12 Manfaat Susu Beruang Yang Belum Banyak Orang Tahu

0
1.495 views
manfaat susu beruang
manfaat susu beruang

Badan sedang terasa tidak fit atau bahkan sedang sakit?

Susu beruang banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi ketika tubuh membutuhkan energi yang lebih agar tetap fit, sakitnya lebih cepat sembuh, dan badan yang mulai merasakan gejala sakit bisa bugar kembali.

Manfaat susu beruang di kalangan masyarakat Indonesia memang lebih banyak dikenal sebagai minuman kesehatan ketika sedang sakit dan tidak fit.

Tapi tahukah Anda bahwa susu beruang punya segudang manfaat lainnya lebih dari sekedar membantu menyembuhkan tidak enak badan?

Dengan kandungan nutrisi yang tinggi susu beruang menyimpan banyak sekali manfaat bagi semua orang.

Aman dikonsumsi untuk anak-anak, orang dewasa, orang tua, bahkan juga aman untuk ibu yang sedang hamil dan menyusui.

Baca Juga artikel terkeren lainnya :

Sebelum membahas mengenai manfaat susu beruang apa saja, tahukah Anda apa yang membuat susu beruang ini begitu populer di Indonesia bahkan di dunia?

Susu beruang bukanlah susu yang diambil dari hewan beruang, melainkan susu sapi dengan nama brand Bear Brand atau disebut susu cap beruang untuk pasar Indonesia dengan gambar beruang di kalengnya.

Yang membuat susu beruang istimewa adalah ia menggunakan susu sapi berkualitas tinggi yang disterilisasi yang artinya semua bakteri termasuk bakteri patogen mati sehingga tidak ada bakteri hidup yang ada di produk susu.

Karena tidak ada bakteri yang terkandung dalam susu maka susu aman untuk dikonsumsi siapa saja. Ini dia 12 manfaat susu beruang yang masih banyak orang tidak tahu.

1.Manfaat susu beruang buat anak

manfaat susu beruang buat anak
manfaat susu beruang buat anak

Manfaat susu beruang untuk anak-anak cukup banyak karena susu ini mengandung berbagai macam jenis vitamin dan mineral seperti misalnya Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan Vitamin D serta kandungan protein yang tinggi.

Kandungan nutrisi yang tinggi ini baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak sehingga anak yang sedang sakit flu bisa diberikan susu beruang untuk menggantikan susunya yang biasa agar tubuh memiliki sistem imun yang lebih baik dan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Susu beruang bisa membantu untuk meredakan gejala-gejala ketika anak sakit flu sehingga si kecil tidak terlalu merasa menderita karena gejala yang dialaminya.

Susu beruang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan paru-paru anak, apabila dikonsumsi secara reguler, anak yang memiliki masalah pada paru-parunya bisa memiliki kondisi yang jauh lebih baik.

2. Manfaat susu beruang untuk anak 3 tahun

Manfaat susu beruang untuk anak 3 tahun

Susu beruang aman untuk dikonsumsi anak-anak usia di atas 2 tahun karena sudah lepas dari ASI dan mulai diperkenalkan dengan makanan yang padat.

Sambil diberi makanan yang padat, susu beruang dengan tekstur yang cair akan membantu anak untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi dalam bentuk makanan yang lebih mudah untuk dicerna.

Anak usia 3 tahun yang masih rentan sakit akan mendapatkan manfaat susu beruang yang bisa membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Si kecil jadi tidak mudah sakit dan gejala-gejala sakit yang dideritanya bisa segera diatasi dengan memberikan susu beruang maksimal 3 kali sehari pada pagi, siang, dan juga malam sebelum tidur.

Si kecil susah tidur? Berikan satu kaleng susu beruang untuknya sebelum tidur karena manfaat susu beruang bisa membuat si kecil tidur lebih nyenyak.

Kandungan zat di dalam susu bisa membuat tubuh jadi terasa lebih rileks sehingga anak yang sulit tidur dan sering gelisah bisa mendapatkan kebaikan susu beruang ini.

Untuk memberikan efek menenangkan yang lebih baik, berikan susu beruang dalam kondisi hangat.

