Cara Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar dan Siap Jual

Budidaya Ikan Gurame

Gurame merupakan salah satu jenis ikan yang potensial untuk dikembangkan, dan bagi anda yang berminat tentu harus mengetahui tips budidaya ikan gurame agar cepat besar ini.

Pasalanya memang untuk membuadidayakan sesuatu tnpa pengetahuan atau wawasan yang cukup tentunya, akan sia sia.

Dan bahkan akan memberikan dampak yang tidak baik, terutama kerugian materi.

Maka dari itu alangkah baiknya sebelum terjun kedalamnya, anda harus mampu menguasai teknik atau trik yang bisa menguntungkan anda.

Pada kesempatan ini hypetuts akan mencoba untuk memberikan beberapa langkah trik atau tips budidaya ikan gurame agar cepat besar.

Dengan begitu anda bisa memanennya lebih cepat lagi dan mendatangkan keuntungan tentunya.

Tips Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Besar

Lokasi Pembuatan Kolam

Lokasi Pembuatan Kolam Ikan Gurame 1

Ikan yang satu ini terbiasa dengan hidup di dataran rendah, oleh karenanya kolam untuk budidaya gurame akan lebih baik jika berada di daerah dengan ketinggian maksimal 800m diatas permukaan laut.

Dengan suhu habitat aslinya berada disekitar 25 hinga 28 derajat Celsius, maka tentunya pembuatan kolam pun harus terkena sinar matahari secara langsung.

Ukuran Benih Sehat 

Benih yang baik dan sehat pada umumnya memiliki bobot 100gr atau berumur sekitar 1 tahun lebih.

Benih tersebut akan lebih cepat tumbuh dibanding dengan ukuran atau usia yang lain, untuk mencapai 500gr biasanya benih ikan 100gr atau usia setahun lebih bisa hanya dengan kurun waktu 6 hingga 7 bulan.

Dan pastikan mendapatkan benih tersebt dari daerah sekitar anda, agar benih ikan bisa cepat beradaptasi.

Baca juga : Cara Budidaya Ikan Nila Untuk Pemula Terbukti Berhasil

Pakan dan Asupan Ikan

Protein nabati dan juga protein hewani sangat berpengaruh pada pertumbuhan ikan yang satu ini.

Maka dari itu, alangkah baiknya jika anda memberikan keduanya dengan komposisi protein hewani minimal 25% dan sisanya protein nabati seperti daun singkong, selada air, kangkung dan yang lainnya.

Dan untuk mempercepat pertumbuhannya lagi, anda bisa menambahkan enzim komplek pakan pabrik sebanyak 2% saja.

Ketiga hal tersebut merupakan hal yang umum dalam tips budidaya ikan gurame agar cepat besar dan panen, namun ada yang harus anda perhatikan adalah kesehatan ikan dari kolam.

Agar terhindar dari hama, sebelum melakukan penebaran benih, sebaknya anda melakukan pengeringan pada kolam, sekitar 14 hari dan menaburkan kapur pertanian sekitar 100 hingga 200 gram per meter persegi.

Dan jika memang ikan ana terserang oleh jamur, anda bisa memisahkan dan merendam ikan tersebut di air yang sudah dicampurkan garam dengan komposisi 20mg per liter air sekitar 1 jam.

Yang tentunya hal tersebut untuk mengurangi resiko kematian yang mencapai 25% setiap panen.

Tidak banyak orang yang tentunya akan mengetahui tips dan cara budidaya ikan gurame pada saat ini, yang sebenarnya jika dapat mengetahuinya hal tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang menjanjikan untuk pengelolanya.

Ya, karena diketahui bahwa ikan gurame sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang juga paling banyak dikonsumsi, sedangkan pada saat ini pasokan untuk pasar sendiri dinilai masih tidak memenuhi jumlah dari permintaan pasar yang kian hari kian meningkat.

Hal tersebut tentu saja karena kurangnya potensi budidaya ikan gurame yang mampu memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar untuk jenis ikan tersebut, terlebih jika mengingat bahwa jenis ikan tersebut juga dibutuhkan untuk kebutuhan eksport ke berbagai negara lain di luar Indonesia.

Sehingga dapat dikatakan bahwa peluang untuk budidaya ikan gurame tersebut hingga saat ini masih terbuka lebar dan menjanjikan, untuk anda yang merasa tertarik dengan budidaya ikan gurame tersebut maka berikut ini adalah beberapa ringkasan singkat mengenai tips dan cara budidaya ikan gurame yang dapat kita ketahui bersama.

Untuk melanjutkan membaca klik NEXT

SELENGKAPNYA KE HALAMAN SELANJUTNYA

Cara Budidaya Ikan Gurame