2 Artikel Kasus Pelanggaran HAM TKI Tak Temui Titik Terang

  • Bagikan
Artikel Kasus Pelanggaran HAM
Image : Ilustation

Hak Asasi Manusia merupakan hak dasar yang dimiliki oleh setiap manusia dan wajib untuk diperjuangkan.

Namun, tampaknya perjuangan HAM untuk para TKI hingga kini belum menemukan titik terang, masih banyak kasus pelanggaran HAM terhadap TKI yang sering diberitakan di portal berita.

2 Artikel Kasus Pelanggaran HAM

2 Artikel Kasus Pelanggaran HAM
Foto : Ilustrasi

Dari sekian banyak kasus ham yang terjadi kepada TKI ( Tenaga kerja indonesia ) admin akan membahas kasus yang sangat menarik untuk dibahas kali ini diambil dari berbagai sumber artikel berita,

Yang dirangkum oleh admin mari disimak artikelnya sob.

TKI Sang Pahlawan Devisa

Artikel kasus pelanggaran ham yang pertama Ketika berbicara tentang TKI pastinya kalimat yang sering disebutkan adalah “TKI Sang Pahlawan Devisa Negara”.

Mengapa bisa muncul julukan tersebut? Ternyata jika dirunut dari besaran APBN yang dihasilkan menunjukkan bahwa 10% dari APBN negara Indonesia ditempati oleh jasa remitansi TKI.

Remitansi merupakan jasa pengiriman uang yang dilakukan oleh Tenaga Kerja Indonesia. Saat ini ada sekitar 8 juta TKI yang tersebar lebih dari 160 negara di dunia.

Remitansi yang dilakukan oleh TKI tersebut akan memiliki dampak yang baik bagi keuangan Indonesia.

Pertama, remitansi akan meningkatkan simpanan uang asing dan inilah yang akan menjadi devisa bagi negara Indonesia.

Kedua, kebutuhan rupiah akan semakin meningkat hal ini sesuai dengan hukum ekonomi permintaan dan penawaran, dampaknya nilai rupiah akan semakin meningkat.

Sebenarnya besaran APBN yang didapatkan tersebut berasal dari TKI legal. Saat ini selain TKI jalur legal juga terdapat TKI jalur ilegal, untuk TKI jalur ilegal cukup sering terjadi kasus pelanggaran HAM.

TKI yang bekerja di luar negeri dibedakan menjadi dua jenis yakni TKI Skill dan non skill. Apa perbedaan dari dua jenis TKI tersebut?

Tenaga kerja yang memiliki skill merupakan tenaga kerja yang bekerja di perusahaan asing.

Sedangkan tenaga kerja yang tidak memiliki skill adalah tenaga kerja yang bekerja sebagai asisten rumah tangga ataupun sebagai pengasuh anak.

Baca Juga : Artikel Tentang Banjir : Waspadai 3 Penyakit Menular Ini

Kasus Pelanggaran HAM TKI

Artikel kasus pelanggaran ham yang kedua Hingga saat ini masih banyak kasus pelanggaran HAM yang tercatat, pada Juli 2020 misalnya sudah tercatat 900 TKI yang dicambuk paksa di Malaysia.

Sepanjang tahun 2019 tercatat beberapa kejadian pelanggaran HAM yakni kasus kematian Tamam dan Ngatiyai di Kuala Lumpur.

Pada awal Desember 2019 tercatat ada tiga perempuan yang dituduh terlibat kasus terorisme di Singapura.

Pada Juni 2011 terdapat kasus warga negara Malaysia yang dihukum karena membuat seorang TKI mati kelaparan.

Pada awal bekerja, Isti Komariyah memiliki berat 46 kilogram hingga saat kematiannya wanita ini hanya memiliki berat sebesar 26 kg.

Mantan majikan Isti Komariyah didakwa bersalah dan dijatuhi pidana 20 tahun penjara oleh Pengadilan Federal Malaysia.

Pada tahun 2012 ada seorang pekerja di Kamboja yang mati kelaparan karena tidak diberi makan oleh majikan Malaysia.

Akhirnya pada tahun 2015 majikan tersebut dijatuhi hukuman mati karena kasus pembunuhan.

Pada tahun 2013 hingga 2014 seorang pekerja rumah tangga Erwiana Sulistyaningsih mengalami penganiayaan berulang kali yang dilakukan oleh majikannya di Hong Kong.

Bahkan Erwiana mengaku harus menaha tabung logam yang berasal dari penyedot debu yang dimasukkan oleh majikkannya ke bibirnya hingga akhirnya melukai bibirnya.

Selain itu Erwiana juga ditelanjangi, disemprot dengan menggunakan air dingin, berdiri di depan kipas selama dua jam. Akhirnya majikannya Law Wan-tung yang berusia 44 tahun dijatuhi hukuman 6 tahun penjara.

Pada tahun 2012 Khanifah (32 tahun) dipukul dengan menggunakan palu lebih dari dua kali hingga giginya copot oleh sepasang majikan Singapura hingga Khanifah mengalami cacat permanen.

Baca Juga : Artikel Tentang Sampah di Indonesia Dan 4 Permasalahannya

Pada tahun 2017 kedua majikan tersebut dihukum karena kasus kekerasan.

Sekian pembahasan artikel kasus penggaran ham yang hypetuts berikan ini, jika kamu menyukai pembahasan ini jangan lupa untuk share artikel ini terima kasih.

  • Bagikan