PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Burung Caiques Parrot dan Cara Perawatannya

Burung Caiques Parrot

Caiques Parrot, merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang kian hari makin populer dan banyak digemari oleh sebagian besar kalangan masyarakat hampir di seluruh penjuru dunia, terutama bagi mereka yang menggemari burung ocehan.

Perlu diketahui, bahwa cara membaca nama burung paruh bengkok yang satu ini memang terkadang masih diperdebatkan.

Cara membaca Caiques adalah ki-eeks. Burung paruh bengkok yang satu ini digemari dan diincar oleh banyak orang karena selain tampilan fisiknya yang cantik, juga karena sifat dan karakternya yang menyenangkan dan mudah dipelihara serta dirawat.

Di Indonesia sendiri, jenis burung ocehan yang bulu-bulunya terdiri dari banyak warna ini cukup dikenal dan digemari.

Mengenal Burung Caiques Parrot

Mengenal Burung Caiques Parrot

Burung Caiques Parrot, merupakan salah satu jenis burung paruh bengkok yang berasal dari genus Pionites.

Tampilan fisiknya sangat lucu dan menggemaskan, yaitu memiliki ukuran tubuh yang kecil dan bulu-bulu yang warna-warni.

Caiques Parrot, yang merupakan jenis burung ocehan endemik wilayah Amazon, Amerika Selatan ini termasuk salah satu burung yang pandai bertahan hidup.

Perlu diketahui, Caiques Parrot dapat bertahan hidup dengan rentang waktu sekitar 40 tahun.

Baca Juga :

Jenis Burung Caiques

Di Amerika Selatan, terdapat setidaknya lima jenis burung Caiques, dan dua diantaranya cukup terkenal, yaitu Black-Headed Caique, atau yang dalam bahasa latin disebut dengan istilah Pionites Melanocephalu, dan White-Bellied Caique, atau yang dalam bahasa latin disebut dengan istilah Pionites Leucogaster.

Kedua jenis burung inilah yang paling banyak digemari, baik untuk dijadikan hewan peliharaan atau untuk dibudidayakan dan ditangkarkan.

Black-Headed Caique memiliki bagian kepala berwarna hitam. Sedangkan bagian tenggorokan, panggul, dan pahanya berwarna oranye kuning.

Tubuh bagian atas, sayap, dan ekor bagian atasnya berwarna hijau, sedangkan tubuh bagian bawahnya berwarna putih.

Sementara burung White- Bellied Caique memiliki bagian kepala yang berwarna kuning oranye. Sedangkan pada sisi kepala dan tenggorokannya berwarna kuning.

Tubuh bagian atas dan sayapnya berwarna hijau, dan tubuh bagian bawahnya berwarna cokelat kemerahan.

Burung Caiques Parrot banyak digemari karena sifat dan karakternya yang lucu, menyenangkan, ramah dan atraktif.

Selain mudah dipelihara dan beradaptasi dengan lingkungan, burung asal Amerika Selatan ini juga dapat dilatih untuk melakukan berbagai macam atraksi dan menirukan berbagai macam suara.

Perawatan Burung Caiques Parrot

Dalam perawatannya, dua hal penting yang dibutuhkan dan diperhatikan adalah bahwa burung caiques parrot bengkok ini memerlukan kandang atau sangkar besi.

Selain itu, kebersihan kandang juga harus dijaga. Akan tetapi, jangan menggunakan sangkar besi yang berukuran kecil bulat karena akan membuat burung mudah mengalami stress.

Burung paruh bengkok ini merupakan burung pemakan biji-bijian dan buah-buahan, namun dapat dilatih untuk memakan voer khusus burung paruh bengkok.

Selain itu, berikan juga vitamin untuk menjaga kondisinya tetap sehat, seperti BirdVit yang dicampur ke dalam pakan atau minumnya.

Sedangkan untuk kebutuhan kalsium dapat dengan memberikan tulang sotong.

Tak hanya itu, dalam kesehariannya, sangat penting Anda mengajaknya berinteraksi, seperti misalnya menyapa atau bermain bersama di luar sangkarnya.

Hal tersebut dilakukan agar burung memiliki ikatan batin dengan pemiliknya sehingga mudah untuk melatihnya.

Demikian informasi menarik seputar Burung Caiques Parrot dan Cara Perawatannya. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!