4 Tips Keuangan untuk Mempersiapkan Biaya Nikah

21

Pada kesempatan kali ini hypetuts akan membahas tentang tips keuangan bagi kamu yang akan melaksanakan pernikahan atau yang lagi berencana untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius.

Sebelum melanjutkan ke jenjang yang lebih serius adakalanya harus mempersiapkan biaya yang nantinya dibutuhkan buat acara resefsi pernikahan.

Menikah merupakan momen penting yang diharapkan hanya terjadi seumur hidup sekali.

Sehingga tidak heran jika banyak pasangan yang ingin mengabadikan momen penting ini dengan perayaan pesta pernikahan yang meriah.

Agar bisa menyelenggarakan pesta pernikahan yang meriah, tentu mempersiapkan dana yang cukup menjadi bagian yang tidak bisa dihindari.

Anda dan pasangan tentu harus mengumpulkan dana dari jauh-jauh hari agar perayaan pernikahan yang ingin diwujudkan bisa tercapai.

Melakukan tips keuangan yang tepat, tentu menjadi langkah yang perlu dilakukan agar biaya pernikahan yang dibutuhkan bisa terkumpul.

Dana untuk pesta pernikahan mewah memang terbilang tidak sedikit.

Karena banyak sekali hal yang harus dipersiapkan, seperti booking tempat pesta, catering, undangan, souvenir, pakaian mempelai, dan masih banyak lagi.

Anda tentunya perlu mempersiapkan dana dengan baik agar semua hal tersebut bisa terwujud dan pesta pernikahan bisa berjalan dengan lancar.

Tips Keuangan Untuk Biaya Nikah

Untuk mempersiapkan biaya pernikahan, berikut ini ada berbagai tips yang bisa Anda dan pasangan lakukan, yaitu:

1 Lakukan survey.

Lakukan Survey.

Hal pertama yang bisa Anda dan pasangan lakukan adalah melakukan survey mengenai konsep pernikahan yang ingin digelar.

Terutama dari segi biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.

Misalnya jika Anda dan pasangan berencana menggelar pesta pernikahan dengan konsep garden party,

maka yang menjadi fokus utama adalah mencari tempat dan berapa biaya yang diperlukan untuk mengadakan pesta pernikahan dengan konsep tersebut.

Jika sudah mendapatkan informasi yang lengkap mengenai biaya yang dibutuhkan, maka Anda dan pasangan bisa menyusun strategi untuk mendapatkan biaya pernikahan yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan informasi perkiraan biaya pernikahan, Anda bisa mendatangi wedding organizer atau mereka yang sudah pernah menggelar acara pernikahan.

2 Hitung budget bersama dengan pasangan.

Hitung Budget Bersama Dengan Pasangan.

Setelah mengetahui konsep pernikahan yang ingin diwujudkan, Anda dan pasangan bisa menghitung budget berdua agar dapat menentukan cara mengatur keuangan bersama.

Saat menghitung budget pernikahan, tentukan jumlah maksimal yang dapat dijangkau oleh Anda dan pasangan.

3 Susun strategi agar kebutuhan budget bisa terpenuhi.

Susun Strategi Agar Kebutuhan Budget Bisa Terpenuhi.

Setelah mengetahui konsep pesta pernikahan yang ingin diwujudkan dan sudah menghitung budgetnya, maka saatnya menentukan cara agar biaya pernikahan tersebut bisa terkumpul.

Jika misalnya Anda dan pasangan memiliki kendala berupa gaji yang kecil, maka bisa mencari sumber penghasilan tambahan.

Selain itu bisa juga mensiasatinya dengan menekan pengeluaran yang tidak penting, seperti nongkrong di kafe, membeli barang yang tidak begitu penting, sering makan di luar, dll.

Buat target yang jelas kapan dana untuk menikah ini bisa terkumpul. Sehingga dengan adanya target ini akan membuat pengaturan keuangan Anda dan pasangan menjadi lebih sistematis.

4 Membuka tabungan bersama.

Membuka Tabungan Bersama.

Untuk menghindari uang yang dikumpulkan terpakai untuk kebutuhan lain, kaka sebaiknya buat rekening tabungan khusus untuk menyimpan biaya pernikahan.

Pastikan Anda dan pasangan sama-sama memiliki komitmen untuk rutin menabung dan tidak menggunakan uang tabungan selain untuk keperluan pernikahan.

Untuk jenis tabungan dan jumlah nominal yang harus ditabung dalam kurun waktu tertentu bisa Anda diskusikan dengan pasangan.

Sebaiknya pilih jenis tabungan yang tidak tergerus oleh arus inflasi.

Baca Juga :

Karena untuk harga sewa gedung, harga catering, dll akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Itu tadi beberapa tips keuangan yang bisa dilakukan dalam mempersiapkan biaya pernikahan.

Pastikan Anda dan pasangan sama-sama memiliki komitmen untuk mewujudkan biaya pernikahan.

Karena jika hanya salah satu yang berupaya, bukan tidak mungkin biaya pernikahan sulit terkumpul.

Selain itu, juga bisa menyebabkan perencanaan yang sudah dilakukan dari awal tidak berhasil.

Sekian artikel tentang tips keuangan untuk biaya pernikahan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus menyimak artikel menarik lainnya hanya di hypetuts.com.