Mengenal Syarat dan 4 Fungsi Kartu Pra Kerja

  • Bagikan
Fungsi Kartu Pra Kerja

Bagi kamu kamu yang belum sempat mendapatkan pekerjaan, program pemerintah yang satu ini memang menjadikan angin segar.

Program pemerintah tersebut yaitu kartu pra kerja yang pada tahun 2020 tercatat sudah ada sebanyak 43 juta pendaftar.

Apakah kamu sudah pernah lolos atau belum ?

Fungsi kartu pra kerja ini sangat banyak terutama untuk para pengangguran muda, UMKM, maupun pekerja profesional lain yang terdampak pandemi Covid 19.

Kartu ini juga bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja, daya saing angkatan kerja dan meningkatkan produktifitas.

Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Beberapa syarat pendaftaran kartu pra kerja yang wajib kamu ketahui yaitu

WNI yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) berusia 18 tahun keatas

Tidak sedang sekolah maupun kuliah

Program ini diprioritaskan untuk para pengangguran muda, para pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak pandemi.

Karyawan yang terkena PHK akibat terdampak Covid-19 juga diperbolehkan untuk mendaftar

Bagaimana apakah kamu masuk diantara syarat-syarat diatas ? Silahkan dipahami syarat-syaratnya lebih detail agar kamu dapat lolos seleksi dan bisa mendapatkan kartu pra kerja.

Fungsi Kartu Pra Kerja

Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Terdapat beberapa fungsi kartu pra kerja yang dapat kamu cermati yaitu sebagai berikut :

Mendapatkan Insentif Bulanan

Apabila kamu sudah mendaftar dan ternyata lolos sebagai penerima kartu pra kerja, kamu akan mendapatkan dana. Dana tersebut dapat digunakan untuk pelatihan dan dana bantuan sebesar Rp 600rb setiap bulannya selama 4 bulan.

Baca Juga : 10 Poin Penting Dalam Keselamatan Kerja di Laboratorium

Jadi insentif tersebut juga dapat digunakan untuk membayar kelas pelatihan yang telah disediakan. Dan dana lainnya yang akan kamu terima setiap bulan selama 4 kali dapat kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun sebagai modal bisnis kamu.

Upskillling dan Re-skilling

Adanya pelatihan tersebut dapat mengembangkan dan menambahkan skill atau kemampuan kamu. Ini sangat bermanfaat sekali, terutama buat kamu yang masih baru lulus maupun pelaku bisnis yang mengalami bangkrut akibat pandemi.

Kamu juga dapat memilih pelatihan sesuai dengan kebutuhan kamu bisa dari kelas bisnis, penjualan & pemasaran, makanan, fashion dll. Semua pelatihan yang disediakan juga dilaksanakan secara online. Sehingga kamu lebih fleksibel dan dapat belajar dimana saja.

Baca Juga : 3 Prospek Kerja Akuntansi Bagi yang Akan Masuk Jurusan Ini

Jadi walaupun belum memiliki pekerjaan tetap, kamu dapat mengasah terus kemampuan baru yang kamu inginkan sesuai kebutuhan industri.

Bebas Pilih Pelatihan

Kamu dapat memanfaatkan fungsi kartu pra kerja ini untuk memilih pelatihan sesuai dengan bidang yang kamu sukai lho. Namun di masa pandemi ini kamu hanya dapat mengikuti pelatihan secara online.

Terdapat juga beberapa pilihan three in one yaitu pelatihan, sertifikasi dan penempatan kerja di bidang yang kamu kuasai dapat menjadi pilihan.

Menjadi Pelengkap Pendidikan Formal

Mengikuti pelatihan yang ada juga dapat menjadi pelengkap pendidikan yang tidak kamu dapatkan saat berada di bangku sekolah maupun kuliah. Dengan mengikuti program kartu pra kerja tersebut, kamu dapat belajar secara online tentunya dengan pemateri yang profesional dan ahli dalam bidangnya.

Misalnya, kamu juga dapat mempelajari teknik dalam melamar pekerjaan dengan baik, cara membuat email, cara wawancara yang benar sehingga menjadikanmu lebih percaya diri saat melamar pekerjaan.

Nah, bagaimana syarat dan fungsi kartu pra kerja diatas ? Apakah kamu semakin yakin untuk mencoba mendaftar di gelombang berikutnya ? Selamat mencoba ya.

  • Bagikan