8 Cara Berkomunikasi yang Baik Dan Benar

Cara Berkomunikasi

Cara Berkomunikasi yang Baik – Komunikasi merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan setiap kalangan, baik tua, muda, dewasa, maupun anak-anak.

Dengan berkomunikasi biasanya seseorang akan mendapatkan informasi-informasi yang harus, sudah ataupun belum sama sekali diketahui.

Komunikasi dapat terjadi kapan saja dan dimana saja seperti ruang lingkup pekerjaan, keluarga maupun di tempat umum.

Komunikasi dalam keluarga merupakan cerminan dari sifat seseorang, suatu keluarga yang terjalin tanpa adanya komunikasi biasanya akan terasa kurang harmonis.

Karena tidak adanya tukar pikiran untuk mencari solusi terbaik bagi setiap permasalahan, namun sebaliknya untuk keluarga yang selalu berkomunikasi dengan baik, tentu akan dirasa mudah dalam menemukan jalan terbaik untuk setip permasalahan.

Komunikasi dalam keluarga juga dapat memberi kesempatan untuk anda mengungkapkan ide ide terbaru atau keluh kesah dalam hati yang tidak pernah semapt tersampaikan.

Sedangkan pengertian dari komunikasi itu sendiri adalah alat yang digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan sesuatu maksud kepada orang lain atau lawan bicara.

Dalam suatu keluarga sangatlah penting memperhatikan cara menyampaikan baik Suami ke Istri, Istri ke Suami, Orangtua ke Anak, bahkan Anak ke Orangtua.

Baca Juga : 7 Keahlian Wajib Seorang Pemandu Wisata Dalam Berbisnis

Untuk itu disini kita akan memberitahu bagaimana cara berkomunikasi yang baik dalam keluarga.

Cara berkomunikasi yang baik antara lain :

Cara Berkomunikasi Yang Baik

1. Pemilihan waktu yang tepat

Melakukan komunikasi dalam keluarga sebaiknya pada saat semua anggota keluarga seperti ayah, ibu dan anak sedang berkumpul.

Dan cara ini umumnya dapat anda coba pada waktu makan keluarga bersama.

Namun pada saat ingin berkomunikasi usahakan tidak ada radio, TV, bahan bacaan, atau mainan di meja yang dapat mengganggu dalam percakapan.

Tetapi jika pada keluarga anda tidak ada aktifitas atau kegiatan makan bersama, dapat pula anda menggunakan waktu berlibur anda seperti hari sabtu atau minggu untuk melakukan komunikasi efektif bersama keluarga.

2. Ciptakan rasa respek pada saat berkomunikasi

Cara Berkomunikasi yang Baik Setiap orang tua akan sukses berkomunikasi dengan menahan bila mampu melakukannya dengan respek.

Hal tersebut harus didahului dengan sikap saling menghargai, yang pada akhirnya akan menimbulkan pula kesan serupa dri lawan diskusi.

3. Pergi berlibur bersama

Untuk menciptakan komunikasi efektif dan cara termudah dalam keluarga, anda dapat mengadakan tradisi keluarga seperti melakukan berbagai kegiatan secara bersama-sama termasuk nonton TV, makan bersama, beribadah bersama, ataupun melaksanakan liburan bersama.

Selain itu banyaknya waktu liburan yang anda habiskan bersama keluarga juga dapat membuat keluarga menjadi dekat satu sama lain.

4. Audibel

Cara Berkomunikasi yang Baik Suatu komunikasi harus dapat disampaikan dengan cara atau sikap yang bisa diterima oleh si pendengar.

Sehingga komunikasi audibel benar-benar harus diperhatikan.

Audibel yaitu komunikasi yang dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik.

5. Empati

Salah satu contoh sikap empati dalam keluarga antara lain orang tua yang baik tidak akan menuntut anaknya untuk mengerti keinginannya, tetapi ia akan
berusaha memahami anak atau pasangannya terlebih dulu.

Cara ini biasanya dapat memunculkan rasa saling percaya dan keterbukaan dalam keluarga.

Sedangkan pengertian dari sikap empati itu sendiri antara lain kemampuan untuk menempatkan diri kita pada situasi dan kondisi yang dihadapi orang lain.

6. Manfaatkan kecangihan teknologi

Untuk anda yang tinggal di ruang lingkup keluarga yang super-super sibuk, tidak dapat dijadikan alasan kurangnya menjalin komunikasi sesama keluarga karena pada jaman sekarang ini teknologi elektronik sudah semakin canggih sehingga dapat mengakses seluruh jangkauan.

Beberapa media komunikasi yang dapat anda gunakan antara lain handphone, komputer, dan internet.

7. Melakukan komunikasi yang tepat

Cara Berkomunikasi yang Baik Contohnya, apabila anda ingin membicarakan masalah anak sebaiknya dilakukan pada waktu makan malam.

Karena pada waktu pagi hari biasanya baik anak maupun orang tua selalu terburu-buru karena waktu dan kesibukan masing-masing.

8. Rendah hati

Cara Berkomunikasi yang Baik Apabila kita memiliki sikap rendah hati maka lawan bicara akan menjadi lebih terbuka.

Sikap rendah hati dapat anda ungkapkan melakui perlakuan ramah, tidak memandang diri sendiri lebih unggul ataupun lebih tahu, saling menghargai, sopan, penuh pengendalian diri, serta lemah lembut.

Demikianlah tips tips atau cara berkomunikasi yang baik dalam ruang lingkup keluarga.

Semoga dapat menciptakan suasana keluarga yang selalu harmonis dan romantis.

Namun hal terpenting bagi para orang tua yaitu komunikasi juga mampu memberikan sikap positif bagi anak khususnya dalam pergaulan.