10 Cara Mengusir Curut Yang Paling Efektif

  • Whatsapp
cara mengusir curut

Curut merupakan salah satu hewan yang hampir mirip seperti tikus kecil. Sehingga tidak mengherankan jika keberadaannya sangatlah mengganggu karena meninggalkan bau yang tidak sedap.

Curut memang menjadi tamu yang tidak diinginkan, karena curut yang datang untuk mencari makan sering menjadi sumber penyakit bagi penghuni rumah.

Bacaan Lainnya

Artikel Terkait :

Curut biasanya sering dijumpai di sudut dinding rumah yang berlari untuk memperoleh mangsanya seperti kecoak, lebah, jangkrik dan masih banyak lainnya.

Nah, bagi Anda yang merasa jijik dengan keberadaan curut maka mengusirnya menjadi solusi terbaik. Untuk mengusir curut memang tidak mudah, namun jika Anda menggunakan cara yang tepat untuk mengusirnya maka curut akan kabur dengan sendirinya. Lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengusir curut, yaitu:

Cara Mengusir Curut Di Rumah

1. Menutup Lubang Pada Dinding Rumah

Menutup Lubang Pada Dinding Rumah

Curut memang bisa masuk melalui retakan yang ada pada dinding rumah. Untuk itulah, sebaiknya Anda segera menutup retakkan tersebut dengan semen ataupun menghalangi lubang tersebut dengan barang besar dan sulit untuk dipindahkan. Hal ini sangat penting diperhatikan untuk mencegah curut yang berukuran kecil masuk ke dalam rumah Anda.

2. Memanfaatkan Aroma Yang Tidak Disukai Curut

cara mengusir curut dengan wewangian

Curut menjadi hewan berukuran kecil yang sangat mengganggu. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memanfaatkan berbagai aroma ataupun wewangian yang tidak disukainya agar bisa segera pergi dari rumah Anda.

Pada dasarnya, curut sangat tidak menyukai aroma cengkeh dan mint. Untuk itulah, Anda sebaiknya memanfaatkan kedua bahan tersebut untuk mengusir curut.

Selain menggunakan aroma cengkeh dan mint secara langsung, Anda juga bisa menggunakan minyak esensial yang beraroma cengkeh serta mint. Selanjutnya Anda bisa meneteskan minyak esensial tersebut pada tempat persembunyian curut ataupun di permukaan tutup bak sampah yang bisanya menjadi sarang curut.

3. Binatang peliharaan (Kucing)

cara mengusir curut menggunakan kucing

Mengusir curut tidak perlu biaya yang besar, sebab hanya dengan menggunakan hewan peliharaan, khususnya kucing maka Anda bisa mengusir curut dengan cepat.

Kucing memang menjadi salah satu hewan predator yang sangat ditakuti oleh curut. Untuk itulah, jangan heran jika dikatakan keberadaan kucing di rumah sangatlah tepat sebagai cara mengusir curut dan juga membasminya. Perlu Anda ketahui, selain kucing ada juga hewan predator curut lainnya seperti elang, burung hantu hingga ular.

4. Cuka

cara mengusir curut menggunakan cuka

Curut memang tidak menyukai aroma cuka yang sangat menyengat. Maka dari itu, Anda bisa memanfaatkan cuku sebagai cairan pembersih untuk membersihkan setiap lantai, ruang serta sudut-sudut rumah Anda.

Pada dasarnya, curut biasanya sering bersembunyi di kawasan yang Anda jadikan sebagai tempat pembuangan sisa-sisa makanan, dapur yang kotor serta tempat yang tidak bersih lainnya. Untuk itulah, menjaga kebersihan rumah dengan larutan cuka menjadi cara paling tepat untuk mengusir curut.

5. Kantung Teh

Cara mengusir curut menggunakan kantung teh

Bagi Anda yang suka mengkonsumsi teh, maka pastikan Anda tidak membuang kantung teh tersebut ke dalam tempat sampah. Karena kantung teh bisa Anda gunakan sebagai cara untuk mengusir curut dengan tepat.

Untuk mengusir curut dengan kantung teh cukuplah mudah, karena Anda hanya perlu meletakkan kantung teh di beberapa tempat yang sering dijadikan sarang curut.

Hal ini sangat penting dipertimbangkan karena keberadaan kantung teh dapat membuat indra penciuman curut menjadi terganggu dan tidak berfungsi dengan baik.

