Usaha Online Tanpa Modal

12 Macam Usaha Online Tanpa Modal Dan Tips Memulainya.

Diposting pada

Adakah jenis Usaha Online Tanpa Modal? Jawabannya tentu saja ada. Namun memang tidak semua orang dapat melakukannya.

Apalagi jika mereka tidak serius dan tekun dalam menjalaninya. Seperti yang Anda ketahui, untuk meraih kesuksesan dari usaha yang Anda lakukan tentunya dibutuhkan kerja keras dan komitmen tinggi.

Selain itu, beberapa usaha juga membutuhkan modal yang cukup tinggi pula.

Jangan Lupa simak artikel paling nyambung diantaranya :

Usaha Online Tanpa Modal

Namun bagi Anda yang tidak memiliki modal besar dan ingin meraih untung dengan mudah, maka cobalah untuk memulai beberapa jenis usaha online tanpa modal berikut ini :

1. Usaha dropship

Usaha Dropship

Bagi para usaha online tanpa modal, istilah dropshipping tentunya bukanlah hal asing.

Jenis usaha yang satu ini umumnya dilakukan dengan cara menjual produk atau barang atas nama perusahaan Anda, namun barang yang diperjual belikan justru dikirimkan oleh pihak lainnya.

Sebagai contoh, Anda menjual produk dalam bentuk kaos kaki, penjualan dilakukan dengan cara mempromosikan pada teman atau orang di sekitar Anda.

Apabila ada yang melakukan pemesanan, maka Anda pun akan langsung memesannya secara online.

Sedangkan pihak yang menyiapkan kaos kaki itu akan mengirimkannya pada pelanggan yang Anda miliki dengan menggunakan nama Anda selaku pihak penjual dari kaos kaki tersebut.

Dalam proses penjualan tersebut harga yang Anda tawarkan tentunya dapat disesuaikan dengan harga yang Anda inginkan.

Namun pastikan untuk memasang harga yang lebih tinggi dari harga aslinya agar Anda dapat meraup keuntungan dengan lebih mudah.

Selain itu, sistem dropshipping juga terasa lebih menguntungkan, karena Anda tidak perlu lagi menyimpan stock dalam bentuk barang.

Hal ini jelas lebih menguntungkan dibandingkan dengan proses penjualan yang dilakukan dengan menyimpan stok barang yang tentunya akan memakan banyak tempat untuk menyimpan produk itu sendiri.

2. Menjadi youtuber

Menjadi Youtuber

Usaha online tanpa modal lainnya yang juga dapat Anda lakukan dengan mudah adalah menjadi YouTuber.

Dengan menjadi YouTuber, tentunya Anda bisa mendapatkan penghasilan yang tudak sedikit.

Sedangkan untuk modal yang digunakan cukup dengan menyediakan komputer serta akses internet yang stabil.

Hal pertama ketika ingin memasukkan video ke dalam YouTube adalah membuat akun website khusus untuk YouTube itu sendiri.

Setelah itu, barulah Anda dapat membuat konten YouTube yang berbentuk video dengan tampilan kreatif.

Sementara itu, untuk pembuatan video Anda dapat mengandalkan kamera webcam yang terpasang di laptop atau bahkan menggunakan kamera pada smartphone yang Anda miliki.

Selain itu, ada juga beberapa kamera yang juga dapat Anda gunakan untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Kemudian pastikan pula untuk melakukan proses editing yang dibantu dengan beberapa aplikasi edit video terbaik, seperti movie maker, shortcut, lightworks, dan beragam jenis aplikasi lainnya. Setelah selesai barulah Anda dapat melakukan upload ada akun youtube.

Jika video yang Anda upload tersebut sesuai dengan ketentuan youtube, maka ia pun dapat dimonetisasi yaitu dipasang iklan.

Kemudian semakin banyak orang yang menonton video yang Anda miliki dan mengklik iklan yang ditempel pada video tersebut, maka penghasilan Anda pun meningkat dengan sendirinya.

3. Penjualan informasi

Penjualan Informasi

Usaha online tanpa modal selanjutnya Jika Anda berpikir bahwa hanya produk yang berbentuk fisik saja yang dapat diperjual belikan, maka Anda salah besar.

