama jenis super, juga memiliki kualitas yang tak kalah baik dengan jenis Murai lainnya.

Burung Murai Lampung

Copsychus Malabaricus

Jenis burung yang tergolong ke dalam spesies Copsychus Malabaricus ini tersebar luas di sekitar Pulau Sumatera.

Meski berada dalam spesies yang sama, namun terdapat perbedaan antara burung Murai Lampung dengan jenis Murai lainnya seperti Murai Medan, atau Murai Nias.

Salah satu perbedaan yang terlihat paling menonjol adalah bahwa burung Murai Lampung memiliki jenis ekor yang cenderung lebih pendek.

Jenis burung Murai yang berhabitat di Lampung, tepatnya di Krakatau ini semakin sulit dijumpai dan ditemukan. Hal tersebut dikarenakan adanya penebangan hutan dan perburuan burung secara liar.

Baca Juga : Ciri-Ciri Murai Batu Medan Yang Perlu Sahabat Ketahui

Ukuran Murai Lampung

Murai Lampung merupakan jenis burung Murai yang bertubuh kecil, yaitu ukuran tubuhnya hanya sekitar 11 – 12 cm.

Selain itu, Murai Lampung memiliki jenis ekor yang pendek dengan warna putih yang menghiasi bagian bawah ekornya.

Keunikan lain dari burung kicau asal Lampung ini adalah dengan mengamati gayanya ketika bertarung.

Kebiasaan Murai Lampung

Sedikit berbeda dengan jenis burung Murai lain yang selalu mengembangkan bulu pada bagian dadanya pada saat hendak bertarung, burung Murai Lampung justru memiliki kebiasaan unik, yaitu gayanya yang seolah-olah seperti mematuk-matuk.

Jika dilihat dari segi suara ocehannya, Murai Lampung tak kalah hebat dengan jenis burung Murai lain.

Selain memiliki suara kicau yang baik, Murai Lampung juga mampu menirukan suara ocehan jenis burung lain. Meski begitu, terdapat satu kelemahan yang membuat Murai Lampung terkadang kurang diminati oleh para pecinta burung kicau, yaitu bahwa ia memiliki mental yang tidak cukup mumpuni pada saat bertarung.

Baca Juga : Perawatan dan Pemasteran Murai Trotolan masih bakalan

Mental Murai Lampung

Mental Murai Lampung terlalu mudah melemah ketika ia dihadapkan dengan lawan kicaunya. Bahkan, saking lemahnya, Murai Lampung tidak akan memberikan perlawanan apapun.

Maka, jika ingin mengikutsertakan Murai Lampung dalam kontes/ lomba, sebaiknya persiapkan mentalnya agar benar-benar matang.

Ekornya yang pendek dinilai berbeda oleh beberapa pendapat masyarakat.

Sebagian masyarakat mengatakan bahwa ekor Murai Lampung yang pendek justru merupakan keuntungan baginya, karena dengan tubuh yang ringan tentu akan semakin lincah bergerak dan berkicau.

Namun, beberapa menyampaikan bahwa ekor Murai Lampung yang pendek membuatnya tidak terlihat indah dan mempesona.

Meski di nilai demikian, harga burung Murai Lampung dibanderol lebih tinggi daripada Murai Kalimantan, yaitu sekitar 1.5 – 2 jutaan rupiah.

Demikian informasi menarik seputar Burung Murai Lampung .Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!