PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Mau Membeli Laptop Baru, Baca Dulu Tips 8 Panduan Ini

Membeli Laptop Baru

Bingung mau membeli laptop baru atau second yah, Saat ini laptop menjadi kebutuhan pokok bagi seseorang yang bekerja secara mobile. Berbeda dengan PC desktop, laptop bisa kita bawa kemana saja sehingga lebih fleksibel penggunaanya.

Hal ini yang menyebabkan laptop lebih baik dimiliki bagi seseorang yang tidak selalu bekerja di kantor saja.

Membeli laptop baru juga membutuhkan beberapa pertimbangan supaya tidak menyesal nantinya.

Jangan hanya terpengaruh model atau harganya saja tetapi ternyata spesifikasinya tidak sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Panduan Membeli Laptop Baru

Inilah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli laptop baru.

1. SPESIFIKASI DAN HARGA LAPTOP MELALUI MEDIA INTERNET

Spesifikasi Laptop

Pertama sebelum membeli laptop baru adalah melakukan survey terlebih dahulu di internet. Sesuaikan dengan kebutuhan, budget dan spesifikasi dari laptop tersebut. Apakah sudah sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan atau belum.

Jangan sampai Anda membeli sebuah laptop dengan harga over price atau terlalu mahal karena tidak tahu harga pasaran dari laptop tersebut.

Jika Anda sudah memiliki gambaran dari tipe atau seri dari laptop yang Anda inginkan dan masih ingin membandingkannya, silahkan cari mengenai kelemahan dan kelebihan dari masing-masing pilihan yang akan Anda pilih nantinya.

Apalagi jika Anda membeli online, maka Anda harus benar-benar mencari tahu terlebih dahulu identitas spesifikasi laptop tersebut.

Atau jika mempunyai teman yang mengerti tentang gadget tersebut Anda bisa meminta bantuannya dalam memilihkan jenis laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. BATERAI

Baterai Laptop

Perhatikan juga kapasitas baterai pada laptop yang akan Anda beli. Laptop jaman sekarang yang identik tipis biasanya menggunakan baterai jenis tanam (non removeable) seperti pada beberapa jenis smartphone.

Jadi Anda tidak bisa melakukan bongkar pasang dengan bebas seperti pada baterai yang removable.

Kapasitas dan jenis baterai juga harus Anda pertimbangkan karena berpengaruh pada masa tahan baterai itu sendiri.

Beberapa jenis baterai laptop di antaranya adalah Nickel Cadmium (Ni-Cd), Nickel Metal Hydride (Ni-MH), Baterai Lithium-Ion (Li-Ion) dan Smart Laptop Battery.

Jangan sungkan tanyakan kepada pemilik toko mengenai pengantian baterainya, karena ada beberapa jenis seri laptop yang baterainya sulit untuk di cari.

Jika memungkinkan cari laptop yang terdapat fitur Auto cut pada pengisian daya baterainya.

Jadi saat Anda melakukan pengecasan dan baterai full, maka otomatis baterai tidak mengisi dan laptop langsung mengambil daya dari arus listrik cas tanpa kita harus melepas colokan listrik.

Baca Juga : Mau Upgrade laptop atau beli baru ? ini dia Jawabannya

3. RAM

Ram Laptop

Seperti halnya perangkat baterai, Ram pada laptop pada jaman sekarang juga banyak yang berjenis tanam.

Jadi Anda tidak bisa melakukan bongkar pasang lagi seperti pada laptop jenis lama.

Hal ini tentu saja akan menyulitkan pada saat pengupgradean kapasitas Ram, karena bisanya laptop jenis ini hanya tersedia satu Slot saja yang bisa di upgrade atau di tambah Ramnya (biasanya terdiri dari satu slot ram tanam dan satu slot ram yang masih bisa di bongkar pasang).

Bayangkan saja jika slot yang bisa di bongkar pasang tersebut rusak, hal ini akan membatasi pengupgradean Ram Anda nantinya.

Sebenarnya penggunaan ram tanam ini juga memiliki kelebihan yang berpengaruh pada peningkatan kecepatan akses laptop tersebut, tetapi juga memiliki kelemahan dalam kefleksibelan bongkar pasang atau upgrade dari ram tersebut.

4. CPU / PROSESOR

Prosesor Laptop

Cpu pada laptop sebenarnya banyak merknya, yang cukup terkenal di kalangan umum adalah Intel dan AMD.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa merk lainnya walaupun kurang terkenal seperti dua brand tersebut seperti ARM, CYRIX, TRANSMETA, VIA, CENTAUR dan mungkin merk lainnya yang belum terlalu sering kita dengar keberadaannya.

