Ingin Menjadi Ahli Digital Marketing Pelajari 6 Hal Ini

  • Bagikan
digital marketing

Industri digital berkembang dengan sangat cepat. Dan ini semua bisa sulit untuk diikuti para pendatang baru atau mereka yang baru mengikuti tentang dunia digital.

Lalu, bagaimana kita tetap bisa untuk berkompetisi dengan para kompetitor bisnis di dunia digital marketing? Tentunya kita perlu untuk beradaptasi untuk tetap eksis.

Salah satunya adalah dengan mempelajari dan beradaptasi dengan dunia digital marketing atau pemasaran digital.

Tentu saat ini kita bisa saja memanfaatkan jasa digital marketing untuk mengembangkan bisnis kita. Agensi digital marketing ini bisa sangat membantu bisnis untuk terus berkembang.

Tapi, tidak ada salahnya untuk mempelajari digital marketing sendiri.

Hal ini akan sangat menguntungkan untuk bisnis Anda. Saat kita sudah menguasainya dengan baik, kita tidak akan kesulitan untuk melakukan berbagai hal tentang pemasaran digital.

Saat kita menggunakan agensi atau jasa digital marketing, kita jadi lebih paham akan langkah yang diambil oleh pemberi jasa tersebut.

Karenanya, kita perlu untuk mempelajarinya. Paling tidak, memahami berbagai dasar dari digital marketing.

6 skill Mendalami Digital Marketing

skill Mendalami Digital Marketing

Untuk itu, berikut ini adalah 6 skill yang perlu dimiliki dan dipahami untuk terus bisa mengikuti perkembangan cepat dari dunia digital.

Video

ahli Video

Video dengan terus menerus dengan cepat mengambil alih Internet dan tampaknya hal ini tidak akan berhenti.

Video sendiri memiliki potensi untuk menangkap perhatian dari konsumen di beragam website bisnis paling tidak selama dua menit lebih lama dari pada biasanya.

Dan sebuah video yang baik akan bisa meningkatkan kesempatan kenaikan Google rangking lebih tinggi lagi.

Ditambah juga, lebih dari 80% konsumen akan senang membeli suatu barang setelah menonton video informasi lengkap barang tersebut.

Apa yang membuat video lebih menarik banyak perhatian? Karena video bicara seakan secara personal.

Ketika mereka bisa melihat wajah perusahaan dalam video, mereka akan memiliki kedekatan dengan brand yang diusung.

Selain itu, video juga bisa digunakan dan dipasang di berbagai macam jenis platform.

Seorang digital marketing profesional memang tidak perlu mengetahui seluruh hal tentang produksi video. Tapi mengetahui bahwa bagaimana memproduksi video secara sederhana dan cepat tentu bisa sangat berguna.

SEO dan SEM

SEO dan SEM

Search Engine Optimization (SEO) adalah kunci untuk seluruh tingkatan digital marketing. Semua orang yang terlibat dalam pemasaran digital, paling tidak harus memahami dasar SEO.

Baca Juga : Contoh Artikel Seo Friendly Dan 7 Teknik Penulisannya

Para pelaku digital marketing bisa saja meninggalkan hal-hal teknis, untuk mereka yang lebih memahami.

Dengan memiliki tim yang memiliki keahlian di masing-masing bidang dalam SEO akan sangat penting untuk menjalankan pemasaran digital.

Baik SEO dan Search Engine Marketing (SEM) adalah keseluruhan strategi digital baik dalam bentuk data maupun bentuk konten.

Kita harus bisa mengkomunikasikannya dengan tim. Sehingga sangat penting untuk kita memahami dasarnya.

Content Marketing

Content Marketing

Konten adalah inti dari digital marketing, dan konten marketing akan terus menjadi sebuah bagian krusial dari kapan pun juga.

Tapi konten marketing adalah hal sebuah pekerjaan yang terpisah dari hal lain.

Kita harus memahami bahwa tidak hanya membuat beragam konten berkualitas dan ramah SEO, kita juga harus memahami bagaimana audiens bisa tertarik akan konten tersebut secara efektif.

Dan yang lebih menantang lagi, sangat penting untuk mengetahui bahwa konten harus dibuat dalam beragam bentuk untuk bermacam platform.