3. Manfaat susu beruang untuk anak 2 tahun

Manfaat susu beruang untuk anak 2 tahun

Anak usia 2 tahun biasanya adalah anak yang baru saja lepas dari ASI.

Padahal ASI adalah sumber makanan paling berharga bagi si kecil, lalu apa makanan penggantinya yang bisa memberikan semua nutrisi yang dibutuhkannya?

Susu beruang bisa menjadi makanan pengganti susu ASI dan susu bubuk formula karena susu ini memiliki kandungan nutrisi terbaik yang paling dibutuhkan oleh si kecil untuk tumbuh kembang yang maksimal.

Proses pengemasannya yang steril membuat Anda bisa lebih tenang memberikan susu ini ke buah hati karena tidak terkontaminasi dengan bakteri,

Ia juga sangat mudah dicerna untuk pencernaan anak yang masih baru, dan tidak mengandung gula tinggi jadi anak tidak terbiasa mengonsumsi makanan yang manis-manis.

4. Manfaat susu beruang untuk ibu hamil

Manfaat susu beruang untuk ibu hamil

Ibu hamil membutuhkan nutrisi yang lengkap agar janin maupun ibu yang mengandung sama-sama dalam keadaan yang sehat.

Selain mengonsumsi makanan yang segar dan bernutrisi tinggi, manfaat susu beruang juga bisa didapatkan oleh ibu hamil.

Salah satunya adalah kandungan kolesterol yang rendah pada susu beruang bisa jadi pilihan ibu hamil untuk mendapatkan kebaikan susu tanpa khawatir akan mengalami kolesterol tinggi yang bisa membahayakan janin.

Kandungan pada susu beruang juga bagus untuk menjaga agar aliran darah tetap lancar dan bebas toksin, dengan begitu risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi saat kehamilan pun juga bisa dicegah.

Manfaat lainnya dari susu beruang adalah memberikan nutrisi untuk perkembangan otak janin yang sangat penting bagi kesehatannya kelak.

Dengan mengonsumsi susu beruang secara rutin saat hamil, risiko cacat otak pada bayi pun bisa dikurangi.

Susu beruang adalah minuman susu sapi tanpa kandungan gula jadi bagi ibu hamil yang tidak ingin memiliki pertambahan berat badan yang berlebihan

Bisa memilih untuk mengonsumsi susu ini sebagai pengganti susu kehamilan yang lain.

Dengan kandungan gula yang rendah, manfaat susu beruang untuk ibu hamil juga bisa mengurangi risiko diabetes saat hamil atau diabetes gestasional yang risikonya bisa diturunkan pada bayi.

5. Manfaat susu untuk ibu menyusui

Manfaat susu untuk ibu menyusui

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui akan sangat berpengaruh pada si bayi yang sedang disusui karena kandungan nutrisi yang ada di ASI kualitasnya akan tergantung pada makanan yang konsumsi oleh ibunya.

Ibu yang sedang menyusui perlu untuk mengonsumsi susu dua atau tiga gelas sehari karena sering kali kebutuhan nutrisi tidak bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi makanan sayuran dan buah-buahan saja.

Susu beruang adalah susu yang pas untuk dikonsumsi ibu hamil karena kandungan kalorinya lebih rendah, ia juga lebih rendah gula, rendah kolesterol dan rendah lemak.

Manfaat susu beruang yang bisa membantu perkembangan otak anak juga bisa Anda berikan ke bayi melalui ASI dari ibu yang mengonsumsi susu beruang.

Kebaikan susu beruang lain yang bagus untuk kesehatan ibu menyusui dan bayi melalui ASI antara lain adalah kelancaran peredaran darah, kaya akan antioksidan yang bisa mengeliminasi racun di dalam tubuh,

Membantu tubuh kembali bugar lebih cepat setelah melahirkan, dan masih banyak lagi lainnya.

6. Manfaat susu beruang untuk kesehatan

Manfaat susu beruang untuk kesehatan

Susu beruang tidak hanya bagus untuk dikonsumsi anak kecil, ibu yang sedang hamil maupun menyusui, atau hanya untuk memulihkan tubuh yang sedang sakit saja.

