10 Cara Keuangan Rumah Tangga Setelah Terkena PHK

Keuangan Rumah Tangga Setelah Terkena Phk

Badai PHK memang masih menghantui sebagian banyak orang di tengah resesi ekonomi belakangan ini. Hingga menyerang keuangan rumah tangga kamu dan Pandemi virus Corona yang terjadi di berbagai belahan dunia akibatnya memang sangat fatal.

Karena hal ini memicu terjadinya kemunduran ekonomi, banyak diantara sektor usaha yang terkena masalah akibat pandemi tersebut. Sehingga menyebabkan mereka gulung tikar, pada karyawan juga banyak yang di PHK ataupun dirumahkan sementara.

Apakah Anda juga termasuk salah satu yang terkena badai PHK tersebut.

Tips Memaksimalkan Keuangan Rumah Tangga

Pastinya bingung bagaimana cara mengelola keuangan rumah tangga dalam kondisi semacam ini. apalagi mencari pekerjaan di saat pandemi juga bukan hal yang mudah untuk dilakukan.

angka pengangguran yang semakin tinggi tidak diimbangi dengan jumlah lapangan kerja yang sangat sedikit, akibatnya memang fatal karena membuat persaingan menjadi semakin sengit. Agar Anda da juga keluarga tetap bertahan di saat krisis PHK ini, maka berikut ini diantara cara yang bisa diterapkan, yaitu :

  1. Klaim hak yang didapatkan, ada banyak sekali hak yang agaknya diterima ketika terkena PHK, seperti diantaranya adalah uang pesangon dan juga asuransi, jika seandainya Anda memiliki BPJS tenaga kerja atau Jamsostek.
  2. Paling tidak nantinya hal ini bisa digunakan untuk bertahan hidup selama beberapa waktu kedepan sambil menunggu adanya panggilan kerja baru.
  3. Pemerintah sendiri juga memberikan banyak bantuan, termasuk diantaranya adalah potongan tagihan listrik dan sejenisnya, sehingga akan sangat membantu keuangan Anda yang bermasalah.
  4. Rekonstruksi ulang anggaran belanja, karena dari segi pemasukan mengalami perubahan, maka wajib untuk segera melakukan rekonstruksi ulang terhadap anggaran rumah tangga tersebut.
  5. Anda bisa mengecek anggaran rumah tangga lama dan lihat apa saja yang dapat dihapus, pastikan untuk mengencangkan ikat pinggang erat-erat, sehingga uang tidak terbuang begitu saja untuk kebutuhan yang kurang penting. Melainkan dapat digunakan secara tepat sasaran.
  6. Belanja di saat dan tempat yang tepat, mulai sekarang harus berhati-hati dalam belanja, Anda tidak bisa membeli barang seenaknya karena sumber penghasilan sudah tidak ada.
  7. untuk itu maka bisa pilah-pilih tempat untuk berbelanja yang agaknya menawarkan harga terjangkau, dibandingkan dengan berbelanja di tempat yang harganya mahal. Selain itu juga dapat memanfaatkan moment-moment khusus, seperti diantaranya saat ada diskon besar-besaran, sehingga bisa belanja lebih hemat.
  8. Mencari pekerjaan sampingan, selagi menunggu adanya panggilan kerja baru, maka Anda bisa memanfaatkan waktu senggang yang dimiliki untuk mencari alternatif penghasilan tambahan bagi keluarga. Asal ada usaha pastinya tetap ada jalan, entah itu dengan bisnis reseller sistem dropship, membuat usaha makanan sistem pre order ataupun yang lainnya.
  9. Manfaat tabungan yang dimiliki untuk mencukupi kebutuhan keluarga, jika uang yang berasal dari pesangon saja tidak cukup untuk melanjutkan hidup sambil menunggu pekerjaan baru.
  10. Maka salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tabungan atau aset yang dimiliki untuk dijual, paling tidak kebutuhan keluarga tetap tercukupi, tanpa Anda harus berhutang ke tempat lain.

Itulah langkah untuk menyelamatkan keuangan rumah tangga setelah terkena PHK, karena bukan hanya Anda sendiri. Melainkan masih ada banyak lagi orang di luar sana yang juga merasakan kondisi tersebut. Finansial mereka terguncang akibat virus Corona, mungkin dalam kondisi yang lebih parah lagi.

Pinjam uang boleh-boleh saja asalkan dipertimbangkan secara matang, jangan sampai hal ini nantinya akan membuat Anda menyesal.

Jangan Lupa simak artikel paling nyambung diantaranya :