PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Cara Menghapus Virus Di Hp Android Ampuh dan Terbukti

Cara Menghapus Virus Di Hp

Sebelum kalian semua mengetahui bagaimana cara menghapus virus di hp kalian, kalian juga harus mengetahui sebab dan akibat dari virus yang ada di smartphone kalian.

Sebenarnya banyak banget jenis virus di program aplikasi yang memang sebetulnya dibuat dengan sengaja dengan tujuan menambah kinerja perangkat hardware dan software pada sebuah perangkat baik itu komputer ataupun smartphone android, dan juga tidak semua virus mempunyai tujuan menghapus dan juga menghilangkan sebuah file atau program aplikasi yang ada pada data perangkat.

Kita juga harus jeli dan teliti dalam menyikapi hal yang satu ini, karena tidak baik jika terlalu lama dibiarkan apa lagi kalau tidak diatasi dengan benar.

Oleh karena itu kalian harus tahu cara menghilangkan virus hp yang kita pakai apakah dapat dioperasikan serta digunakan dengan nyaman serta aman seperti semulanya.

TIPS MENJAGA HP AGAR TIDAK TERKENA VIRUS

Tips Menjaga Hp Agar Tidak Terkena Virus

Anda mungkin sudah tahu betapa pentingnya cara menghapus virus di hp, tetapi banyak pemilik smartphone tidak menyadari bahwa perangkat mereka juga membutuhkan perlindungan.

Ponsel cerdas Anda pada dasarnya adalah komputer berukuran saku yang menyimpan data pribadi Anda, dokumen penting, dan file lainnya.

Jika virus menginfeksi ponsel Anda, itu dapat merusak data Anda atau mencuri informasi pribadi, seperti kata sandi dan nomor rekening bank Anda.

Dengan mengambil beberapa tindakan pencegahan, Anda akan melindungi ponsel Anda dari virus dan bahaya digital lainnya.

  • Lindungi ponsel cerdas Anda dengan perangkat lunak anti-virus. aplikasi ponsel Anda yang dapat menawarkan perangkat lunak anti-virus gratis.
  • Masukkan PIN atau kata sandi pada ponsel cerdas Anda dan biarkan terkunci saat tidak digunakan. Ponsel Anda mungkin juga memiliki fitur pola kunci atau kunci pengenalan wajah.
  • Jauhi situs web yang mencurigakan saat menjelajahi Internet di ponsel Anda. Virus dapat diinstal pada ponsel Anda melalui situs web berbahaya. Jika Anda menerima email atau pesan teks tak terduga dengan tautan di dalamnya, jangan klik tautannya. Tautan dapat mengarahkan Anda ke situs web yang terinfeksi virus. Ini benar bahkan jika email atau teks itu tampaknya berasal dari teman atau bisnis yang sah, seperti pengecer atau bank.
  • Unduh aplikasi atau dokumen hanya jika berasal dari sumber tepercaya, seperti toko aplikasi ponsel Anda. Mengunduh aplikasi dari situs web pihak ketiga dapat membahayakan ponsel Anda.
  • Hindari memodifikasi ponsel Anda dengan cara yang tidak dimaksudkan oleh pabrikan. Modifikasi ini, juga disebut “jailbreaking,” mempermudah virus untuk masuk ke perangkat.
  • Enkripsikan file dan data yang disimpan di telepon. Beberapa telepon memiliki enkripsi data built-in yang melindungi data Anda dari mata-mata. Enkripsi biasanya melindungi dokumen, kontak, kalender, file media, dan lampiran email. Ini juga berfungsi untuk data yang disimpan di kartu memori ponsel.
  • Hindari menghubungkan ponsel Anda ke jaringan nirkabel yang tidak aman. Jaringan ini tidak memerlukan kata sandi untuk bergabung, jadi siapa pun dapat terhubung ke perangkat Anda dan menginfeksinya dengan virus tanpa Anda ketahui.

Cara Menghapus Virus di hp Android

Cara menghapus virus di hp, Semua virus Android dikirimkan melalui aplikasi yang dipasang di perangkat Anda dan anda sangat diwajibkan mengetahui cara menghapus virus di hp dan penyebab apa saja yang menjadi ponsel anda terkena virus, jadi jika ponsel atau tablet Anda belum memiliki virus,

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan tidak pernah memasang perangkat lunak di luar toko aplikasi Google Play.

Ini juga berlaku untuk virus Gunpoder, yang baru-baru ini menjadi berita utama setelah Palo Alto Networks menemukan itu bisa menyelinap ke telepon Anda melalui emulator Nintendo game yang dipasang di luar Google Play.

