Burung Sun Conure Paruh Bengkok Yang Naik Daun

Sun Conure

Burung Sun Conure, atau yang dalam bahasa latin dikenal dengan istilah Aratingan Solstitialis, merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang cukup atraktif dan pandai meniru berbagai macam jenis suara.

Mengenal Burung Sun Conure

Mengenal Burung Sun Conure

Sun Conure termasuk salah satu jenis burung paruh bengkok yang cukup populer dan digemari karena selain atraktif dan cerdas dalam meniru suara, ia juga merupakan salah satu jenis burung yang perawatannya terbilang cukup mudah.

Sun Conure, merupakan jenis burung paruh bengkok yang tak hanya memiliki tampilan fisik yang unik dengan bulu-bulunya yang cantik, namun juga memiliki kecerdasan dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Jenis burung paruh bengkok yang berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko, dan Kepulauan Karibia ini berhabitat di area pegunungan, hutan, serta lahan pertanian warga.

Burung paruh bengkok ini menjalani hari-harinya dengan hidup berkelompok, baik kelompok dalam kawanan kecil atau kawanan besar.

Nama Sun Conure yang disematkan pada burung ini juga tidak lepas dari penampilan fisiknya, yaitu bulu-bulunya yang terlihat menyilaukan seperti sinar matahari pada saat kawanan burung ini terbang bersama dengan kawanannya.

Di kalangan pecinta paruh bengkok tanah air, burung tersebut familier dengan singkatan SC.

Pada tahun-tahun yang lalu, burung ini sempat mengalami penurunan populasi secara drastic, yaitu sekitar abad ke-19, yang diakibatkan oleh perburuan liar.

Namun, sekitar tahun 1980-an, populasi burung SC kembali meningkat dikarenakan banyak para pecinta burung ocehan yang pada akhirnya menangkarkan burung kicau ini.

Ukuran Tubuh Sun Conure 

Ukuran Tubuh Sun Conure 

Sun Conure merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang bertubuh sedang, yaitu panjang tubuhnya sekitar 30 cm.

Jenis burung yang tergolong ke dalam famili Psittacidae ini merupakan jenis burung monomorfik, yaitu burung jantan dan betina memiliki tampilan fisik yang hampir sama sehingga sulit dibedakan.

Untuk dapat membedakan jenis kelamin Sun Conure, dapat dengan mengamati perilakunya.

Burung SC jantan biasanya cenderung memiliki suara kicau yang lebih melengking dan lantang jika dibandingkan dnegan burung betina.

Selain itu, burung jantan lebih bersifat territorial. DI Indonesia sendiri, pecinta burung paruh bengkok terbilang cukup banyak, termasuk burung Sun Conure ini.

Biasanya, para penggemar akan memeliharanya untuk dilatih melakukan berbagai macam atraksi seperti free flight atau menirukan berbagai macam suara, termasuk suara manusia.

Hanya saja, cara menirukannya tidak sebaik burung Kakatua.

Baca Juga :

Burung Penjaga Lingkungan Rumah

Burung Penjaga Lingkungan Rumah

Tak hanya itu saja, bahkan burung Sun Conure dapat Anda jadikan sebagai burung penjaga di lingkungan rumah Anda.

Mengapa demikian? Karena burung paruh bengkok yang satu ini akan berterika jika melihat orang lain muncul, berada di hadapannya.

Jenis burung paruh bengkok pemakan biji-bijian, sayuran dan buah-buahan ini termasuk salah satu jenis burung yang cerewet dan berisik.

Suaranya cukup kencang sehingga dapat memekakkan telinga. Namun, burung ini termasuk salah satu jenis burung yang mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya termasuk aktivitas manusia, dan sangat senang bermain.

Di Tanah Air, burung SC diperjual belikan dengan harga rata rata 3 juta rupiah per ekor untuk anak burung usia 1 hingga 3 bulan sedangkan burung induk bisa mencapai diatas 10 juta per pasang.

Fakta Burung Sun Conure

Fakta Burung Sun Conure

Burung sun conure mulai populer beberapa tahun belakangan ini di Indonesia.

Ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa sun conure semakin memiliki banyak penggemar selain tentu saja karena keindahan warna bulunya.

Sebagian penggemar mengaku tertarik akan karakteristik burung sun conure yang unik yang tidak akan ditemui pada burung burung lainnya.

Dibawah ini kami akan rangkumkan fakta menarik tentang burung sun conure, karena mungkin burung ini akan menjadi peliharaan yang ideal bagi anda

Sun conure burung paruh bengkok berukuran sedang

Sun conure memiliki ukuran panjang kurang lebih 12 inci diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor.

Ukuran kepala, badan dan ekor cukup proporsional, tidak terlihat langsing maupun gemuk juga tidak tampak terlalu panjang atau pendek.

Sun conure memiliki anatomi paruh bengkok klasik, serupa dengan saudaranya yang lebih besar yaitu kakatua atau macaw, namun sun conure tetap tidak kalah eksotis.

Dengan ukuran medium, sun conure cocok bagi para penghoby yang memiliki ruangan terbatas

Sun Conure adalah burung cerewet dengan volume keras

Para pemilik sun conure perlu kesabaran ekstra dalam memelihara burung ini. Sun conure memiliki volume yang cukup keras dan cerewet.

Bagi anda yang tinggal di apartemen atau kawasan padat penduduk, pertimbangkan kembali memelihara burung ini di dalam rumah.

Burung sun conure akan rajin mengeluarkan suara khasnya terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Di alam liar, kicauan sun conure digunakan untuk memanggil kawanannya terutama saat mencari makanan. Di kandang penangkaran, suara bising sun conure mungkin akan menyebabkan masalah dengan tetangga anda

Sun conure dapat mencapai usia 30 tahun

Sekalipun bertubuh medium, sun conure dapat berumur panjang. Dengan perawatan dan pola makanan yang baik, seekor sun conure dapat mencapai usia 30 tahun di kandang penangkaran.

Sebelum anda memutuskan membeli sun conure, pastikan anda memiliki cukup waktu untuk merawat dan memberikan makanan yang baik.

Banyak penghoby burung yang tergesa gesa untuk memiliki namun tidak sanggup untuk merawat dalam jangka waktu yang lama sehingga burung menjadi terlantar

Beberapa sun conure dapat diajari berbicara

Sekalipun ini tidak terjadi pada burung sun conure, namun ditemukan fakta bahwa beberap aburung sun conure dapat berbicara dan mampu mengingat beberapa buah kosakata dengan baik.

Kemampuan mereka memang tidak sehebat Amazon, macaw atau african grey namun lebih baik dibanding keluarga parakeet.

Beberapa suara yang dapat ditirukan burung sun conure diantaranya peluit, suara oven microwave, bel pintu dan telepon.

Sedangkan sebagian besar sun conure lainnya tidak tertarik untuk berkicau menirukan suara selain suara khas mereka

Sun conure dikenal karena warnanya yang cerah

Dari sekian banyak spesies burung conure, sun conure dianggap sebagai yang paling berwarna.

Keindahan sun conure oleh sebagian orang dianggap masih lebih menarik dibandingkan saudaranya yaitu burung jenday conure.

Pada burung sun conure yang telah dewasa, warna warna merah, oranye, hijau, kuning dan biru semakin terang.

Ciri khas lain dari burung sun conure yaitu terdapat ring disekitar mata menyerupai lovebird.

Tanda ini sering ditemui dalam spesies burung macaw dan oleh sebagian orang dianggap sebagai daya tarik paruh bengkok. Burung lain dalam keluarga conure yang memiliki banyak kemiripan

Sun conure memiliki kecerdasan diatas rata-rata

Burung sun conure sangat mudah dijinakkan, terutama jika anda sudah memelihara sejak usia muda.

Kecerdasan sun conure dapat di eksplore dengan mengajarkan berbagai macam trik seperti dead trick, fly to me hingga free flight

Demikian informasi menarik seputar Burung Sun Conure. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!