10 Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Anak 4 Tahun

0
56 views
Mengobati Batuk Anak
Mengobati Batuk Anak

Pastinya ibu akan merasa kerepotan pada saat si kecil yang masih berusia 4 tahun mengalami batuk. Pada saat anak sakit maka hati setiap ibu akan merasa sakit, dan si buah hati pun akan susah tidur dan susah makan.

Untuk mengobati batuk anak 4 tahun ini, ibu bisa saja membawanya periksa ke dokter.

Tetapi sebelum membawanya ke dokter, maka ada baiknya ibu mencoba terlebih dahulu mengobatinya secara alami dengan menggunakan bahan bahan alami.

Berikut 10 bahan alami untuk mengobati batuk anak 4 tahun diantaranya yaitu :

1. Air Garam

Air Garam
Air Garam

Pertama tama garam halus dicampurkan dengan air hangat, kemudian ajarkan si kecil untuk berkumur dengan air garam tersebut. Dengan melakukan hal ini maka akan dapat membantu anak sembuh dari penyakit batuknya.

2. Kacang Almond Dan Susu

Kacang Almond Dan Susu
Kacang Almond Dan Susu

Pasta kacang almond dicampurkan dengan susu hangat, lalu minta anak untuk menjilati campuran tersebut setiap hari hingga sembuh sebanyak 3 hingga 4 kali. Dengan menggunakan campuran tersebut maka akan dapat membantu untuk mengurangi gejala batuk yang dialami anak.

3. Susu Dan Kunyit

Susu Dan Kunyit
Susu Dan Kunyit

Untuk mengobati batuk anak 4 tahun juga ibu bisa memanfaatkan susu yang dicampur dengan kunyit.

Campuran tersebut tidak hanya sebagai obat batuk anak 4 tahun saja tetapi juga dapat mengobati penyakit yang lainnya seperti tenggorokan kering, hidung meler, ataupun sakit tenggorokan pada saat anak mengalami batuk pilek.

Selain itu kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengobati infeksi virus karena memiliki kandungan antiseptic.

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu siapkan terlebih dahulu susu hangat. Lalu tambahkan bubuk kunyit sebanyak ½ sdt kemudian aduk rata. Minumkan ramuan tersebut pada anak setiap malamnya sebelum tidur.

4. Madu

Madu
Madu

Madu merupakan salah satu obat batuk anak secara alami yang cukup ampuh. Pasalnya madu mengandung anti mikroba yang dapat melawan virus penyebab batuk.

Madu yang berasa manis itu akan membantu produksi saliva yang dapat mengencerkan lendir sehingga akan mudah dikeluarkan.

Untuk menggunakan madu sebagai obat batuk anak ini ada banyak cara yang bisa dilakukan.

Misalnya saja dengan mencampurkannya bersama air perasan lemon, atau juga bisa dengan mencampurkannya bersama jahe. Tetapi pastinya kesemua caranya itu sama sama efektif dan mampu meredakan gejala batuk yang dialami anak.

5. Lemon

Lemon
Lemon

Kandungan senyawa yang ada didalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat melawan sakit dan juga radikal bebas didalam tubuh. Cara memanfaatkannya adalah campurkan air perasan lemon dengan madu.

Jika anak suka dengan rasanya maka berikan potongan jeruk lemon kepada si kecil untuk dihisapnya.

6. Jahe

Jahe
Jahe

Kandungan antivirus yang ada didalam jahe dipercaya ampuh dapat melawan batuk yang dialami anak. Karena jahe ini memiliki rasa dan aroma yang cukup kuat, maka pada saat menggunakannya mungkin harus dicampurkan dengan madu sehingga anak tidak akan kesulitan untuk meminumnya.

Atau ibu juga bisa membuat wedang jahe hangat, minuman ini akan dapat menghangatkan tenggorokan si kecil dan juga akan terasa lebih hangatnya tubuh si kecil.

Cara membuatnya sangatlah mudah yaitu :

• Siapkan jahe sebanyak 1 ruas lalu cuci bersih, kemudian bakar hingga keluar aromanya.

• Jahe bakar tersebut digeprek lalu rebus dalam air sebanyak 200 ml hingga mendidih.

• Kemudian tambahkan madu atau gula merah sesuai dengan selera.

• Minumlah ramuan tersebut selagi hangat.

7. Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Untuk mengobati batuk anak secara efektig juga ibu bisa memanfaatkan sari bawang putih. Tetapi karena terlalu kuat baunya sehingga kemungkinannya si kecil tidak akan meyukainya.

Oleh karena itu ibu bisa mencampurkan jus bawang putih dengan madu, sehingga rasanya akan jauh lebih enak dan si buah hati mau meminumnya.

Selain itu ada alternatif yang lainnya yaitu dengan membuat ramuan bawang putih bakar dan minyak, lalu gunakan ramuan tersebut untuk dipijatkan pada bagian leher dan dada si kecil. Dengan melakukan cara ini maka dipercaya akan dapat meredakan gejala batuk si kecil.

8. Sup Ayam

Sup Ayam
Sup Ayam

Telah ditemukannya manfaat anti peradangan yang ada didalam semangkuk sup ayam oleh beberapa peneliti. Dengan mengkonsumsi sup ayam maka akan dapat membantu meredakan gejala pilek, batuk, dan juga radang tenggorokan.

Sup ayam ini harus dimakan selagi hangat, bumbu rempah yang ada didalam sup ayam tersebut bermanfaat sebagai obat herbal alami yang berfungsi untuk melawan virus penyebab batuk pada anak.

9. Cuka Apel

Cuka Apel
Cuka Apel

Kandungan anti bakteri yang ada didalam cuka apel dapat membunuh pathogen jahat yang ada didalam tubuh. Selain itu juga dapat membunuh kuman yang merupakan penyebab terjadinya infeksi dan sakit tenggorokan.

Cara memanfaatkannya adalah dengan mencampurkan cuka apel sebanyak 1 sdm dengan parutan jahe dan madu.

10. Bunga Lawang

bunga lawang
image : Kompas Lifestyle

Biasanya bunga lawang akan digunakan sebagai bumbu masakan tradisional.

Kandungan herbal yang ada didalam rempah ini dapat membantu membersihkan lendir disaluran pernapasan. Selain itu juga akan memudahkan anak untuk mengeluarkan dahak sehingga akan lebih cepat sembuh.

Dengan menggunakan bahan alami maka ini akan menjadi cara aman untuk mengobati batuk pada anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here