Pasalnya beberapa informasi penting juga turut diperjual belikan seperti halnya informasi penting yang kemudian dibukukan atau dibentuk e-book.

Bentuk buku yang satu ini umumnya berbentuk PDF dan memuat topik tertentu yang dibutuhkan orang. Selain mudah untuk diakses jenis buku tersebut tentunya tidak dapat dimodifikasi sehingga proses penjualannya pun dapat dilakukan dengan mudah dan banyak diminati.

Jika Anda berpikir bahwa produk pemberian informasi ini hanya berbentuk buku saja, ternyata tidaklah demikian.

Pasalnya Anda juga dapat menjual informasi dalam bentuk video, seperti halnya video pembelajaran yang tentunya banyak menarik minat masyarakat Indonesia yang haus akan ilmu pengetahuan.

4. Menulis blog atau membuat website pribadi

Menulis Blog Atau Membuat Website Pribadi

Selain beberapa jenis Usaha Online Tanpa Modal di bagian atas tadi, Anda juga dapat menghasilkan uang dengan cara lain.

Seperti halnya dengan menulis blog atau membuat website sendiri. Usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki hobi menulis.

Selain dapat berbagi pengalaman, Anda juga dapat memberikan beragam informasi menarik yang tentu saja dapat mengundang banyak pembaca untuk melihatnya.

Dengan menerapkan iklan di website yang Anda miliki, tentunya penghasilan pun akan meningkat dengan sendirinya.

Sementara itu, untuk membuat website gratis, Anda dapat memanfaatkan beberapa situs online penyedia seperti wordpress, blogger, wix, weebly dan lainnya.

Setelah pembuatan website selesai Anda lakukan, maka Anda pun tinggal memasukkan konten ke dalamnya, seperti halnya beberapa tulisan mengenai topik yang tengah viral di lingkungan masyarakat dan juga topik khusus yang Anda kuasai.

Untuk mendapatkan penghasilan dari website tersebut, Anda dapat menggunakan Google Adsense untuk menyertakan iklan di dalamnya.

Dalam menyertakan iklan tentunya Anda pun dapat memilih jenis iklan seperti apa yang ingin Anda tampilkan dan apabila ada pengunjung website yang mengklik iklan tersebut, maka Anda pun akan mendapatkan penghasilan secara otomatis darinya.

Untuk menerapkan iklan dari layanan Google Adsense pada website yang Anda miliki itu sendiri tentunya tidak mudah, pasalnya pihak Google adsense akan memberlakukan proses seleksi yang ketat sebelum pada akhirnya menyetujui terkait pemasangan iklan itu tadi.

Karena itulah jika Anda ingin menerapkan iklan pada website yang Anda miliki dengan mudah, maka pastikanlah untuk membuat konten berupa tulisan yang menarik, sehingga membuat pembaca tidak merasa bosan dan justru terus membuka setiap halaman yang dimilikinya.

5. Jasa konsultasi

Berkonsultasi Dengan Ahli
Image : Pixabay

Usaha online tanpa modal Jika Anda termasuk seseorang yang pandai dalam satu hal tertentu, maka Anda pun dapat menggunakan kemampuan Anda tersebut sebagai ladang Usaha Online Tanpa Modal.

Seperti halnya Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang SEO, maka Anda pun dapat membuka layanan jasa konsultasi terkait SEO itu sendiri.

Dalam hal ini, Anda dapat memberikan layanan jasa konsultasi atau memberikan informasi terkait SEO tersebut pada pihak-pihak yang membutuhkannya.

Tidak hanya itu, layanan konsultasi pun dapat Anda lakukan melalui berbagai macam channel yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda atau bahkan sesuai dengan channel konsultasi yang Anda miliki.

6. Menjadi freelancer

Menjadi Freelancer

Usaha online tanpa modal yaitu menjadi seorang freelancer menjadikan kemampuan yang Anda miliki sebagai jasa konsultasi, Anda juga dapat menjual jasa dengan menjadi freelancer.

Hal ini banyak dilakukan dalam bidang Usaha Online Tanpa Modal. Selain memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, cara ini juga dapat memberikan Anda banyak keuntungan.

Seperti halnya Anda yang memiliki hobi menulis, maka Anda pun dapat bekerja menjadi penulis lepas.