Video, email, sosial media, konten web, blog, ebook, hingga pesan singkat, dan lain sebagainya.

Kita perlu untuk menyadari dan mempelajari juga bahwa pemasaran media sosial akan sangat berhubungan dengan konten marketing.

Kita akan perlu untuk membuat strategi dalam menentukan tujuan bisnis, mengembangkan campaign dan juga terus memonitor analitik.

Data dan Analytics

Data dan Analytics

Apapun strategi dari digital marketing yang dikerjakan, Google Analytics tetap akan menjadi pusat dari langkah tersebut.

Memonitoring dan melaporkan lewat perangkat tersebut sangat penting, tapi kita tetap perlu untuk mempelajarinya agar bisa mendapatkan hasil analisa terbaik dari data yang ada.

Informasi yang direkam atau dikumpulkan akan bisa membuat kita mempelajari kebiasaan konsumen dan mengaplikasikannya menjadi sebuah strategi baru menggaet traffic atau konversi.

Kebanyakan bisnis, terutama menengah dan mikro, akan memiliki data yang besar unttuk dilihat, dan seorang digital marketer perlu untuk memahami bagaimana mengumpulkan dan menggunakan data tersebut sebagai keunggulan.

Kebanyakan perusahaan tidak hanya mencari orang yang bisa “membaca” data ini, tapi untuk mengetahui cara menggunakan data untuk meningkatkan strategi bisnis di kemudian hari.

Jika kita bisa mengeksekusi data dengan cara yang inovatif, kita akan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, dan tentu akan menjadi sebuah aset yang berharga untuk perusaahaan.

Desain Thinking

Desain Thinking

Design thinking adalah sebuah istilah yang garis besarnya mengacu pada sebuah cara dalam menghadapi masalah lewat sudut pandang pengguna.

Langkah ini bisa mengajak kita sebagai pemasar, berpikir secara manusiawi ketika menghadapi masalah kompleks yang besar.

Hal ini sangat penting dalam digital marketing karena beragam hal dilakukan dan dieksekusi berdasarkan user experience atau pengalaman pengguna.

Pendekatan ini juga bisa digunakan tanpa harus terus berjalan maju.

Beragam ide yang dekat dengan pengguna bisa dilakukan lagi dan lagi di masa depan. Suatu strategi yang pernah dicoba, bisa berhasil kembali saat digunakan di masa depan.

Hal ini karena kebiasaan setiap orang berbeda dan tren kebiasaan juga biasanya berupa siklus yang terus berputar.

Desainer dan developer biasanya sering menggunakan pendekatan ini. Walaupun kita bukan desainer atau developer, penting untuk memahami desain thinking dan mengaplikasikannya dalam setiap langkah degital marketing.

Karena bagaimana pun juga, kebiasaan orang adalah hal yang mendasari seseorang membeli sebuah barang atau tidak.

Piawai Teknologi

Piawai Teknologi

Piawai teknologi atau tech savvy adalah skill lain yang perlu dimiliki oleh seorang digital marketer.

Bagaimana tidak, industri yang diikuti adalah industri yang dimotori oleh teknologi, sehingga kita perlu mempelajarinya dengan cepat.

Jika kita adalah seorang generasi millennial atau yang lebih muda, ini adalah hal yang mudah mengingat kita memang lahir dan familier dengan teknologi.

Tapi akan sulit jika kita adalah seorang yang lahir dari generasi yang lebih tua dari itu. Walaupun sulit, bukan berarti tidak bisa dipelajari.

Karena bagaimana pun juga, pemasaran digital lahir dari mereka yang memang generasi lebih senior.

Piawai teknologi ini dalam beragam hal. Mulai dari mengetahui berbagai macam alat dan teknologi digital terbaru, software yang digunakan di dalamnya, media sosial, komunikasi digital, dan sebagainya.

Paling tidak, kita harus bisa memahami beragam hal digital. Kita tidak perlu memahami koding atau bahasa pemrograman secara fasih, tapi kita cukup memahaminya.

Atau, saat kita bisa mahir menggunakan sistem konten managemen (CMS), seperti WordPress atau Blogger misalnya, maka kita bisa dengan mudah memahami dan membuat konten untuk digital marketing.

  • Bagikan