Pengertian Investasi,3 Manfaatnya Untuk Masa Depan

Pengertian Investasi

Pengertian investasi – Kata investasi memang sangat identik dengan orang dan uang banyak. Investasi juga sangat identik dengan rasa tidak aman.

Karena ada perasaan tidak aman ketika menyimpan yang dalam produk investasi juga menjadi salah satu alasannya.

Mayoritas masyarakat biasanya masih belum memahami investasi dan masing sangat mengandalkan tabungan. Itulah mengapa sangat penting untuk mendapatkan edukasi mengenai investasi.

Mengingat investasi sebenarnya memiliki banyak manfaat salah satu bisa membantu finansial masyarakat Indonesia.

Pengertian Investasi

Pengertian Investasi 1

Pengertian investasi merupakan salah satu upaya untuk menanam modal untuk bisa mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Modal sendiri bisa berupa uang atau sumber daya yang lainnya.

Dengan melakukan investasi beberapa orang berharap bisa mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang.

Beberapa para ahli juga mengungkapkan mengenai pengertian investasi. Agar bisa memahami dengan lebih mendalam maka anda juga harus memahami mengenai jenis investasi dan manfaatnya.

Jenis Investasi

Jenis Investasi

Setelah pengertian investasi, anda juga harus memahami jika investasi terdiri dua jenis jika dilihat dari jangka waktunya.

Penggolongan ini akhirnya membuat investasi dibedakan menjadi investasi jangka panjang dan jangka pendek.

1. Investasi Jangka Pendek : Pengertian investasi jangka pendek sangat memungkinkan anda sebagai investor bisa mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu yang cepat biasanya satu hingga tiga tahun.

Dengan cara ini, anda bisa mendapatkan keuntungan dengan jauh lebih cepat. Walaupun investasi jangka pendek sendiri memberikan return yang kecil.

Biasanya beberapa orang menggunakan investasi jangka pendek untuk memenuhi rencana mudik, liburan dan lain sebagainya yang memang jangka waktunya pendek.

2. Investasi Jangka Panjang : Pengertian investasi jangka panjang biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama agar bisa menikmati hasil.

Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu lima hingga belasan tahun bahkan ada yang sampai dengan puluhan tahun yang akan datang.

Walaupun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun investasi jangka panjang sendiri akan memberikan return yang lebih tinggi.

Dan tentu saja ini bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang anda dengan melakukan investasi uang pada instrumen investasi jangka panjang.

Baca Juga : 6 Cara Mengatur Keuangan Agar Gaji Pas-pasan Cukup

Biasanya investasi jangka panjang dipersiapkan untuk dana pensiun, investasi untuk biaya pernikahan, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Investasi

Manfaat Investasi

Jika anda sudah memahami pengertian investasi dan jenis investasi maka anda bisa mengetahui beberapa manfaat untuk melakukan investasi diantaranya adalah ;

Financial freedom : ini adalah kondisi dimana anda bisa mendapatkan passive income yang bisa memenuhi kebutuhan dan gaya hidup tanpa ada batasan.

Passive income ini bisa anda dapatkan dari return investasi. Anda juga tak perlu lagi bekerja untuk bisa hidup dengan nyaman.

Meningkatkan kekayaan dan nilai aset : Manfaat selanjutnya dari investasi adalah untuk meningkatkan kekayaan dan nilai aset yang anda miliki.

Suku bunga yang ditawarkan dari investasi akan menambah nilai kekayaan yang anda miliki saat ini. Terutama jika anda melakukan investasi jangka panjang.

Maka anda akan merasakan efek bunga bergulung. Ini adalah kemampuan aset investasi anda yang menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan.

Dengan kata lain anda bisa meningkatkan bunga yang berubah dengan melakukan investasi dari nilai aset anda.

Melindungi kondisi finansial dari kemungkinan Inflasi : Investasi juga bisa melindungi diri anda dari inflasi. Tujuannya adalah agar aset yang anda miliki tidak mengalami inflasi.

Sehingga jika anda melakukan investasi dalam bentuk pinjaman modal usaha maka anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus khawatir mengalami inflasi.

Nah itulah pengertian investasi, jenis dan manfaatnya untuk masa depan anda. Dengan demikian, anda tak perlu lagi khawatir dan menunda untuk melakukan investasi pada produk yang tepat.

Dengan investasi sejak dini maka anda akan mendapatkan kesejahteraan di masa depan