Lukisan Termahal

15 Lukisan Termahal di Dunia Yang Harus Kamu Ketahui

Diposting pada

Lukisan Termahal – Sebuah karya seni seringkali memiliki nilai jual yang nggak masuk di dalam akal sehat seseorang. Seperti 15 Lukisan termahal di dunia di bawah ini nih.

Lukisan Termahal

Lukisan Termahal

Yuk simak dan cari tau lukisan mana yang akan kamu favoritkan!

1. Lukisan termahal Flag karya Jasper Johns, 1954. ($119,400,000)

Lukisan termahal yang pertama Dua tahun setelah mengabdi selama Perang Korea, Jasper Johns bermimpi bahwa ia akan membuat seni lukis dengan gambar bendera Amerika.

Lalu di tahun 1954 mimpi itu ia wujudkan dan dunia memilih lukisan bendera Amerikanya telah menjadi salah satu karya menarik dan paling mahal di banding karya lainnya.

Lukisan menarik lain milik Jasper Johns di antaranya White Flag, Map, Three American Flag, Gray Numbers, Perilous Night, Between the Clock and the Bed, dan masih banyak lagi.

Namun di antara semua tadi, harganya masih kalah jauh dibandingkan harga lukisan bendera Amerika yang gambarnya ada di atas.

2. Lukisan The Scream karya Edvard Munch, 1893. ($119,900,000)

Lukisan termahal The Scream karya Edvard Munch adalah salah satu lukisan paling dikenal dalam seni modern. Lukisan ini menggambarkan pengalaman aktual Edvard Munch.

Ia pernah menjerit kepada alam setalah dua rekannya meninggalkannya pada saat jalan-jalan bersama. Dua rekannya terlihat di latar belakang lukisan tersebut.

Sungguh pilu arti dari lukisan The Scream. Lukisan mahal ini juga pernah menjadi target dari beberapa perampokan seni selama bertahun-tahun loh.

3. Lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci, 1506-1513. ($127,500,000)

Selama ratusan tahun, nggak ada satu orang pun tau seniman mana yang menciptakan lukisan Salvator Mundi ini.

Namun di tahun 2005, sekelompok konservasi seni mencari tau kebenarannya.

Mereka berhasil mengkonfirmasi ke khalayak ramai, bahwa lukisan ini adalah karya seorang maestro ternama, yaitu Leonardo da Vinci.

Salvator Mundi adalah lukisan Kristus yang dianggap memberi berkah dengan tangan kanan terangkat dan menyilangkan jari sambil memegang sebuah bola kristal di tangan kirinya.

Lukisan termahal ini sempat hilang tapi ketemu lagi, lalu dipulihkan dan dipamerkan pada tahun 2011 di pameran besar berjudul: Leonardo da Vinci: Painter of the Court of Milan.

Jadi bukan hanya lukisan Monalisa aja yang mahal.

Lukisan Salvator Mundi karya Lenorado Da Vinci ternyata jauh lebih mahal dari pada lukisan termahal Monalisa.

4. Lukisan Bal du moulin de la Galette karya Pierre-Auguste Renoir, 1876. ($141,500,000)

Lukisan Bal du moulin de la Galette karya Pierre-Auguste Renoir ini pertama diperkenalkan pada tahun 1877 melalui pameran impresionis di Paris.

Seni impresionisme sendiri punya arti sebagai seni lukis dengan tanda sudut visual yang unik, sapuan kuas mencolok, dan komposisi terbuka.

Seni ini muncul di Paris pada abad 19. Seni yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencahayaan kuat, dengan penekanan bukan pada bentuk, melainkan tampilan warna.

Seperti pada lukisan Bal du moulin de la Galette yang terlihat agak kabur ini.

Arti dari lukisan ini adalah menyampaikan suasana riang dan menyenangkan di sebuah taman tarian populer di Butte Montmartre, tempat suci terkenal yang ada di Paris.

Terlihat banget kan dari gaya seni lukisnya? Ada orang-orang yang lagi aktivitas bermandikan cahaya alam dan lampu.

Semuanya memberi pengertian kehidupan dengan sapuan kuas berwarna cerah.

