5 Tips Mengurangi Kecanduan Belanja Online

0
6 views
Kecanduan Belanja Online
Image : Pixabay

Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, kini apapun bisa dilakukan dalam genggaman. Salah satu kegiatan yang sering dilakukan lewat smartphone dan Internet adalah berbelanja online.

Kini berbelanja menjadi lebih mudah lewat beragam merchant baik marketplace atau e-commerce yang semakin menjamur.

Dengan memilih di handphone, melakukan pembayaran via transfer atau kartu kredit, dan menunggu kiriman sampai di rumah, semuanya menjadi lebih mudah.

Jangan Lupa simak artikel paling nyambung diantaranya :

Kemudahan inilah yang kemudian melahirkan fenomena baru dalam masyarakat: mereka jadi senang berbelanja online. Hari ini tentu sangat baik bagi perekonomian, baik para penjual maupun pembeli.

Tapi, sama seperti beragam hal lainnya, jika dilakukan berlebihan, kegiatan belanja online bisa membawa bencana.

Karena kita menjadi terbiasa untuk membeli barang, walaupun kita tidak terlalu membutuhkannya.

Kita menjadi lebih sering membeli barang yang harganya lebih mahal dari kemampuan kita, merasa kurang jika belum belanja online, sering membeli dan mengembalikan barang, atau membeli barang yang tidak dibutuhkan hanya karena diskon.

Jika kita mengalami beragam hal tersebut, sebaiknya kita mulai melakukan tips mengatasi kecanduan belanja online berikut ini.

1. Setop Berlangganan Email dari Toko Online

Setop Berlangganan Email dari Toko Online
Image : Pixabay

Setelah melakukan belanja online, biasanya kita akan otomatis berlangganan email newsletter dari aplikasi atau situs belanja tersebut.

Saat kita ingin berhenti dari kecanduan belanja online, kita perlu untuk menghentikan langganan/unsubscribe email tersebut.

Sehingga kita tidak mendapatkan informasi tentang diskon atau hal lainnya yang bisa membuat kita berbelanja.

2. Blok Akses Internet ke Situs Belanja Favorit

Blok Akses Internet ke Situs Belanja Favorit
Image : Pixabay

Terkadang kita juga melakukan belanja online lewat beragam gadget. Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengurangi keinginan belanja online adalah dengan memblokir akses ke situs belanja favorit kita.

Jadi, kita tidak akan bisa mengaksesnya dan tidak bisa berbelanja. Tidak hanya itu, kita juga perlu untuk membersihkan komputer dan gadget lainnya dari cookies atau cache, sehingga kita tidak akan terkena targeting iklan online, yang memang bisa menawarkan barang yang memang kita inginkan.Karena, hal ini bisa memicu dan memperparah aktivitas belanja online yang kita lakukan.

3. Uninstall Aplikasi Belanja Online di Gadget

Uninstall Aplikasi Belanja Online di Gadget
Image : Pixabay

Ada banyak aplikasi merchant marketplace dan e-commerce yang bisa diinstall di gadget. Para pecandu belanja online tentu memiliki beberapa aplikasi ini untuk digunakan.

Memang, dengan beragam aplikasi ini, kita bisa mencari barang yang kita butuhkan dan memanfaatkan diskon yang diberikan.

Untuk menguranginya, kita bisa meng-uninstall atau menghapusnya dari gadget kita. Sehingga kita tidak akan mudah untuk belanja online.

4. Cari Kegiatan Lain untuk Mengurangi Stress

Cari Kegiatan Lain untuk Mengurangi Stress
Image : Pixabay

Berbelanja, baik secara langsung maupun secara online memang terbukti ampuh untuk mengatasi dan mengurangi stress.

Karenanya, ada banyak orang yang melakukannya secara sering dan terus menerus. Tapi, ini memunculkan masalah baru.

Untuk mengatasinya, kita perlu untuk mencari aktivitas lain yang bisa mengurangi stress. Misalnya dengan mengganti kegiatan berbelanja dengan olah raga atau menonton video dan film lucu di Internet.

5. Berkonsultasi dengan Ahli

Berkonsultasi dengan Ahli
Image : Pixabay

Jika memang kecanduan belanja online yang dialami sudah sangat parah sehingga berdampak buruk untuk kehidupan sehari-hari, kita perlu untuk berkonsultasi dengan ahli.

Kita bisa meminta masukan pada psikiater atau berbincang dengan teman, rekan, kerabat, atau keluarga dan meminta bantuan dan dukungan mereka untuk berhenti dari kecanduan belanja online.

Sehingga mereka bisa memberikan masukan, semangat, dan juga dukungan agar kita bisa mengurangi kecanduan belanja online

Sekian artikel seputar 5 Tips Mengurangi Kecanduan Belanja Online dari Hypetuts semoga informasi ini bisa bermanfaat.