6 Cara Mengatur Keuangan Agar Gaji Pas-pasan Cukup

Cara Mengatur Keuangan

Cara mengatur keuangan Ketika sudah berkeluarga sangat penting, apalagi telah dikaruniai buah hati, memang terkadang tuntunan hidup menjadi lebih besar dari sebelumnya.

Itulah mengapa penting sekali mencari sumber penghasilan tambahan yang bisa dipakai untuk mencukupi hal tersebut.

Dimasa pandemi ini kita harus pintar mencari celah dan menambah penghasilan untuk keluarga supaya keuangan bisa lebih terjaga.

Namun di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini tentunya bukan hal yang mudah. Karena sekarang ini daya beli masyarakat mengalami penurunan,

Maka tidak jarang hal ini menyebabkan pendapatan juga ikut turun, tak jarang perusahaan yang juga menerapkan pemotongan gaji bagi para karyawan mereka.

Dengan gaji yang pas-pasan tentunya harus tetap bisa bertahan untuk melanjutkan hidup bukan. Bukan hal yang mustahil untuk dilakukan pastinya.

Asalkan menerapkan cara mengatur keuangan berikut ini, maka meskipun gaji pas-pasan akan tetap cukup guna memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,

untuk lebih jelasnya silahkan renungkan dan membaca artikel ini sampai selesai apa saja tipsnya yaitu:

Tips Cara Mengatur Keuangan

Tips Cara Mengatur Keuangan

1. Gunakan prinsip 10-20-30-40, guna membagi penghasilan Anda sehingga menjadi lebih efektif. Maka diantara cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membaginya menggunakan prinsip tersebut.

Yaitu 40 persen digunakan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, sedangkan 30 persen dapat digunakan untuk cicilan atau utang jika memang ada,

Jika tidak ada maka akan lebih aman, 20 persen dari total penghasilan tersebut bisa Anda pakai untuk simpanan atau tabungan di masa depan, sedangkan 10 persen diantaranya untuk amal.

2. Menyusun ulang budget plan, langkah selanjutnya adalah dengan menyusun ulang keuangan keluarga sesuai dengan prioritas yang sudah dibuat di atas.

Sehingga nantinya Anda dapat memasukkan kedalam pos-pos yang sudah dibuat sehingga bisa tepat sasaran.

Anda juga dapat memprioritaskan untuk melunasi hutang jangka pendek terlebih dahulu, sehingga kedepannya tidak akan terasa terlalu membebani. Setidaknya satu tanggungan Anda sudah selesai.

Baca Juga : Pengertian Investasi, 2 Jenis dan 3 Manfaatnya Untuk Masa Depan

3. Belanja di saat diskon,

Untuk mendapatkan tawaran harga yang lebih hemat, maka jangan ragu memilih moment yang tepat untuk berbelanja. Kapan itu? Yaitu pada saat ada diskon besar-besaran.

Namun jangan sampai diskon ini membuat Anda kalap sehingga membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan, sehingga menyebabkan terjadinya pemborosan.

Utamakan untuk berbelanja kebutuhan pokok terlebih dahulu di atas keinginan.

4. Memangkas pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting, cara selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memangkas pengeluaran untuk sesuatu yang kurang penting.

Apalagi di tengah kondisi krisis seperti sekarang ini, maka ada baiknya jika Anda tidak mendahulukan keinginan, seperti diantaranya untuk berbelanja item fashion ataupun juga kosmetik.

5. Membatasi hiburan, hiburan memang hal yang penting karena bisa melepas penat atau stres dari rutinitas harian, namun ingat kondisi keuangan Anda.

Sehingga ada baiknya untuk membatasi pengeluaran untuk hiburan yang mahal, misalnya adalah travelling. Sebagai gantinya maka bisa memilih jenis hiburan yang lebih hemat budget.

Seperti nonton film steraming online netflix dan banyak lagi yang bisa kamu nikmati liburannya bersama keluarga.

Dikondisi sekarang ini jangan pernah memaksakan liburan yang bisa menguras kantong penghasilanmu jangan gunakan tabungan buat liburan yah.

6. Menyimpan uang kedalam dana darurat, ingat bahwa ada banyak sekali kondisi yang tidak dapat diprediksikan pada masa depan.

Itulah mengapa penting bagi Anda untuk mempersiapkan dana darurat , bukan hanya tabungan saja.

Sehingga jika ada hal yang sifatnya urgent maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang berasal dari tabungan, melainkan cukup dengan memakai dana darurat saja.

Dana dalurat sangat penting apalagi dikondisi pandemi sekarang ini yang menjadi wajib buat kamu menyisihkan penghasilan ke dana darurat.

Itulah serangkaian cara mengatur keuangan yang bisa Anda terapkan dalam keuangan rumah tangga.

Hindarkan keluarga Anda dari resiko krisis keuangan karena efek keluarga dengan cara mengelola finansial secara tepat. Apalagi finansial ini termasuk hal yang sifatnya sangat krusial dalam rumah tangga.

Jika pembahasan artikel tentang cara mengatur keuangan keluarga ini sangat berguna buat kamu jangan sungkan untuk share artikel ini semoga masyarakat bisa lebih menjaga keuangannya tidak boros dan mendapatkan manfaat yang sama.