Cara Melatih Burung Hantu Supaya Cepat Jinak

Melatih Burung Hantu

Melatih burung hantu tidak jauh berbeda dengan melatih burung paruh bengkok atau burung pemangsa lainnya. Akan lebih maksimal jika dibiasakan sejak kecil saat mereka menggantungkan makanan dari uluran tangan pemilik.

Namun jika anda mendapatkan burung hantu yang telah berusia remaja, maka latihan bisa diberikan dengan memberi makanan secara teratur langsung dari tangan.

Demi keamanan, maka pergunakan sarung tangan kulit agar burung tidak mematuk dan menyobek kulit anda.

Cara Melatih Burung Hantu

cara melatih burung hantu

Cara melatih burung hantu lainnya adalah dengan memberi memanggil burung hantu mendekat pada anda dengan pancingan umpan sehingga mereka hinggap di pergelangan tangan.

Cara ini lebih efektif jika burung hantu sudah dipuasakan terlebih dahulu.

Hati hati dengan cakar dan kuku burung hantu yang dikenal tajam dan menyakitkan.

Cara melatih burung hantu berikutnya adalah membiasakan diri melihat dan menatap burung hantu saat mereka diberi makan.

Hindari gerakan yang mencurigakan atau menakutkan. Dengan banyak menatap sambil memberi makan, dipercaya burung hantu akan semakin mengenali tuannya.

Untuk memandikan burung hantu anda bisa menyediakan wadah berisi air yang cukup besar kurang lebih dua kali dari ukuran badannya.

Tunjukkan kepada burung tempat seharusnya dia boleh mandi. Biarkan burung membasahi badannya sendiri.

Dalam memandikan Burung hantu tidak perlu terlalu kuyup karena dapat menyebabkan flu berkepanjangan

Ajarkan burung hantu beberapa perintah dasar seperti terbang pendek atau jump to me.

Berikan reward berupa makanan jika dia berhasil melakukannya dengan baik. Lama kelamaan burung akan mengerti apa yang diperintahkan dan mematuhi karena mengharapkan imbalan makanan yang diberikan

Cara melatih burung hantu berikutnya adalah membiasakan burung hantu berada ditengah keramaian.

Sediakan tempat bertengger dan letakkan di daerah yang sering dilalui manusia. dalam menjinakkan burung hantu, sebaiknya burung tidak banyak diletakkan di dalam sangkar karena justru dalam kondisi stres burung akan lebih banyak memberontak dan menabrakkan badannya ke jeruji sangkar sehingga bulunya banyak tercabut.

Gunakan perch yang berukuran agak besar sehingga burung lebih leluasa berjalan jalan.

Baca Juga :

Makanan Untuk proses Melatih Burung Hantu

Makanan Untuk proses Melatih Burung Hantu

Selama proses latihan, anda dapat memberikan beberapa jenis makanan agar mereka lebih termotivasi dengan perintah yang diberikan. Beberapa makanan yang bisa digunakan sebagai hadiah yaitu:

  • Dikenal sebagai sumber protein hewani yang sangat tinggi. Baik untuk menjaga stamina dan daya tahan burung
  • Cacing putih. Memiliki kadar zat kapur yang mencukupi. Berikan setidaknya 8 ekor per minggu
  • Tikus putih adalah makanan pokok sekaligus favorit burung hantu. Tikus putih berfungsi sebagai pengganti tikus liar yang sering diburu oleh burung hantu di alam bebas. Jumlah yang dianjurkan adalah 1 hingga 3 ekor menyesuaikan jenis dan ukuran burung hantu
  • Daging ayam bisa dijadikan makanan alternatif bagi burung hantu sekalipun harganya lebih mahal. Daging segar dengan aroma sedikit darah menjadi daya tarik tersendiri bagi burung hantu.
  • Ikan lele memiliki tekstur yang baik bagi butung hantu karena dagingnya sedikit keras dan tulang yang kecil. Harga ikan lele juga cukup ideal dan relatif terjangkau dibandingkan ikan mas

Dalam melatih burung hantu, kesabaran pemilik atau handler menjadi kucnci utama keberhasilan. Beberapa handler mampu menjinakkan burung hantu hanya dalam tempo singkat kurang lebih 2 minggu saja.

Namun ada juga yang hingga mencapai lama pelatihan 3 bulan hingga burung hantu benar benar patuh dan jinak.

Dalam melatih burung hantu gunakan bantuan peluit ultrasonik sehingga burung hantu lebih mudah mencari dan mendeteksi posisi anda.

Penggunaan peluit ultrasonik dibiasakan sejak latihan pada tahap awal. Apabila burung hantu sudah pandai mengenali posisi anda, maka jarang terbang bisa diperpanjang secara bertahap hingga mencapai 30 meter.

Perlu diketahui bahwa burung hantu mampu mendengarkan suara dengan sangat baik bahkan melebihi burung paruh bengkok maupun burung burung falcon.

Demikian informasi menarik seputar Cara Melatih Burung Hantu Supaya Cepat Jinak. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan burung lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat!