6 Cerita Legenda Pulau di Indonesia, Masih Jadi Misteri

  • Bagikan
Cerita Legenda

Cerita Legenda di Indonesia itu tak lekang dari misteri, juga barang berbau klenik nan antik. Jadi jangan heran jika kamu selalu menemukan cerita aneh-aneh dari terkait apapun.

Satu yang masih jadi misteri besar yaitu cerita tentang terbentuknya pulau-pulau di Indonesia. Misal, kenapa pulau di Indonesia seolah terpecah-pecah ya?

Ternyata, dari sisi klenis juga bisa memberi gambaran yang meski tetap jadi misteri.

Seperti yang kamu tahu, Indonesia itu negeri kepulauan. Yang artinya, ada banyak pulau yang tersebar secara terpisah-pisah.

Baca Juga : 5 Mitos Cari Jodoh Ini Mungkin Pernah Kamu Coba

Menjadi sangat asik jika kita bicarakan tentang cerita legenda awal mula pulau yang ada diindonesia ini.

Tentu akan jadi hal menarik untuk mengulik proses terbentuknya pulau-pulau ini dari sudut pandang yang mudah dipahami, yaitu mistis.

Cerita Legenda Pulau

Cerita Legenda Pulau

Tak cuma satu atau dua pulau, menurut legenda bahkan kebanyakan pulau di Indonesia dibentuk oleh sesuatu yang tak terlihat, alias gaib.

Nusa Kambangan, Pulau Spesial Untuk Pengasingan

Nusa Kambangan
Sumber : https://www.liputan6.com/

Cerita legenda yang pertama adalah pulau nusa kambangan, Punya status sebagai Alcatraz-nya Indonesia, pulau Nusa Kambangan terisolasi dan dimanfaatkan menampung penjahat kakap.

Legenda bermula ketika Dewi Wasowati ditahan dalam tubuh Resi Kano yang kemudian dibunuh Prabu Aji Pangoso.

Baca Juga : 6 Makhluk Aneh Misterius Ini Pernah Bikin Heboh di Indonesia

Untuk Balas Jasa, Dewi Wasowati memberi bunga sekaligus wadahnya berupa Nusa Kambangan.

Pulau Belitung yang Biasa Disebut Balitong

Pulau Belitung
Sumber : https://www.idntimes.com/

Cerita legenda yang kedua Konon, Pulau Belitung adalah Pulau Bali terpotong. Cerita diawali oleh putri cantik anak raja tapi punya penyakit kelamin lalu diasingkan karena raja malu.

Entah kenapa, putri tiba-tiba hamil lalu raja berdoa agar tanah pengasingan dihancurkan dewa. Doa dikabulkan, petir dahsyat dan hujan terus menerus membuat pulau ini terpotong dari Bali.

Salah Satu Pulau Terluas Yaitu Kalimantan

Kalimantan

Pulau indonesia yang dekat dengan negara tetangga ini selain luas pulau kalimantan ini tidak luput dengan ceritanya.

Menurut legenda, Pulau Kalimantan terbentuk karena dua dewa yang bertarung berebut manusia agar mau menyembah.

Satu dewa membuat gunung emas sebagai daya tarik, sedang satunya membuat gunung dari bahan mulia seperti permata, intan, dll.

Pertarungan membuat dua gunung ini meletus dan terbentuk Kalimantan.

Madura, Pulau yang Dulunya Kaya Akan Madu

Madura

Bukan hanya sate madura saja yang terkenal loh, madura mempunyai cerita legenda yaitu tentang Raden ayu tunjung sekar adalah putri kerajaan yang tiba-tiba hamil saat bermimpi bulan.

Karena malu, putri lalu diasingkan ke pulau terpencil dan melahirkan saat perjalanan.

Sampai di pulau, bayi kecil secara ajaib langsung lari-lari dan tersangkut di pohon saat akan mengambil madu. Pulau lalu dinamai madu ara yang berubah jadi Madura.

Pulau Eksotis Samosir yang Diapit Danau

pulau Samosir

Seorang pemuda menikahi Toba yang merupakan jelmaan ikan dan punya anak Samosir. Suatu kala, Samosir diminta ibunya mengantar makan ke ayahnya tapi karena lapar makanan habis di jalan.

Sang ayah marah dan mengutuk Samosir anak ikan yang lalu memberitahu ibunya. Banjir datang karena toba merasa dikhianati suaminya.

Bali Katanya Pernah Gabung Dengan Pulau Jawa

Bali

Bali menjadi acuan objek wisata turis ke indonesia, kenapa demikian karena bali mempunyai ciri khas tersendiri mulai dari pulau ataupun kebiasaan masyarakat yang berada di bali.

Pulau ini memiliki cerita yaitu Cerita legenda yang terakhir Raja Sidi Matra punya anak Manik Angkara yang suka berjudi dan terlilit hutang. Raja minta bantuan naga agar melunasi.

Mendengar ini, Manik Angkara lalu membohongi naga agar mau memberi emas. Naga lalu membakar Manik Angkara, tapi sang raja minta anaknya dihidupkan.

Raja menangis terus hingga pulau ini terpisahkan dari Jawa.

Manakah pulau yang kamu sukai dari artikel ini tulis dikolom komentar dibawah yah, jika ada kekurangan nanti saya tambahkan, sekian terima kasih.

  • Bagikan