Silahkan pilih jenisnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Masing-masing jenis tersebut tentu memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

5. GRAPHIC CARD / KARTU GRAFIS

Graphic Card Laptop

Sebelum membeli laptop baru alangkah baiknya memperhatikan Graphic card pada sebuah laptop yang akan kita beli.

Kartu grafis ini akan sangat Anda butuhkan jika Anda bekerja pada hal-hal yang berkaitan dengan desain, Game, dan pekerjaan sejenis yang membutuhkan grafis tinggi.

Semakin tinggi kartu grafik yang Anda miliki tentu saja akan membuat tampilan yang lebih baik dan kualitas gambar tidak patah-patah saat mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan grafik tinggi.

Beberapa kartu grafik yang cukup terkenal adalah AMD, Intel, dan NVidia tetapi biasanya yang menjadi prioritas adalah AMD dan NVidia untuk kebutuhan grafik yang tinggi.

6. KAPASITAS PENYIMPANAN

Kapasitas harddisk bisa Anda tentukan sesuai kebutuhan Anda nantinya, beberapa contoh kapasitas harddisk saat ini yang umumnya tersedia di pasaran adalah 500 GB, 1 TB, 2 TB dll.

Jika kebutuhan Anda biasa saja, Harddisk 500 GB juga sudah termasuk besar sebagai media penyimpanan pada laptop.

Selain harddisk, Anda juga bisa memilih SSD (Solid state drive) yaitu media penyimpanan jenis baru yang memiliki kecepatan hingga 8x lebih besar dari harddisk biasa namun harga jauh lebih mahal.

Mengapa harddisk perlu kecepatan tinggi ? hal ini akan menjadikan performa laptop lebih cepat, jika harddisk dan ram juga cpu sama-sama mendukung, maka performa tentu akan lebih baik lagi.

7. UKURAN DIMENSI LAPTOP

Ini juga menjadi faktor yang perlu Anda pertimbangkan. Ukuran laptop sangat berpengaruh pada mobilitas Anda.

Ukuran laptop yang standar di gunakan bisanya adalah 14 inch. namun ada juga yang 15 inch lebih atau juga di bawah 14 inch.

Jika untuk kebutuhan multimedia, layar yang besar tentu lebih baik lagi. Tetapi memang sedikit menurunkan mobilitas Anda.

Tetapi jika hanya akan digunakan untuk kebutuhan biasa saja, layar 14 Inch sudah sangat tepat untuk Anda pilih.

Dimensi ini biasanya juga akan berpengaruh terhadap bobot dari laptop itu sendiri.

Baca Juga :

8. BRAND LAPTOP

Kenapa harus memilih brand pada saat mau Membeli Laptop Baru? bukankah semua brand sama saja yang membedakan adalah speknya ?. tidak seratus persen benar seperti itu.

Masing-masing brand biasanya memiliki kelemahan, baik dari sisi hardware, sisi service, atau klaim garansinya. misalnya ada brand merk A, laptopnya cepat panas.

Merk B, klaim garansi dipersulit, Merk C, Mainboard sering bermasalahdan kasus lainnya.

Tetapi tidak setiap satu brand memiliki semua kelemahan tersebut. Hal tersebut juga tergantung dari seri laptop tersebut.

Apakah Anda pernah melihat suatu laptop dengan spesifikasi yang sama dengan merk berbeda tetapi harganya jauh berbeda ?

Hal tersebut tentu tidak terlepas dari kualitas material fisik yang mereka gunakan yang menyebabkan terjadinya perbedaan harga pada laptop tersebut.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan jika Anda ingin membeli laptop baru. Membeli laptop tidak sama dengan membeli PC.

Karena laptop tidak bisa seperti PC yang part-partnya bisa kita ganti secara bebas. Pada laptop ada part-part tertentu yang memang tidak bisa di ganti dan juga ada batasan-batasannya.

Part pada laptop yang umumnya bisa di ganti atau upgrade biasanya hanya Ram atau penggantian baterai saja, tetapi dengan adanya sistem tanam yang sudah di terapkan pada baterai dan ram pada laptop saat ini,

Kita tidak bisa memprediksi kedepannya apakah semua part akan ditanam mati pada mainboard laptop itu sendiri atau pihak brand laptop tersebut masih memberikan kebebasan untuk melakukan bongkar pasang atau upgrade dari part-part pada laptop tersebut.

Demikian informasi menarik seputar Mau Membeli Laptop Baru, Baca Dulu Tips Panduan Ini.

Nantikan artikel informatif seputar teknologi lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!