7 Prospek Kerja Manajemen Yang Harus Kamu Ketahui

  • Bagikan
Prospek Kerja Manajemen

Prospek kerja manajemen itu sangat luas dan bagus sekali dengan gaji yang tinggi. Tiap bentuk organisasi dan lembaga perusahaan memerlukan manajemen yang baik agar bisa berjalan dengan secara efektif efisien dan optimal mencapai tujuannya.

Ilmu manajemen sangat diperlukan di setiap bidang. Tak heran jika tiap perguruan tinggi menyediakan jurusan manajemen ini dalam berbagai variasi fokus bahasannya atau spesialisasinya.

Prospek Kerja Manajemen

Kerja Manajemen

Berikut ini beberapa prospek kerja tersebut.

Pengajar

Pengajar

Prospek Kerja Manajemen yang pertama Setelah lulus maka alumni Fakultas manajemen yang memiliki nilai IPK (Indeks Prestasi Manajemen) tinggi bisa berkecimpung di bidang pendidikan ilmu manajemen menekuni teori manajemen dengan menjadi dosen atau pengajar di bidang manajemen.

Baca Juga : 3 Prospek Kerja Akuntansi Bagi yang Akan Masuk Jurusan Ini

Sebagai pengajar cukup persyaratan kelulusan S1 tapi untuk menjadi dosen minimal harus S2.

Mengenai gajinya rata-rata dosen ilmu manajemen lebih besar pendapatannya jika dibandingkan dengan dosen di bidang keilmuan yang lainnya.

Selain gaji yang lebih tinggi juga berbagai tunjangan fasilitas serta pendapatan sampingan sebagai pembicara atau penulis buku dan lain sebagainya yang lebih banyak.

Manajer Pemasaran

Manajer Pemasaran

Prospek Kerja Manajemen selanjutnya yaitu menjadi manajer pemasaran, Lulusan manajemen juga bisa memilih fokus kerja pada bidang manajemen pemasaran dengan menjadi manajer pemasaran.

Hampir tiap perusahaan atau lembaga komersiil yang bertujuan mencari laba dan menjual produk baik itu yang berupa barang atau jasa pasti memerlukan manajer pemasaran.

Gajinya pun tak main-main. Minimal puluhan juta per bulan, belum termasuk dengan fasilitas serta bonus komisi jika target penjualan terlampaui.

Semakin besar perusahaannya semakin tinggi pula standar gajinya.

Manajer SDM

Manajer SDM

Lulusan manajemen juga bisa bekerja sebagai manajer SDM (Sumber Daya Manusia).

Bidang kerja ini memang sangat tepat untuk diisi oleh lulusan manajemen jika dibandingkan dengan diisi oleh lulusan Fakultas psikologi yang lebih sempit dan terbatas ilmu manajemen SDM nya.

Hal ini karena bidang manajemen SDM tak hanya masalah perekrutan karyawan saja, tapi lebih luas daripada hal itu yang tak dipelajari di bidang ilmu psikologi, tapi dipelajari dalam ilmu manajemen SDM.

Mencakup proses sejak awal masuk, lalu setelah di dalamnya juga hingga proses pelepasannya dari perusahaan atau organisasi.

Gaji sebagai manajer SDM pun cukup tinggi. Semakin besar perusahaannya maka akan semakin tinggi pula standar gajinya. Minimal puluhan juta Rupiah.

Manajer Keuangan

Manajer Keuangan

Meski seringkali bidang pekerjaan ini diisi oleh lulusan akuntansi dan yang lainnya.

Namun bidang pekerjaan ini lebih tepat diisi oleh lulusan manajemen keuangan yang secara khusus dan lebih luas serta menyeluruh mempelajari bidang manajemen keuangan suatu organisasi atau perusahaan.

Standar gajinya juga tinggi untuk bidang pekerjaan ini.

Manajer Produksi

Manajer Produksi

Peran ilmu manajemen juga sangat penting dalam proses produksi. Sehingga peluang kerja di bidang ini sangat terbuka lebar bagi para lulusan Fakultas manajemen.

Gajinya pun tak kalah tingginya.

Perbankan

Bank pun perlu dimanage dengan baik. Sehingga lulusan Fakultas manajemen sangat diperlukan di perbankan.

Gaji para pekerja di bidang perbankan lebih tinggi di atas rata-rata. Lulusan manajemen dapat menduduki berbagai posisi di bank tempatnya bekerja. Sangat fleksibel dan luas cakupannya.

Baca Juga : 6 Macam Jabatan Pegawai Bank Beserta Tugasnya

Konsultan Bisnis

Prospek Kerja Manajemen yang terakhir Selain di dalam maka lulusan manajemen juga bisa berkiprah di bidang manajemen dari luar organisasi atau perusahaan dengan menjadi konsultan yang menjadikan Prospek Kerja Manajemen ini sangat baik.

Bidang pekerjaan sebagai konsultan bisnis ini sangat diperlukan selain konsultan hukum.

Bahkan bisa saling bekerja sama untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh banyak perusahaan besar.

Pendapatannya juga tinggi. Fee tarif biaya konsultasinya bervariasi namun selalu cukup tinggi.

Masih banyak lagi jenis pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan ilmu manajemen itu.

Bahkan selaku pengusaha dan pelaku wirausaha pun sangat memerlukan ilmu manajemen ini agar bisa sukses.

  • Bagikan