Seni lukis ini dianggap punya gaya inovatif dengan format seni yang mengesankan, dan ditetapkan menjadi salah satu karya Seni Impresionisme Awal.

5. Lukisan The Card Players karya Paul Cézanne, 1893 ($272.000.000)

Paul Cézanne juga merupakan pelukis Perancis yang hidup pada masa Impresionis. Seluruh karya seni lukis Paul menjadi peralihan dari konsep seni abad 19 menuju kebebasan mutlak seni pada abad 20.

The Card Players atau Pemain Kartu berasal dari serangkaian lukisan yang menggambarkan kedua petani yang senang menikmati rokok, minuman beralkohol, dan permainan kartu.

Lukisan termahal ini bermaksud mengomentari ketenangan dalam hening.

Beberapa kritikus bahkan memaknai lukisan tersebut sebagai “Human still lifes.”

Mungkin maksudnya manusia yang nggak bergerak tapi diatur atau dibuat secara khusus untuk membentuk komposisi yang indah.

6. Lukisan Three Studies of Lucian Freud, 1969. ($144,700,000)

Lukisan termahal ini atas dasar hubungan ramah antara seniman Francis Bacon dan Lucian Freud.

Kedua seniman ini bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan seni lukis melalui kekerabatan yang kreatif dan hubungan emosional.

Lukisan tersebut menunjukkan sosok Lucian Freud yang sedang duduk di kursi kayu rotan dalam sangkar dari tiga sudut yang berbeda.

Keren ya kalau hubungan sahabat bisa menghasilkan maha karya dalam bentuk seni lukis. Apalagi kalau punya nilai tinggi di kaca mata dunia seperti lukisan Three Studies of Lucian Freud.

7. Lukisan Portrait of Dr. Gachet karya Vincent Van Gogh, 1890. ($149,400,000)

Lukisan Portrait of Dr. Gachet adalah salah satu seni lukis yang paling dihormati oleh si pelukis Belanda, yaitu Vincent Willem Van Gogh.

Alasannya karena telah memecahkan rekor penjualan paling banyak dibandingkan lukisan lain miliknya.

Lukisan Potrait Dr. Gachet punya dua versi asli, keduanya telah dilukis pada bulan Juni, tahun 1890. Berketepatan dengan kehidupan terakhir Vincent Van Gogh.

Kedua lukisan menyampaikan sosok dokter pribadi Vincent Van Gogh, yaitu Dr Paul Gachet, yang sedang sedih tapi terlihat lembut saat duduk di meja sembari menopang kepalanya dengan tangan kanan.

Menjelang masa akhir hidupanya, Vincent Van Gogh telah berkomitmen pada diri sendiri untuk peduli kepada Dr Paul Gachet.

Pada saat itu juga ia menghasilkan beberapa karya paling penting dan dihormati dalam karirnya, terutama untuk karya seni lukis Potret Dr Gachet ini.

8. Lukisan Portrait of Adele Bloch-Bauer I karya Gustav Klimt, 1907. ($158,500,000)

Lukisan termahal Gustav Klimt adalah seorang seniman asal Austria yang selalu melukis objek perempuan.

Seperti lukisan Adele Bloch-Bauer ini, yang berhasil disempurnakan selama lima tahun setelah melalui tahap versi yang berbeda-beda.

Latar belakang emas di lukisan tersebut menunjukkan arti ketenangan, dan dianggap sebagai sikap baru Gustav Kilimt pada permaianan warna ketika melukis.

Kata Gustav Kilimt, ini merupakan teknik seni lukis yang menggabungkan unsur-unsur realita yang nggak nyata.

Setelah Nazi mencaplok Austria pada tahun 1938, lukisan Potrait of Adele Bloch-Bauer ini diperdagangkan ke beberapa tangan, namun kembali ke ahli waris Bloch-Bauer pada tahun 2006.

Sampai akhirnya, lukisan tersebut diperdagangkan di Neue Galerie, New York City, dan ditetapkan menjadi salah satu lukisan termahal di dunia.

9. Lukisan Nu couché karya Amedeo Modigliani, 1917. ($170.405.000)

Amedeo Clemente Modigliani adalah seorang pelukis Yahudi Italia dan pemahat patung yang bekerja di Perancis. Dia dikenal karena karyanya menggambarkan sosok orang telanjang dalam gaya modern.