Sementara itu, jika Anda menyukai coding, maka Anda dapat bekerja sebagai programmer.

Selain beberapa bentuk pekerjaan tersebut, ada pula beberapa bentuk pekerjaan lain yang juga mengandalkan kemampuan atau keahlian Anda sebagai pekerja dengan bentuk pekerjaan yang dapat dilakukan secara freelance, sehingga waktu pengerjaan pun dapat dilakukan dengan lebih fleksibel serta sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

7. Penerjemah

Penerjemah

Sama halnya dengan beberapa jenis usaha online tanpa modal di bagian atas tadi. Jenis usaha yang satu ini juga tidak membutuhkan modal tinggi dan hanya mengandalkan kemampuan yang Anda miliki.

Apalagi saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah, baik itu untuk menerjemahkan bahasa asing menuju bahasa Indonesia atau bahkan sebaliknya.

Selain lebih mengandalkan kemampuan, Anda juga tidak perlu khawatir dengan jam kerja yang dimilikinya.

Pasalnya jam kerja penerjemah umumnya dapat disesuaikan dengan apa yang diinginkan oleh sosok penerjemah itu sendiri dalam batasan waktu tertentu.

Namun jika Anda merasa kurang yakin dengan kemampuan yang Anda miliki, maka Anda dapat menggunakannya pada kerabat terdekat terlebih dahulu sambil mengumpulkan portofolio untuk kemudian Anda gunakan apabila mengajukan kerja sama atau bahkan pekerjaan pada pihak perusahaan yang lebih besar lainnya.

8. Survei berbayar

Cara mudah lainnya yang juga dapat Anda lakukan sebagai bentuk Usaha Online tanpa modal adalah mengikuti survei berbayar.

Dalam hal ini Anda dapat mengikuti survei dengan melakukan beberapa pengisian terkait pertanyaan yang diberikan dan apabila setiap pertanyaan telah selesai, maka Anda pun bisa mendapatkan bayaran darinya.

Untuk mengikuti survei berbayar caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal melakukan pencarian dari survei berbayar yang tersedia dan mulai mengikutinya.

Namun ketika melakukan survei pastikan untuk tidak memasuki situs penipuan, karena hal tersebut dapat merugikan Anda selaku pihak yang akan mengikuti survei.

9. Fotografi

Fotografi

Usaha online tanpa modal selanjutnya, Fotografi juga dikenal sebagai salah satu keahlian khusus yang tentunya dapat menghasilkan pundi-pundi uang dengan mudah.

Apalagi untuk saat ini, hampir setiap acara atau bahkan momen ingin diabadikan masyarakat. Sedangkan untuk mengabadikannya dengan tepat tentu dibutuhkan layanan jasa fotografer yang mengerti dan paham untuk menghasilkan jepretan yang bagus.

Karena itulah, banyak masyarakat yang membutuhkan jasa tersebut dan bagi Anda yang memiliki keahlian khusus dalam bidang fotografi tentu bisa menggunakannya untuk menghasilkan uang dengan lebih mudah.

10. Jasa desain

Jasa Desain

Usaha online tanpa modal Selain fotografi, Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang desain khususnya pembuatan gambar maka kini keahlian tersebut bisa Anda gunakan untuk menghasilkan uang tambahan.

Apalagi saat ini banyak pihak yang membutuhkan layanan jasa desain, seperti halanya dalam membuat desain logo perusahaan, logo untuk acara tertentu seperti acara ulang tahun, acara pesta dan juga berbagai macam logo lainnya.

Selain tidak membutuhkan modal kecuali perangkat komputer yang digunakan serta kemampuan yang Anda miliki.

Layanan jasa ini juga dapat menghasilkan uang tinggi dari setiap proyek desain yang dihasilkan olehnya.

11. Agen penjual properti

Agen Penjual Properti

Jika Anda termasuk dalam sosok orang yang jago serta pandai dalam bidang marketing, maka cobalah untuk mendalami kegiatan Usaha Online Tanpa Modal yang satu ini.

Selain tanpa modal, usaha ini juga dikenal dengan risiko yang minim, sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir akan mendapatkan masalah jika memulai usaha tersebut.

