Definisi Pengukuran, Pengujian, Penilaian, Evaluasi, Asesmen

  • Bagikan
pengukuran

Definisi Pengukuran, Pengujian, Penilaian, Evaluasi, & Asesmen -Pengukuran yaitu aktivitas mengukur. mengukur yaitu membandingkan suatu hal dengan satu ukuran.

Contohnya mengukur panjang meja dengan satuan panjang yakni mtr., atau mengukur berat badan dengan satuan berat yakni kilogram. hasil pengukuran berbentuk kuantitatif.

penilaian yaitu aktivitas menilai. menilai yaitu mengambil satu ketentuan pada suatu hal menurut memperbandingkan hasil pengukuran dengan satu persyaratan spesifik ( ukuran baik jelek ).

Putusan itu cocok atau tidak cocok dengan persyaratan itu.

Namun aktivitas mengevaluasi yaitu aktivitas mengukur serta menilai itu.

lantas aktivitas pengukuran, penilaian, serta evaluasi itu berbentuk hierarkhis, berarti dikerjakan dengan berurutan : diawali dengan pengukuran, dilanjutkan dengan penilaian, serta diakhiri evaluasi.

Definisi Pengukuran

Definisi Pengukuran

Pengukuran menurut guilford ( 1982 ) yaitu sistem penetapan angka pada satu tanda-tanda menurut aturan spesifik.

Pengukuran pendidikan berbasis kompetensi basic menurut pada klasifikasi observasi unjuk kerja atau kekuatan peserta didik gunakan satu standar.

Baca Juga : Pentingnya Sketsa Gambar dalam Bidang Arsitektur

pengukauran bisa menggunakan tes serta nontes. tes yaitu seperangkat prtanyaan yang mempunyai jawaban benar atau salah, atau satu pernyataan/permintaan untuk lakukan suatu hal.

nontes diisi pertanyaan atau pernyataan yang tidak mempunyai jawaban benar atau salah.

Instrumen nontes dapat berupa kuesioner atau inventori. kuesioner diisi sebanyak pertanyaan atau pernyataan, peserta didik diminta menjawab atau berikan pendapat pada pernyataan.

inventori adalah instrumen yang diisi perihal laporan diri yakni situasi peserta didik, contohnya potensi peserta didik.

pengujian adalah sisi dari pengukuran yang dilanjutkaan dengan penilaian. ada arti ujian akhir semester di perguran tinggi serta ujian akhir th. untuk kenaikan kelas di sekolah.

Didalam bahan sosialisasi kurikulum berbasis kompetensi pengertian tersebut diterangkan sebagai berikut. : pengukuran yaitu aktivitas yang sistematik untuk memastikan angka pada objek atau tanda-tanda.

Pengujian terdiri dari sebanyak pertanyaan yang mempunyai jawaban benar atau salah. penilaian yaitu penafsiran hasil pengukuran serta penentuan pencapaian hasil studi evaluasi yaitu penentuan nilai satu program serta penentuan pencapaian tujuan satu program. ( m2-28 )Penilaian terkadang juga disimpulkan sama juga dengan asesmen.

Asesmen yaitu arti umum yang termasuk seluruh metode yang biasa dipakai untuk menilai unjuk kerja individu peserta didik atau grup. sistem penilaian termasuk pengumpulan bukti untuk tunjukkan pencapain studi peserta didik. Penilaian menurut griffin & nix ( 1991 ) satu pernyataan menurut sebanyak fakta untuk menjelaskan ciri-ciri seseorang atau suatu hal.

Disini penilaian terkait dengan tiap-tiap sisi dari sistem pendidikan, tidak cuma kesuksesan studi saja, namun termasuk seluruh sistem mengajar serta studi.

Oleh dikarenakan itu aktivitas penilaian tidak terbatas pada cii-ciriistik peserta didik, namun juga termasuk cii-ciriistik metode mengajar, kurikulum, sarana serta administrasi sekolah.

Instrumen penilaian dapat berbentuk metode atau prosedur resmi atau informal, untuk membuahkan info perihal peserta didik, yakni tes tertulis, tes lisan, lembar pengamatan, dasar wawancara, tugas tempat tinggal dan seterusnya. penilaian juga disimpulkan sebagai aktivitas menafsirkan data hasil pengukuran.

Asesmen yaitu penilaian, hingga dikenal juga asesmen alternatif serta asesmen portofolio. asesmen alternatif yaitu pendekatan nontradisional untuk berikan penilaian kinerja atau hasil studi peserta didik.

Pengertian tradisional didalam konteks ini bermakna tes kertas pensil serta semakin khusus lagi yaitu tes baku yang menggunakan perangkat tes objektif.

Asesmen alternatif kerap disimpulkan dengan asesmen otentik atau asesmen kinerja yakni penilaian pada sistem dapatkanan, penerapan pegetahuan serta keterampilan melewati sistem yang tunjukkan kekuatan peserta didik didalam sistem ataupun product.

Namun asesmen portofolio yaitu penilaian yang terdiri atas kumpulan hasil karya peserta didik yang disusun dengan sistematis yang tunjukkan serta menunjukkan usaha studi, hasil studi, sistem studi serta kemajuan yang dikerjakan peserta didik didalam periode waktu spesifik.

Tidak seluruh portofolio bisa dipakai untuk asesmen portofolio. perihal ini bergantung tujuan, di samping asesmen portofolio lebih berupa self assessment ada tiga prinsip utama didalam asesmen portofolio yakni collect, select, serta reflect.

  • Bagikan