Kondisi ini disebabkan oleh kandungan pepermin yang ada di dalam kantung teh yang akhirnya membuat hidung curut menjadi iritasi saat mencium aroma teh tersebut.

6. Daun Sirsak

cara mengusir curut menggunakan daun sirsak

Daun sirsak tidak hanya sangat berguna untuk mengatasi beberapa penyakit pada tubuh manusia. Namun juga dapat digunakan untuk mengusir curut dari tempat persembunyiannya.

Perlu diketahui, daun sirsak memiliki kandungan zat perangsang yang dapat mengeluarkan aroma tidak sedap dan tentunya sangat dibenci oleh curut.

Penggunaan daun sirsak sebagai cara untuk mengusir curut memang sangatlah tepat karena Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa lembar daun sirsak lalu menyobeknya hingga mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai oleh curut. Daun sirsak memang menjadi cara mengusir curut paling ramah lingkungan.

7. Mengkudu

cara mengusir curut dengan mengkudu

Apabila Anda ingin mengusir curut secara alami maka buah mengkudu bisa Anda jadikan pilihan terbaik. Mengkudu tidak hanya terkenal dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, namun juga sangat bermanfaat untuk mengusir hewan menjijikkan seperti curut.

Selain dapat mengusir curut, buah mengkudu juga berguna untuk menghilangkan bau curut di dalam rumah dan tempat yang dijadikan sarangnya.

Cara memanfaatkan buah mengkudu untuk mengusir curut cukuplah mudah yaitu Anda hanya perlu memotong buah mengkudu ke dalam beberapa bagian, sampai aroma buahnya tercium di indra penciuman. Selanjutnya, Anda bisa meletakkan potongan buah mengkudu di lokasi yang disarang ataupun lokasi yang sering dilewati curut.

8. Kopi

cara mengusir curut dengan kopi

Perlu diketahui menggunakan kopi sebagai cara mengusir curut memang menjadi langkah paling aman dibandingkan menggunakan racun ataupun lem sebagai perangkapnya.

Perlu Anda ketahui, curut mempunyai indra penciuman yang sangat tajam, sehingga dengan menebarkan kopi dapat membuat indra penciumannya menjadi terganggu.

Curut sebenarnya memiliki kelebihan yang dapat melacak jejak dari bau yang sengaja ditinggalkannya. Untuk itulah dengan menebar bubuk kopi tentunya dapat membuat curut kesulitan melacak jejaknya, sehingga membuatnya akan langsung kabur tanpa berlama-lama di sekitar aroma kopi tersebut.

9. Cangkang Telur

cara mengusir curut dengan cangkang telur

Apakah Anda sedang mencari cara untuk mengusir curut? Jika ia maka memanfaatkan cangkang telur bisa Anda jadikan solusi terbaik.

Pasalnya dengan hanya menggunakan cangkang telur dapat membuat curut kabur dan tidak akan kembali ke rumah Anda. Penggunaan cangkang telur untuk mengusir curut ini terbilang cukuplah sederhana dan mudah.

Karena Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa cangkang telur untuk dijemur hingga kering. Selanjutnya Anda bisa menumbuk cangkang telur yang sudah kering tersebut hingga menjadi bubuk ataupun serbuk.

Setelahnya Anda bisa menaburkan bubuk cangkang telur di tempat persembunyian curut ataupun area yang sering dilewati curut tersebut.

10. Memanfaatkan Shrew Repellent

Cara mengusir curut menggunakan Shrew repellent
Sumber Photo : pestwiki.com

Shew Repellent merupakan salah satu jenis hewan pengusir curut yang saat ini sudah banyak tersedia di toko peternakan. Perlu Anda ketahui, Shrew repellent yang memiliki bau seperti urine sehingga membuat curut akan langsung menjauhi rumah Anda.

Perlu diketahui, curut memang lebih cenderung menghindari kawasan yang ada predator yang selalu berpatroli secara teratur dan juga menandai dengan bau urin layaknya Shrew repellent. Maka dari itulah, jika Anda ingin mengusir curut maka memanfaatkan shew repellent dapat Anda jadikan solusi terbaik.

Bagi Anda yang ingin mengusir hewan menjijikkan seperti curut, maka Anda bisa mencoba menerapkan beberapa cara mengusir curut yang sudah dipaparkan di atas.

Penutup Artikel Cara mengusir curut

Demikianlah, semoga ulasan tersebut dapat menginspirasi dan menjadi panduan bagi Anda untuk bisa memilih cara mengusir curut paling efektif dan tentunya tepat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *