PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

5 Tips Menghemat RAM Android Tanpa Root

Menghemat Ram

Tips Menghemat RAM Android, Telepon seluler atau ponsel saat ini telah berevolusi menjadi sebuah perangkat canggih bernama smartphone yang mana telah dibekali dengan berbagai teknologi canggih yang membuat perangkat ini mampu melakukan berbagai tugas tidak hanya sebagai sebuah alat komunikasi tetapi juga perangkat multimedia.

Hal ini tentunya membuat perangkat smartphone menjadi salah satu perangkat yang sangat populer dan dimiliki oleh hampir semua orang tidak hanya di Indonesia tetapi di dunia.

Dalam sebuah smartphone terdapat sebuah perangkat keras yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) yang mana memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara sebelum selanjutnya diproses oleh prosesor.

RAM yang dimiliki oleh sebuah smartphone sangatlah mempengaruhi dari kecepatan kinerja smartphone tersebut.

Terkadang adakalanya smartphone yang Anda miliki menjadi lambat kinerjanya, hal ini bisa diatasi dengan cara menghemat RAM pada smartphone tersebut, berikut ini ulasannya.

CARA MENGHEMAT RAM ANDROID

Cara Menghemat Ram Android

HINDARI LIVE WALLPAPER

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat RAM pada perangkat Android adalah dengan menghindari penggunaan live wallpaper, fitur live wallpaper yang tersedia di smartphone Android Anda memang menjadikan tampilan layar terlihat lebih menarik.

Namun penggunaan live wallpaper ini justru akan memberatkan kinerja RAM smartphone Anda sehingga membuat kinerjanya menjadi lambat.

Baca Juga : Google Chrome Di Ponsel Jadi Lemot, Maksimalkan Dengan 5 Cara Ini

SEDIAKAN MEMORY BEBAS

Cara berikutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghemat RAM di perangkat Android Anda adalah dengan menyediakan memory internal yang bebas dan tidak digunakan untuk menyimpan apapun paling tidak sebesar 30 persen dari total kapasitas memory internal smartphone Anda.

Dengan melakukan hal ini maka Anda akan bisa menjaga kecepatan kinerja dari smartphone dan terhindar dari masalah lag.

HAPUS APLIKASI SOSIAL MEDIA

Cara ketiga yang juga bisa dilakukan untuk menghemat RAM smartphone milik Anda adalah dengan menghapus aplikasi – aplikasi sosial media yang telah Anda instal,

Namun Anda tidak perlu khawatir sebab Anda masih bisa membuka situs sosial media tersebut menggunakan browser, ada banyak pilihan browser yang bisa Anda gunakan seperti misalnya Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan browser lainnya.

TUTUP APLIKASI

Menutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan juga bisa Anda lakukan untuk bisa menghemat RAM dari smartphone Android yang Anda miliki,

Sebab jika Anda tidak menutup aplikasi yang sudah selesai digunakan maka aplikasi tersebut tidak menutup secara otomatis namun tetap berjalan di latar belakang,

Hal inilah yang terkadang bisa membuat smartphone Android yang Anda miliki menjadi lambat kinerjanya.

PILIH APLIKASI PENTING

Cara kelima yang bisa Anda lakukan untuk menghemat RAM dari perangkat smartphone Android Anda adalah dengan hanya menginstal aplikasi – aplikasi yang Anda anggap penting saja apalagi jika kapasitas RAM yang ada pada smartphone Anda lebih kecil dari 1 GB.

Dengan melakukan hal ini maka kinerja RAM yang ada di smartphone akan menjadi ringan dan mempercepat kinerjanya.

Jika Anda mengalami masalah kinerja yang lambat pada perangkat smartphone Android maka Anda bisa mempraktekkan beberapa cara untuk menghemat RAM di atas.

Tips tersebut sangat cocok untuk Anda yang memiliki smartphone RAM kecil namun ingin bermain game dengan kualitas HD.

Selain itu, dengan menggunakan cara tersebut juga baterai pada ponsel kalian akan menjadi lebih lama habus dibanding sebelumnya.

Demikian informasi menarik seputar 5 Tips Menghemat RAM Android Tanpa Root.

Nantikan artikel tentang informasi Teknologi android lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!