Affiliate Marketing: Cara Mudah Mendapatkan Uang Di Internet

17

Saat kita membicarakan keuntungan apalagi mengenai uang, siapapun pasti akan tertarik. Cara paling mudah untuk mendapatkan keuntungan adalah Affiliate Marketing.

Affiliate Marketing merupakan cara menghasilkan uang dari internet. Belakangan ini, affiliate marketing sangat populer di dunia internet marketing.

Tapi, Apakah sebenarnya affiliate marketing itu?

Berikut ini 2 cara untuk menghasilkan uang dari internet:

  • Jual produk anda sendiri
  • Jual atau promosikan produk orang lain (merchant) dan anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil anda jual. (Merchant: orang atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang mereka tawarkan secara online)

Untuk menjual produk Anda sendiri, kami tahu bahwa Anda telah paham betul dan tentunya sudah memiliki strategi tersendiri.

Oleh karena itu, kami akan membahas bagaimana mendapatkan komisi saat menjual dan mempromosikan produk orang lain.

Sebelum hypetuts membahas lebih lanjut mengenai affiliate marketing, ada 3 hal dasar yang perlu anda ketahui dalam affiliate marketing, yaitu:

  • Anda merekomendasikan sebuah produk atau jasa ke orang lain (konsumen anda atau orang yang anda kenal)
  • Beberapa orang tersebut membeli produk atau jasa berdasarkan pada rekomendasi anda.
  • Anda mendapatkan komisi dari setiap pembelian tersebut.

Jika dicontohkan dengan offline, cara kerja affiliate marketing seperti misalnya ada tanah yang akan dijual, anda membantu mencari orang yang ingin membeli tanah tersebut.

Anda akan mendapatkan komisi atas penjualan tanah itu jika anda berhasil mendapatkan orang yang mau membeli tanah tersebut.

Cara Kerja Affiliate Marketing?

Cara Kerja Affiliate Marketing

Yang perlu Anda lakukan adalah anda harus memiliki sebuah blog, website, list email atau tools online lainnya dimana orang-orang bisa mengetahui apa yang akan anda tawarkan.

Anda bekerja sama dengan perusahaan yang menjual sebuah produk atau jasa yang akan anda rekomendasikan (Sebagai partner mereka, Anda adalah affiliate mereka).

Anda merekomendasikan produk atau jasa tersebut pada follower anda.

Anda bisa melakukannya dengan menulis sebuah artikel tentang produk atau jasa tersebut, cantumkan sebuah button(tombol) atau banner iklan di situs anda, sebutkan di email newsletter Anda atau di media sosial.

Anda memasukkan link khusus yang disebut dengan istilah “affiliate link” ke produk atau jasa sehingga follower Anda dapat mengeceknya.

Follower Anda menggunakan affiliate link anda untuk mengecek produk atau jasa dan mereka memutuskan untuk membelinya.

Ketika mereka telah membayar produk yang telah mereka beli, anda akan mendapatkan sebuah komisi.

Anda menerima komisi dari akumulasi pendapatan anda setelah periode waktu tertentu atau ketika pendapatan anda mencapai batas tertentu.

Mudah bukan? Memang mudah, tetapi hal ini belum terbukti mudah jika anda tidak mencobanya.

Baca Juga :

Banyak orang-orang yang gagal dalam bisnis affiliate marketing. Anda bisa belajar dan dibantu oleh orang lain yang telah ahli dalam bidang ini.

Situs Affiliate

Ada beberapa situs afiliasi yang mungkin anda tertarik untuk berjualan produk mereka dengan diberikan bagi hasil diantaranya :

Tutorial Gabung Afiliasi Canva Pro

Ingin mendapatkan cuan dengan afiliasi canva sangat gampang sekali untuk cara gabung Canva afiliasi sangat gampang coba simak caranya dibawah ini.

Yang pertama pasti kamu harus daftar terlebih dahulu dengan mengunjungi Link Pendaftaran, https://www.canva.com/id_id/afiliasi/ dan klik “Bergabung Sekarang”

gabung canva afiliasi

Masukkan “Informasi Anda/ “Your Information”, bagian ini hanya mitra afiliasi yang mengetahui informasinya

form canva afiliasi

Bagian “Informasi Perusahaan” / “Company Information” adalah bagian yang bisa dilihat pihak Canva. “Account Display Name” / Nama Akun di sini yang disebut Nama Akun Impact

informasi canva afiliasi

Pastikan isi mata uang dengan USD, agar bisa menarik penghasilan ke Paypal yang potongannya $2.

Apabila mata uang IDR, potongan biaya penarikan sekitar IDR 125.000

Perhatian : Mata Uang ini tidak bisa diganti, bila sudah daftar akun Impact!

masukan usd di canva afiliasi

Pilihlah Pajak “Indirect Tax” atau “Pajak Tidak Langsung”

Pilihlah Pajak Indirect Taxatau Pajak Tidak Langsung

Masukkan media promosi, minimal 1 (boleh lebih).

media promosi canva afiliasi

Apabila sudah klik “Sign Up” / “Daftar” dan verifikasi email, tunggu, pengajuan afiliasinya sedang direview oleh Canva

Apabila diterima prgam Afiliasi Canva, akan mendapat email dengan Subyek “Selamat Datang di Prgram Afiliasi Canva Pro”

Supaya cepat diterima jadi bagian dari canva afiliasi dan mendapatkan uang dari canva ajukan saja dengan cara mengisi google form dan nanti kami akan mengajukan supaya anda bisa cepat diterima jadi afiliasi canva pro.