Susu beruang juga bagus dikonsumsi sehari-hari untuk kesehatan umum lho.

Selain yang sudah disebutkan di atas seperti mengurangi risiko diabetes,

Melancarkan sirkulasi darah, bagus untuk perkembangan dan kesehatan otak, menurunkan risiko hipertensi, membuat tidur lebih nyenyak, dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh, berikut adalah manfaat susu beruang untuk kesehatan lainnya:

  • Menjaga kesehatan paru-paru dan membantu menyembuhkan flek pada paru
  • Menetralkan racun di tubuh
  • Meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko artristis, dan masalah tulang lainnya
  • Menjaga kebugaran tubuh agar tetap segar dan sehat
  • Membersihkan darah dari berbagai macam hal yang bisa menyumbat aliran darah
  • Membersihkan saluran pencernaan dari racun dan zat-zat sisa yang bisa mengganggu kesehatan
  • Menjaga kebersihan jantung
  • Membantu mengatasi penyakit TB
  • Mengurangi risiko obesitas
  • Menambah energi untuk beraktivitas

7. Manfaat susu beruang sebelum tidur

Manfaat susu beruang sebelum tidur

Minum susu sebelum tidur bisa memberikan efek rileks pada tubuh sehingga baik dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah susah tidur.

Susu sapi mengandung asam amino yang membantu untuk mendapatkan tidur, susu juga mengandung melatonin yang merupakan hormon untuk memberi tanda pada tubuh bahwa ini adalah waktunya untuk tidur,

Kalsium pada susu tidak hanya bagus untuk tulang yang lebih kuat tapi juga bisa membantu untuk membuat otot jadi lebih rileks dan mempersiapkan tubuh agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Manfaat susu beruang untuk tidur sangat baik untuk membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Tidur yang lebih nyenyak artinya tubuh benar-benar beristirahat dan tidak mudah terganggu dan terbangun di malam hari.

Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi tubuh karena pada pada saat tidurlah tubuh bekerja memperbaiki dirinya sendiri, sel-sel beregenerasi, dan tubuh mengumpulkan energi agar keesokan hari Anda bisa beraktivitas dengan fit.

Jangan khawatir gendut minum susu beruang sebelum tidur karena ia rendah gula dan juga rendah lemak.

8. Manfaat susu beruang buat wajah

Manfaat susu beruang buat wajah

Susu beruang juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dari dalam.

Susu ini mengandung Vitamin A, C, dan Vitamin E yang ketiganya merupakan vitamin terbaik untuk regenerasi sel termasuk sel kulit wajah sehingga kulit yang bermasalah bisa lebih cepat disembuhkan, dan kulit yang normal akan memiliki kulit yang selalu sehat dan cerah.

Vitamin C misalnya, membantu untuk memproduksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kekenyalan kulit agar tetap elastis dan tetap lembut,

Kemudian Vitamin E yang merupakan zat antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bisa membuat kulit tampak kusam bahkan beresiko terkena penyakit kanker kulit yang membahayakan.

Vitamin A dikenal sebagai nutrisi anti aging yang ampuh memudarkan tanda penuaan pada wajah.

Selain itu manfaat susu beruang juga bisa membuat wajah terlihat lebih putih dan cerah.

Anda bisa mencampur susu beruang dengan bubuk almond dan menjadikannya masker wajah, atau menggunakan susu beruang untuk menghilangkan warna gelap di bawah mata.

Caranya dengan mengompres area bawah mata menggunakan susu beruang selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

9. Manfaat susu beruang untuk tipes

Manfaat susu beruang untuk tipes

Penyakit tipes atau tipus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang biasanya mengontaminasi makanan atau minuman yang dikonsumsi penderita.

Gejala tipes yang umum biasanya adalah demam, diare, sembelit, dan lainnya. Ketika sedang sakit tipes, konsumsi makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar diperhatikan

Karena tentunya tidak mau tubuh yang sedang melalui proses penyembuhan harus sakit lagi karena terkontaminasi oleh bakteri dari makanan dan minuman yang kurang bersih.

Susu beruang adalah salah satu makanan/minuman yang paling aman dikonsumsi karena ia sudah steril dari bakteri.

