Keselamatan Kerja

Jaga Diri Dengan 6 Tips Keselamatan Kerja

Diposting pada

Masuk dunia kerja pasti khawatir sama bos dan rekan kerja? Bener ga? Nyatanya, ada satu yang perlu kamu perhatikan yaitu keselamatan kerja.Mau tahu tipsnya? Yuk, kita cari tahu!

Saat memasuki dunia kerja biasanya pasti muncul kekhawatiran tentang lingkungan perusahaan,sehingga terkadang keselamatan kerja sering diabaikan.

Tau ga sih, kalo ini juga mencakup kesejahteraan kamu? Kesejahteraan kerja tidak hanya mencakup tentang hak cuti, libur, sakit,upah lembur, dll tapi juga berbicara tentang keselamatan saat bekerja.

Baca Juga : Prospek Kerja Ilmu Komunikasi, Biasanya Apa Saja Ya?

Khususnya, jika kamu memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan mesin atau alat yang membutuhkan tingkat keamanan yang ekstra.

Karena, menurut data ILO setiap 15 detik ada 1 pegawai yang meninggal karena kecelakaan di tempat kerja. Mengerikan bukan?

Perusahaan yang berkualitas, pasti sudah memiliki prosedur keselamatan ini. Tinggal nanti bagaimana kamu sebagai karyawan dapat menjaga diri dengan baik.

Keselamatan Kerja

Tips Keselamatan Kerja

Nah, untuk membantu kamu supaya lebih siap lagi berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menjaga diri saat bekerja.

Menggunakan alat keselamatan

Hal paling pertama yang wajib kamu perhatikan adalah menggunakan alat keselamatan.

Sebagai karyawan yang bekerja di area pembangunan maupun pabrik hal ini merupakan hal yang wajib untuk kamu patuhi.

Karena, kerusakan mesin atau kecerobohan pegawai bisa saja terjadi di tempat kerja, yang dapat membahayakan keselamatan bersama.

Jadi, cara untuk mengantisipasi kejadian di luar kendali adalah tetap memakai pelindung. Lalu, jangan lupa juga untuk mengecek alat keselamatan kerja yang kamu gunakan. Pastikan alat tersebut layak untuk digunakan.

Memperhatikan area sekitar

Nah, hal ini juga tidak boleh terlepas dari pandangan kamu ya. Jangan sampai pikiran kamu kosong jika sedang berada di area yang memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi.

Perhatikan sekitar, agar jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kamu dapat segera menghindar.

Mencari tahu letak pintu exit

Sering liat di setiap bangunan terdapat area pintu exit atau letak alat pemadam kebakaran? Hal ini, perlu kamu perhatikan letaknya ada dimana.

Biasanya, terdapat denah yang memberikan tanda letak benda dan adanya sign untuk mempermudah saat proses keselamatan.

Hal ini sangat penting untuk kamu hafal,supaya ketika terjadi keadaan darurat seperti kebakaran atau gempa bumi kamu bisa segera keluar.

Menggunakan alat dengan benar

Sebelum menggunakan alat, pastikan untuk mengedukasi diri kamu sebelum memakainya. Karena setiap alat beragam dan pastinya memiliki prosedur masing-masing.

Jangan sampai karena terburu-buru akhirnya kamu menjadi lupa akan keselamatan diri sendiri.

Membuat laporan setiap ada kerusakan

Jangan ragu untuk memberitahu kepada atasan dengan kerusakan yang terjadi pada alat kerja. Sekecil apapun itu, jika tidak segera diperbaiki akan sangat berbahaya bagi keselamatan pekerja.

Memanfaatkan waktu istirahat

Mengalami kelelahan merupakan salah satu akibat mengapa sering terjadi kecelakaan kerja pada pegawai.

Kurangnya tidur dan pola makan yang tidak benar menyebabkan tubuh menjadi lelah dan sulit berkonsentrasi.

Setiap perusahaan pasti memberikan waktu istirahat kepada pegawai.

Jika merasa lelah,kamu bisa menggunakan waktu tersebut untuk mengisi energi agar pikiranmu bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan.

Bayangkan, kamu duduk dan menatap layar komputer tanpa istirahat? Pasti lelah kan? Nah, maka dari itu jangan gunakan kesempatan istirahat dengan menghabiskan energi untuk hal lain ya!

Menjaga keselamatan kerja bukan hanya tugas perusahaan tetap juga pegawai yang bekerja di dalamnya. Jadi, pastikan untuk selalu berhati-hati, ya!