Diisi Yah supaya kami bisa mengajukan anda ke tim canva berikut Linknya Google form

Dan masih banyak situs yang memberikan bagi hasil atas penjualan produk mereka, dan hypetus hanya memberikan situs yang banyak yang bergabung saja.

Hal Penting Sebelum Menjadi Seorang Affiliate:

Hal Penting Sebelum Menjadi Seorang Affiliate:

Berikut ini 6 hal yang harus Anda perhatikan sebelum menjadi seorang Affiliate Marketing:

  • Beritahu pada pembaca atau pengunjung situs anda saat anda menggunakan affiliate link.
  • Hanya pilih produk atau jasa yang anda rekomendasikan tanpa reservasi terlebih dahulu.
  • Cari yang terbaik. Produk atau jasa yang telah anda gunakan sendiri adalah yang terbaik berdasarkan dengan pengalaman anda.
  • Usahakan anda bisa menjadi seorang affiliate dari perusahaan besar kemudian promosikan beberapa produk mereka.
  • Pilih produk atau jasa yang relevan dengan target anda. Mulailah dengan standard yang tinggi.
  • Mempromosikan barang yang buruk akan membuat anda terlihat buruk.
  • Cari transaksi affiliate terbaik.
  • Jangan mudah menyerah.

Mulailah dengan banyak percobaan. Percobaan dengan jaringan yang berbeda, tipe konten,ukuran iklan, link teks vs gambar, penempatan di halaman anda, dll.

Perhatikan persyaratan atau ketentuan dari program yang anda ikuti. Contohnya, beberapa program tidak mengizinkan anda untuk memasukkan affiliate link di email.

Cara Mencari Produk atau Jasa:

Untuk menjalankan bisnis affiliate marketing, anda tidak bisa asal-asalan memilih produk atau jasa.

Produk atau jasa yang telah anda gunakan dan sukai bisa dijadikan sebagai rekomendasi. Berikut beberapa cara mencari produk atau jasa yang bisa Anda promosikan:

Cari sebuah produk atau jasa yang anda sukai dan kunjungi website yang membicarakan tentang produk tersebut.

Cari link (biasanya terdapat di footer) mengenai “affiliate”, “affiliate program”, “referral program” atau semacamnya. Ikuti link tersebut untuk sign up (daftar).

Cari istilah seperti “(produk) affiliate program” atau “target affiliate program”. Jika saat pertama kali anda mencari namun tidak menemukan apapun, cobalah mengulanginya lagi mungkin ada bagian yang terlewatkan. Jangan terlalu mudah menyerah. Terkadang ada banyak fariasi kata atau istilah yang digunakan.

Catat produk affiliate lainnya di niche yang anda gunakan. Lihat pada situs mereka. Baca artikel-artikel mereka. Apa saja yang ada di sidebar mereka?

Apa saja link mereka? Jika anda menemukan produk atau jasa yang mereka bahas seperti produk atau jasa yang anda pilih, anda bisa mempromosikannya juga, cari informasi affiliate dengan metode yang telah ditentukan.
Cara lain untuk mencari produk atau jasa adalah bergabung dengan jaringan affiliate (affiliate network) dan perhatikan promosi affiliate mereka yang telah tersedia.

Faktanya, banyak perusahaan yang menawarkan program affiliate melalui jaringan affiliate.

Saat anda mencari produk yang memungkinkan untuk promosi, sebaiknya anda bergabung dengan jaringan affiliate tersebut.

Hal ini akan menguntungkan anda sebab anda akan mengakses banyak produk.

Apa itu Jaringan Affiliate (Affiliate Network)?

Affiliate Network

Diatas tadi, sedikit banyak kami sudah menyinggung tentang jaringan affiliate. Namun apa sebenarnya jaringan affiliate itu? Simak selegkapnya:

  • Jaringan affiliate itu seperti makelar. Mereka menyediakan tempat dimana vendor bergabung dengan para affiliate.
  • Dalam perjanjian, biasanya jaringan affiliate membuat daftar di website mereka.

Ketika anda bergabung dengan jaringan affiliate, anda bisa log in dan melihat “campaign”, “offer”, atau “marketplace” yang tersedia untuk promosi.

Ada beberapa jaringan affiliate yang mengharuskan anda untuk menggunakan penawaran yang spesifik untuk produk tertentu, dan ada pula yang tidak, tergantung pada ketentuan jaringan affiliate dan pemasang iklan.

Ketika anda sudah paham mengenai promosi produk tertentu dan anda mengetahui persyaratan dari penawaran tersebut, carilah daftar tombol yang ada, banner, link teks, dll dari produk tersebut.

Pilihlah salah satu yang paling anda sukai dan salin kode yang mereka berikan pada anda. Kode tersebut terdapapat ID unik anda.

Gunakan link tersebut ketika anda mempromosikan sebuah produk.

Keuntungan dari jaringan affiliate untuk pemasang iklan adalah mereka tidak perlu menjalankan program affiliate mereka sendiri.

Sedangkan untuk para affiliate yaitu jaringan affiliate ini seperti one-stop shopping dan mereka tidak perlu mencari program affiliate dari perorangan.

Tentu saja, jaringan affiliate juga berguna untuk jaringan affiliate sebab mereka berlaku sebagai makelar dan mendapatkan keuntungan dengan mudah sekali.

Sekian artikel tentang Affiliate Marketing yang sudah hypetuts ulas semoga bisa bermanfaat dan bisa mendapatkan pundi-pundi uang diinternet.