Untungnya, Gunpoder belum terlihat mempengaruhi pengguna di Inggris, namun masih layak untuk mengambil tindakan untuk melindungi diri Anda dari virus Gunpoder dan virus Android lainnya yang mungkin akan dirilis di masa mendatang.

Untuk memastikan Anda tidak secara tidak sengaja memasang perangkat lunak perusak melalui pemasangan aplikasi di luar Google Play, buka menu Pengaturan Anda, cari opsi Keamanan, kemudian pastikan opsi untuk Sumber Tidak Dikenal dinonaktifkan dengan begitu ponsel anda menghapus virus di hp secara otomatis.

Jika Anda memutuskan untuk memasang aplikasi dari luar Google Play, lakukan penelitian. Periksa izinnya (apakah pemutar video benar-benar perlu melihat kontak Anda?), Lihat online untuk ulasan dan lihat dengan baik di situs pengembang untuk melihat apa lagi yang ditawarkannya. Dalam kasus Gunpoder, berhati-hatilah terhadap aplikasi emulator game Nintendo.

Anda juga dapat memasang aplikasi antivirus, dan banyak aplikasi antivirus Android gratis yang tersedia yang dapat hapus virus di hp anda, misalnya 360 Mobile Security, Avast, dan Lookout.

Semua ini termasuk pemindai aplikasi yang akan mencari apa pun yang cerdik, tetapi perhatikan bahwa aplikasi ini juga dapat memicu kesalahan-positif – melaporkan aplikasi yang telah Anda gunakan selama berbulan bulan sebagai malware saat Anda tahu itu baik-baik saja.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menghindari Spyware? Berikut 10 Caranya

BAGAIMANA CARA MENGHAPUS VIRUS DARI ANDROID?

Cara menghapus virus di hp Nih simak bagaimana cara hapus virus di hp kalian masing masing.

Langkah 1

Cara menghapus virus di hp yang pertama Masukkan ponsel atau tablet Anda ke mode Aman. Ini mencegah aplikasi pihak ketiga yang berjalan, termasuk malware apa pun.

Di banyak perangkat Anda dapat menekan tombol daya untuk mengakses opsi mematikan, lalu tekan dan tahan Matikan untuk membuka opsi untuk memulai ulang dalam mode Aman.

Jika ini tidak berfungsi untuk perangkat Anda, maka Anda harus Google ‘Cara memasukkan [nama model Anda] ke mode Aman’ dan ikuti petunjuknya.

Saat berada dalam mode Aman, Anda akan melihat ‘Mode aman’ di kiri bawah layar.

Langkah 2

Cara menghapus virus di hp kedua Buka menu Pengaturan Anda dan pilih Aplikasi, kemudian pastikan Anda melihat tab Diunduh.

Jika Anda tidak tahu nama virus yang Anda pikir telah terinfeksi ponsel atau tablet Android Anda, buka daftar dan cari sesuatu yang cerdik atau yang Anda tahu Anda belum memasang atau seharusnya tidak berjalan di perangkat Anda.

Langkah 3

Ketuk aplikasi berbahaya (jelas tidak akan disebut ‘virus Dodgy Android’, ini hanya sebuah ilustrasi) untuk membuka halaman Info aplikasi, lalu klik Hapus instalan.

Dalam kebanyakan kasus, ini semua yang perlu Anda lakukan untuk menghapus virus, tetapi kadang-kadang Anda mungkin menemukan tombol Uninstall berwarna abu-abu.

Ini karena virus telah memberikan dirinya sendiri status administrator perangkat.

Langkah 4

Keluar dari menu Aplikasi dan ketuk Pengaturan, Keamanan, Administrator Perangkat.

Di sini Anda akan menemukan daftar aplikasi apa pun di ponsel atau tablet Anda dengan status administrator.

Cukup batalkan kotak untuk aplikasi yang ingin Anda hapus, lalu ketuk Nonaktifkan di layar berikutnya.

Sekarang Anda seharusnya dapat kembali ke menu aplikasi dan menghapus aplikasi itu.

Langkah 5

Dengan virus sekarang lepas dari ponsel atau tablet Android Anda, yang Anda perlukan hanyalah memulai ulang perangkat untuk mengeluarkannya dari mode Aman.

Sekarang ini berfungsi dengan baik, ini saat yang tepat untuk mencadangkan data penting apa pun yang telah Anda simpan di perangkat, dan memasang aplikasi antivirus Android untuk melindungi Anda dari virus masa depan yang menghampiri Anda.

Untuk melanjutkan membaca klik NEXT

SELENGKAPNYA KE HALAMAN SELANJUTNYA

MENGANALISA VIRUS UNTUK MENGHAPUS VIRUS DI HP ANDROID