6 Cara Menagih Hutang Ke Teman Dengan Sopan

  • Bagikan
Cara Menagih Hutang

Terkadang kita suka bingung teman membutuhkan pinjaman tetapi kita biasa dilema bagaimana Cara menagih hutang supaya pertemanan tidak terganggu dan tidak putus silaturahmi.

Pertemanan memang menuntut untuk saling berbagi, saling tolong menolong dan tak hanya sekedar berbagi pengalaman atau berbagi cerita saja. Pertemanan yang baik tidak memandang ekonomi antara satu sama lain.

Maka dari itu terkadang ada kalanya teman yang sedang membutuhkan uang pun akan meminta bantuan pada teman terdekatnya.

Lalu, bagaimana jika anda berada dalam posisi tersebut ? teman anda sangat membutuhkan bantuan keuangan dari anda dan pada saat itu memang anda sedang punya uang.

Pastinya sebagai teman dekat yang baik kita akan memberikan bantuan kepadanya. Namun, kenyataannya tak sedikit pula teman yang saat ditagih untuk membayar kewajibannya melunasi hutang tersebut malah tidak bertanggung jawab dan selalu saja banyak alasan.

Apalagi kalau anda mengetahui teman yang hutang tersebut bisa membeli barang-barang sedangkan untuk membayar hutang ke andapun sepertinya enggan.

Pastinya pada saat itu bisa jadi anda akan merasa dongkol atau marah.

Masalah uang memang bisa menjadi sensitif dan tidak sedikit pula orang yang dulunya dekat menjadi renggang hubungannya karena masalah uang. Pada artikel berikut kami bukannya mengajarkan untuk pelit kepada teman anda yang membutuhkan bantuan berupa uang.

Hanya saja untuk berhati-hati agar nantinya masalah pinjam meminjam uang tersebut tidak membuat pertemanan anda menjadi renggang.

Cara Menagih Hutang

Cara Menagih Hutang

Berikut ini ada tips cara menagih hutang pada teman yang bisa anda lakukan.

Lewat Telepon / SMS / WA /SOSIAL CHAT

Lewat Telepon

Saat menagih kadang anda bisa jadi akan merasa rikuh apabila bertatapan langsung dengan teman anda.

Anda bisa mengingatkan teman anda bahwa dia memiliki pinjaman pada anda lewat telepon atau SMS dan juga tanyakan kapan dia akan membayar hutangnya.

Pura-pura butuh uang

pura butuh uang

Buatlah alasan dengan berpura-pura butuh uang saat menagih dan usahakan alasan anda seperti kebutuhan yang mendesak bagi anda.

Misalnya anda butuh uang tersebut untuk biaya membayar tagihan motor dan kalau tidak dibayar maka motor anda akan disita atau untuk biaya berobat, dll.

Dengan begitu akan membuat teman anda merasa harus segera mengembalikan uangnya pada anda.

Sindiran Halus

Sindiran Halus

Apabila anda sudah berkali-kali menagih tapi belum juga dibayar. Cobalah sindir dia didepan temannya.

Biasanya orang akan malu apabila hal seperti itu diungkap di depan teman-temannya.

Namun sindirlah secara halus agar teman anda tidak langsung marah.

Hubungi keluarganya atau minta bantuan orang lain

Hubungi keluarga

Apabila anda kenal dengan keluarganya, cobalah ceritakan masalah anda dan mintalah bantuan padanya.

Cara ini mungkin tidak menarik tapi perlu dicoba karena bisa jadi apabila keluarganya tahu tentang pinjaman tersebut malah akan dibantu untuk melunasinya.

Tapi tidak semuanya seperti itu karena sifat setiap orang berbeda-beda. Ada juga yang tidak ingin ikut campur urusan hutang piutang seperti itu.

Kalau keluarganya tidak dapat membantu cobalah meminta bantuan pada orang lain, bisa teman anda yang lain apabila diperlukan.

Buatlah kesepakatan

Buatlah kesepakatan

Apabila dia sudah berjanji akan mengembalikan namun saat sudah melewati jatuh tempo belum juga ada niat baik maka buatkan kesepakatan baru.

Anda bisa meminta jaminan berupa barang yang harganya serupa dengan uang yang dia pinjam atau buatlah surat perjanjian dengan materai yang ditanda tangani oleh kedua belah pihak apabila jumlah uang yang anda pinjamkan cukup besar.

Atau anda juga dapat menyuruh teman anda untuk membayarnya dengan cara dicicil.

Setidaknya dengan dicicil akan membuat teman anda lebih ringan untuk mengembalikan uang yang ia pinjam dari pada harus langsung mengembalikan dalam jumlah besar dan yang terpenting adalah uang anda bisa kembali daripada tidak sama sekali.

Cobalah mengikhlaskan

mengikhlaskan

Yang satu ini sebenarnya tidak termasuk cara menagih hutang. Tapi apabila ke-5 cara diatas sudah dilakukan terus namun tidak ada hasilnya juga ya cobalah untuk mengikhlaskan.

Demikianlah sedikit tips cara menagih hutang yang bisa anda lakukan saat hendak menagih hutang pada teman anda.

Sebelum anda memberikan pinjaman pada teman anda maka sebaiknya dipikirkan dulu dan siapkan diri apabila nantinya terjadi hal tidak diinginkan seperti uang tidak kembali.

Semoga bermanfaat dan jaga hubungan baik kalian dengan teman yah. Terimakasih.

  • Bagikan