PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Mengenal Ikan Koki Ranchu Beserta Harganya

Ikan Koki Ranchu

Ikan koki ranchu atau di negara Asia dikenal juga dengan sebutan Goldfish Buffalo Head, dan Ranchu Goldfish merupakan salah satu ikan hias air tawar terpopuler di dunia.

Mereka berasal di Cina yang kemudian dikembangbiakkan secara lebih modern di Jepang pada akhir tahun 1800-an.

Ikan Koki Ranchu

Koki Ranchu

Ikan koki ranchu sendiri termasuk berharga cukup mahal di Asia. Mereka sengaja dibiakan untuk dinikmati keindahannya dan diperlombakan dalam kompetisi ikan bergengsi.

Dalam kontes ikan di Cina, mereka di nilai dari sisi samping sementara kompetisi di negara Jepang koki ranchu ditempatkan di dalam sebuah mangkuk dangkal dan dinilai dari atas.

Meskipun mereka mengesankan dilihat dari dua arah, namun semua tergantung dari selera pemilik dalam menikmati keindahan ikan koki ranchu

Berbeda dengan kebanyakan ikan koki pada umumnya, koki ranchu adalah salah satu ikan mas yang berbentuk bulat seperti telur.

Mereka sangat mirip dengan ikan koki lionhead dengan tubuh yang lebar, kompak dan sirip pendek.

Koki ranchu juga tidak memiliki sirip punggung dan mereka justru memiliki seamcam daging yang tumbuh dibagian kepala secara bertumpuk mirip dengan buah ‘raspberry’.

Perbedaan Ikan Koki Ranchu dengan lionhead 

Perbedaan ikan koki ranchu dengan lionhead dapat dilihat dari bentuk kontur yang lebih tinggi melengkung ke punggung.

Juga, ekor nya yang tumbuh ke samping, bahkan seringkali hampir berdiri horisontal, dan memiliki tiga atau empat lobus, sedangkan pada sirip ekor ikan koki lionhead justru sangat mirip dengan Fantail Goldfish.

Baca Juga :

Warna Ikan koki ranchu

Ikan ranchu hingga saat ini telah dikembangkan dengan warna lebih beragam namun yang paling sering adalah kombinasi dua warna, seperti emas dan putih atau merah dan putih.

Adapula warna calico, yang disebut sebagai Edonishiki di Jepang. Mereka memiliki warna yang cukup bervariasi dari merah tua ke kuning-oranye kemerahan, atau sangat mungkin memiliki sisik merah bermata putih. Dalam beberapa kasus, ditemukan pula ikan yang benar-benar putih atau bahkan hitam.

Ikan ranchu termasuk ikan yang agak susah dalam perawatannya dan tidak direkomendasikan untuk pemula.

Kemampuan renangnya sangat lambat terbebani oleh tubuh bulat dan diperburuk dengan tidak adanya sirip punggung untuk menstabilkan badan saat berenang.

Ciri tersebut adalah sifat yang juga terlihat di Lionhead, Bubble Eye, dan Celestial Goldfish Eye.

Banyak varietas ikan mas berbadan panjang seperti ikan komet atau Shubunkins, yang tidak cocok bila dicampurkan dengan koki ranchu karena mereka ikan berkarakter gesit dan terlalu mendominasi selama waktu makan.

Sebaiknya ikan koki ranchu disatukan bersama dengan ikan ikan dengan gerak yang lambat seperti ikan koki telescope dan goldfish celestial.

Ikan koki ranchu tidak akan memenangkan perebutan makanan, kecuali jika anda pelihara dengan ikan ikan yang lebih kecil atau anda selalu intens menyiapakan banyak makanan bagi ikan kesayangan.

Ikan ranchu sendiri di Indonesia saat ini diperdagangakan dengan harga antara 100 ribu hingga 500 ribu untuk kualitas grade B hingga A berukuran medium.

Sedangkan ikan yang telah memenangkan kontes dapat mencapai jutaan rupiah