Manfaat susu beruang untuk tipes juga bisa meredakan gejala demam tinggi, ia juga lebih mudah dicerna sehingga gejala diare bisa lebih terkontrol, kandungan nutrisinya juga tinggi untuk menggantikan nutrisi yang hilang dari tubuh selama sakit tipes.

Setelah selesai berobat, susu beruang juga bagus dikonsumsi untuk mengembalikan vitalitas tubuh dengan cara yang praktis karena kemasan kaleng susu beruang memudahkan Anda untuk mengonsumsinya di mana saja dan kapan saja tanpa repot.

10. Manfaat susu beruang untuk lambung

manfaat susu beruang untuk lambung

Manfaat susu beruang selanjutnya berhubungan dengan penyakit yang terjadi pada lambung.

Apabila Anda memiliki sakit maag dan sedang kambuh, sebaiknya memilih makanan yang mudah dicerna dan tidak meningkatkan kadar asam lambung yang membuat perut terasa perih.

Susu beruang aman dikonsumsi untuk penderita maag dan bisa membantu meringankan gejala maag yang kambuh dan memiliki tekstur yang lebih mudah dicerna lambung yang sensitif.

Manfaat susu lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan adalah ia bisa membantu untuk menetralisir zat-zat racun yang ada di saluran pencernaan.

Proses susu yang disterilisasi bisa membantu untuk melarutkan racun yang tertinggal di saluran pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh.

Susu beruang juga bisa membantu membersihkan lambung agar zat-zat racun yang ada di lambung tidak memicu terjadinya peningkatan asam lambung yang bisa membuat maag Anda kumat.

11. Manfaat susu beruang dan sabun pepaya

Manfaat susu beruang dan sabun pepaya

Sabun pepaya adalah sabun pencuci wajah dengan khasiat bisa membuat kulit wajah jadi lebih putih dan bebas noda.

Dicampurkan dengan susu beruang yang memiliki kandungan vitamin untuk membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan cerah, menjadikan ramuan susu beruang dan sabun pepaya bisa jadi resep rutinitas perawatan kulit

Bagi Anda yang ingin punya wajah lebih putih. Beberapa manfaat susu beruang yang dicampur dengan sabun pepaya antara lain adalah:

  1. Memudarkan hiperpigmentasi karena matahari, bekas luka jerawat, maupun tanda penuaan
  2. Membuat kulit jadi lebih lembab
  3. Meningkatkan kesehatan sel wajah agar kulit tampak cerah dan sehat
  4. Membuat kulit wajah jadi lebih kencang
  5. Melindungi kulit dari radikal bebas dengan kandungan antioksidan susu beruang
  6. Membantu pengelupasan sel kulit mati
  7. Menyamarkan garis halus di wajah
  8. Membantu mengontrol kadar minyak di wajah.

12. Manfaat susu beruang dan tolak angin

Manfaat susu beruang dan tolak angin
Sumber : Bukalapak.com

Ada rumor yang menyebutkan bahwa manfaat susu beruang bisa membuat stamina pria jadi makin kuat dalam melakukan hubungan seksual jika dicampur dengan Tolak Angin, benarkah itu?

Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa membuktikan khasiat susu beruang dicampur dengan Tolak Angin bisa meningkatkan stamina seksual.

Manfaat Tolak Angin sendiri sebagai minuman herbal tradisional lebih sebagai penangkal masuk angin, membantu untuk menghilangkan mual, dan membuat tubuh jadi lebih hangat untuk melawan cuaca yang dingin.

Jika dilihat dari kandungan dan manfaat kesehatan dari susu beruang,

Jika dicampur dengan Tolak Angin sebaiknya dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit dan untuk menghilangkan kembung, karena Tolak Angin pun tidak diindikasikan memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina.

Sekian artikel yang kami berikan seputar manfaat dari susu beruang semoga bisa bermanfaat bagi anda, mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan dan penyebutan kata ataupun salah opini harap untuk dima’lumi,

Terima kasih jangan lupa menyimak artikel menarik lainnya seputar Yuk, 10 Bahan Alami Untuk Mengobati Batuk Anak 4 Tahun! see you next article.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here