Pentingnya Sketsa Gambar dalam Bidang Arsitektur

  • Bagikan
sketsa gambar

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, banyak sekali orang yang menggeluti bidang sketcher (pembuatan sketsa gambar) di bidang arsitektur.

Dengan mengandalkan sisi kreativitas, ide inovatif dan imajinasi dalam diri sendiri, orang tersebut mampu menghasilkan gambar sketsa yang bernilai tinggi.

Baca Juga : Sejarah Peradaban Manusia Purba di Indonesia

Hal inilah yang menjadikan salah satu alasan mengapa proses pembuatan gambar dengan teknik tertentu sangat penting dalam bidang seni arsitektur.

Definisi sketsa Gambar

Definisi sketsa Gambar

Jika Anda termasuk salah satu orang yang menyukai gambar – menggambar, tentu sudah tahu sedikit informasi mengenai apa itu sketsa, bukan?

Ya, sketsa gambar umumnya merupakan suatu rancangan gambaran yang menggambarkan objek-objek lain dengan kesan tertentu sebelum terealisasi dalam wujud nyata.

Baca Juga : Definisi Pengukuran, Pengujian, Penilaian, Evaluasi, Asesmen

Dengan adanya sketsa, maka seorang sketcher akan lebih mudah membayangkan bagaimana objek tersebut jika sudah terealisasi dalam wujud yang sebenarnya.

Apa saja manfaat sketsa bagi seorang desainer?

manfaat sketsa

Secara umum, pembuatan sketsa bagi seorang sketcher dapat bermanfaat untuk beberapa hal, diantaranya seperti berikut ini :

Mampu bekerja lebih cepat

Ketimbang menggambar menggunakan mouse dan komputer, menggunakan pensil dan kertas dalam membuat sketsa akan lebih cepat selesai.

Bahkan, kesalahan dapat Anda minimalisir ketika tidak sesuai dengan rancangan desain.

Lebih mudah dalam mengembangkan ide

Manfaat pembuatan sketsa ini mampu mengembangkan ide bagi seorang desainer dalam mewujudkan objek yang nyata.

Bahkan, desainer mampu untuk membayangkan ide – ide kreatif dalam menghasilkan objek yang bernilai jual tinggi.

Dapat melatih kemampuan dalam bidang menggambar

Meskipun banyak desainer yang tidak wajib menggambar bagus, namun adanya sketch ini mampu untuk melatih kemampuan seseorang dalam bidang menggambar.

Hal ini secara tidak langsung dapat melatih keahlian desainer untuk menciptakan desain yang beraneka ragam dan bernilai jual yang tinggi.

Mengapa sketcher penting dalam bidang arsitektur?

bidang arsitektur

Mengingat pembuatan sketsa ini berhubungan dalam menghasilkan objek gambar – gambar tertentu, maka hal ini sangat penting dalam bidang arsitektur.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai alasan mengapa sketcher penting dalam bidang arsitektur, Anda bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

Menjadi metode tercepat

Daripada menggunakan media lain, pembuatan sketsa terbilang lebih cepat dalam menyajikan sebuah gambar rancangan kepada klien atau rekan proyek.

Apalagi media yang Anda keluarkan sangat simpel dan mudah, yakni berupa pensil / pena dan kertas kosong untuk coret – coret.

Sehingga, ini tidak akan membuat orang lain menunggu waktu yang lama untuk mendapatkan informasi tentang rancangan gambar.

Merupakan media paling bebas

Bagi sebagian besar desainer, pembuatan sketsa gambar menjadi salah satu media paling bebas untuk menuangkan ide – ide kreatif.

Meski demikian, hal ini dapat menjadi media terbatas jika seorang desainer menggunakan teknologi tertentu dalam pembuatan sketsa tersebut.

Menjadi salah satu teknik paling sederhana

Di bidang arsitektur, pembuatan rancangan gambar berupa sketsa ini menjadi pilihan teknik yang paling cepat, bebas, sederhana dan tentunya murah.

Hanya dengan bermodalkan alat tulis dan kertas saja, seorang desainer mampu menghasilkan objek gambar yang mengagumkan.

Sebagai media artistik

Meskipun tampilannya berupa gambar draf saja, namun pembuatan sketsa ini mampu memberikan informasi yang jelas pada klien atau rekan kerja.

Bahkan, jika rancangan tersebut telah disusun dengan baik, maka akan menghasilkan objek yang bagus dan bernilai jual tinggi.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa penting pembuatan sketsa gambar dalam bidang arsitektur.

  • Bagikan