Apalagi saat ini banyak website yang menawarkan layanan jasa agen properti dan tentu saja Anda pun dapat mencoba untuk mengambil bagian darinya.

12. Admin sosial media

Admin Sosial Media

Selain beberapa jenis usaha online tanpa modal di bagian atas tadi, pastikan pula untuk mencoba menjadi admin sosial media.

Jenis usaha yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang aktif berkegiatan di sosial media. Selain dapat membantu Anda dalam menyalurkan hobi yang Anda sukai.

Menjadi admin sosial media juga dapat membantu Anda dalam menghasilkan uang tambahan. Pekerjaan ini memang terbilang baru dan belum banyak orang yang mampu melakukannya.

Namun jika keseharian Anda tidak lepas dari sosial media, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa ada banyak peluang usaha online yang dapat Anda lakukan dan bahkan tanpa modal sedikit pun.

Namun bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan dengan mudah, maka dalam melakukan usaha tersebut pastikan pula untuk menyertainya dengan mengikuti beberapa tips di bagian bawah ini:

4 Tips usaha online tanpa modal

Berikut ini adalah penjelasan singkat dari beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memulai usaha online tanpa modal dengan lebih mudah, di antaranya :

1. Menentukan mindset dengan benar

Ketika Anda memulai usaha, hal pertama yang Anda pikirkan tentunya untuk menghasilkan keuntungan. Namun tidak hanya itu saja, bisnis yang Anda lakukan juga sering kali dipicu oleh pemberian manfaat bagi orang di sekitarnya.

Merujuk pada hal tersebut ada baiknya bagi Anda untuk menentukan mindset usaha dengan lebih tepat terlebih dahulu.

Seperti halnya mindset untuk memberikan manfaat bagi masyarakat luas, utamanya orang-orang di sekitar Anda.

Dengan mindset tersebut, Anda pun akan memiliki alasan untuk terus memulai usaha dengan lebih baik setiap harinya.

2. Memulai usaha dengan cara jualan

Jika Anda ingin memulai usaha dengan cara berjualan, maka penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh warga di sekitar dan tentunya dapat menjadi problem solver dari setiap permasalahan yang ada. Dengan mengetahui hal tersebut, tentunya Anda pun dapat menyediakan barang jualan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain lebih bermanfaat, tentunya keuntungan pun bisa Anda hasilkan dengan lebih berlipat.

Apalagi kehidupan saat ini berjalan dengan dinamis, tentu kebutuhan serta permasalahan pun akan terus berkembang di setiap pergantian waktunya.

3. Membuka layanan jasa

Jika dilihat dari sekilas, tips di bagian atas yaitu memulai usaha dengan cara jualan umumnya membutuhkan modal.

Apalagi jika Anda ingin menjadi reseller. Untuk menghindari hal tersebut dalam memulai Usaha Online Tanpa Modal, maka ada baiknya jika Anda memulai usaha dengan menjual layanan jasa.

Cara ini memang jauh lebih mudah untuk dilakukan. Namun tentunya Anda selalu pengusaha pun membutuhkan keahlian khusus yang dapat menjadikan usaha yang Anda lakukan berjalan dengan lebih baik.

Seperti halnya kemampuan di bidang penulisan jika Anda ingin menjadi penulis lepas, kemudian kemampuan membuat desain dan lainnya yang mana setiap layanan jasa yang ditawarkan dengan keahlian tersebut dapat menghasilkan pendapatan lebih.

4. Promosi

Tips selanjutnya yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah memulai promosi.

Promosi sendiri dapat dilakukan secara online dan juga offline. Untuk promosi online, Anda dapat menggunakan berbagai macam akun sosial media, seperti halnya memanfaatkan akun facebook, twitter, instagram dan lainnya.

Sementara promosi offline umumnya dilakukan dengan cara memberikan informasi pada orang-orang terdekat, seperti halnya keluarga, pasangan, teman atau bahkan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Selain itu pastikan pula untuk memberikan harga spesial seperti potongan harga atau diskon di waktu-waktu tertentu yang juga dapat menarik pelanggan dengan lebih mudah.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat terkait beberapa jenis Usaha Online Tanpa Modal yang dapat Anda lakukan dan juga beberapa tips memulainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 + 18 =