Fakta Ikan Triggerfish yang Belum Kamu Ketahui

43

Ikan Triggerfish , merupakan salah satu jenis ikan buas namun sangat sering dipelihara dalam akuarium.

Jenis ikan hias yang tergolong dalam jenis ikan predator ini cukup populer dan digemari oleh para pecinta ikan hias.

Salah satu jenis ikan Triggerfish yang banyak diminati oleh para penghobi ikan adalah Trigger Kembang.

Mengenal Tentang Ikan Triggerfish

Mengenal Tentang Ikan Triggerfish

Triggerfish, termasuk salah satu jenis ikan yang cukup sering ditemukan di wilayah perairan Indonesia.

Terbukti dengan banyaknya nelayan Indonesia yang sering menemukan ikan Trigger ini terperangkap dalam jaring pancingnya.

Namun, di Indonesia ikan Trigger lebih dikenal dengan sebutan ikan belah ketupat. Triggerfish, merupakan musuh dari para nelayan dan penyelam.

Bagi nelayan, Triggerfish adalah musuh karena jala para nelayan sering robek dan putus karena gigitan atau koyakan gigi ikan Trigger yang tajam.

Sedangkan bagi para penyelam, ikan Trigger adalah musuh karena cukup sering menyerang penyelam.

Hal tersebut dikarenakan ikan ini selalu mempertahankan wilayahnya, dan tidak takut meyerang lawan meski lawannya berukuran jauh lebih besar.

Jenis Dari Triggerfish

Jenis Dari Triggerfish

Jenis ikan yang tergolong ke dalam famili Balistidae ini disebut sebagai ikan belah ketupat karena memiliki bentuk tubuh yang menyerupai belah ketupat, dan segitiga.

Meski termasuk salah satu jenis ikan liar dan buas yang hidup di laut lepas, namun Triggerfish mampu bertahan hidup di dalam akuarium sebagai ikan hias.

Baca Juga :

ikan karnivora

ikan karnivora

Ikan Triggerfish merupakan jenis ikan karnivora, ia akan memakan segala jenis pakan yang tergolong makanan bagi karnivora.

Keistimewaan ikan Triggerfish adalah bahwa ia memiliki penciuman yang cukup tajam.

Misalkan, pada saat lampu akuarium dipadamkan, serta ditempatkan dalam ruangan yang gelap tanpa pencahayaan, Triggerfish mampu dengan gesit menemukan potongan udang atau ikan segar yang Anda letakkan dalam akuariumnya.

Meski tergolong sebagai ikan liar dan buas, namun ikan Triggerfish masih memiliki potensi untuk menjadi ikan hias yang jinak.

Dengan jangka waktu pemeliharaan dan perawatan yang cukup lama, dan cara perawatan yang baik dan tepat, Anda dapat memberi makan ikan Triggerfish langsung dari tangan Anda.

Namun, meski begitu tetap diperlukan kehati-hatian karena giginya cukup tajam. Triggerfish menjadi salah satu jenis ikan kesukaan para pecinta ikan hias karena tidak termasuk jenis ikan beracun.

Karena pada dasarnya, ikan laut memiliki sifat racun neurotoxic yang dapat membahayakan nyawa siapapun yang memegangnya.

Ikan Trigger aktif pada siang dan malam hari. Triggerfish gemar bermain pada siang hari, kemudian berburu saat hari sudah petang.

Ikan Trigger memiliki bentuk tubuh yang unik, dan komposisi warna yang indah dan menarik. Salah satunya ialah Trigger Kembang.

Dinamakan sebagai ikan Trigger Kembang karena corak dan warna tubuhnya menyerupai kembang/ bunga.

Oleh masyarakat luar negeri, ikan Trigger Kembang sering disebut sebagai Clown Triggerfish. Di pasaran, ikan Trigger Kembang dijual dengan harga sekitar Rp 150.000,- 500.000/ ekor.

Demikian informasi menarik seputar Fakta Ikan Triggerfish yang Belum Kamu Ketahui.

Nantikan artikel tentang hobi lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!