Cukup lama karya seni Amedo Modigliani nggak diterima dengan baik oleh banyak orang, tapi kemudian menemukan penerimaan.

Seperti seni lukis Nu Couche ini, yang hanya menjadi bagian dari koleksi pribadi Amedo Modigliani selama 60 tahun.

Andai saja Modigilami masih hidup, mungkin dia akan terkejut ketika mengetahui kalau lukisannya telah menjadi salah satu lukisan termahal di abad 20.

10. Lukisan Les Femmes d’Alger karya Pablo Picasso, 1955. ($179.400.000)

Les femmes d’Alger atau Women of Algiers, kalau diartikan ke bahasa Indonesia yaitu Para Perempuan Aljazair. Ini adalah sebuah seni lukis surealis karya pelukis surealis, yaitu Pablo Picasso.

Ketauilah, kalau semua lukisan milik Pablo Picasso selalu ditunggu-tunggu oleh banyak pecinta seni lukis.

Lukisan ini berakhir melalui acara lelang. Dan sebelum dilelang, lukisan ini telah menjalani tur ke berbagai dunia dan berakhir di New York, Amerika. Di sanalah warna kekacauan terjadi.

Para calon pembeli saling melontarkan tawaran untuk membawa pulang seni lukis Les femmes d’Alger ini.

11. Lukisan Pendant portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit karya Rembrandt, 1634. ($180.000.000)

Rembrandt dikenal sebagai pelukis yang sering melukis dirinya sendiri.

Seniman asal Belanda ini dianggap sebagai salah satu pelukis terbesar di abad ke-17 dalam sejarah Eropa. Dan juga salah satu seniman yang paling dihormati sepanjang masa.

Kemenangan kreatif terbesarnya dinilai dari cara ia melukis diri sendiri dan adegan alkitab yang sangat inovatif dalam melukis bayangan serta cahaya.

Untuk lukisan Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit, adalah sebuah lukisan pernikahan yang dikerjakan pada tahun 1634.

Sekali lagi, ini juga merupakan seni lukis yang masih dihormati sepanjang masa, terutama dalam sejarah Eropa.

12. Lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) karya Mark Rothko, 1951. ($186.000.000)

Mark Rothko memperkenalkan bentuk baru dari Ekspresionisme Abstrak ke dunia seni melalui lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) yang ada pada gambar di atas.

Sebelumnya, Ekspresionisme Abstrak adalah gerakan seni pasca Perang Dunia II di Amerika Serikat.

Makna dari lukisan No. 6 (Violet, Green and Red) adalah konsep kematian dan spiritualitas dalam bentuk seni lukis baru yang berapi-api.

Mark Rothko mengatakan kalau lukisan tersebut mengandung warna kuat yang disampaikan secara intim kepada para pecinta seni lukis.

Memang agak susah sih bagi yang kurang paham abstrak dalam memaknai seni lukis No. 6 (Violet, Green and Red) ini.

13. Lukisan Number 17A karya Jackson Pollock, 1948. ($200.000.000)

Kalau ngobrolin soal Ekspresionisme Abstrak, Paul Jackson Pollock lah pelukis asal Amerika yang cukup berpengaruh.

Karena beliau menjadi tokoh utama dalam gerakan Ekspresionisme Abstrak. Seperti lukisan Number 17A, yang dibuat pada tahun 1948.

Lukisan itu dikenal sebagai “periode menetes,” di mana waktu itu banyak karya ikonik buatan seniman ternama.

Dan untuk lukisan Number 17A, hingga sekarang masih sangat dihormati oleh banyak pecinta seni lukis.

14. Lukisan Interchange karya Willem de Kooning, 1955. ($300.000.000)

Willem de Kooning adalah seniman asal Belanda-Amerika. Ia telah menjadi seniman yang identik dengan gerakan seni pasca Perang Dunia II,

Artinya seni lukis Interchange juga merupakan jenis Ekspresionisme Abstrak dan termasuk lukisan termahal didunia pada waktu itu.

Melalui seni lukis Interchange, Willen de Kooning berusaha untuk mengekspresikan realitas jelek terhadap dunia baru. Ia selalu merasa kecewa oleh peristiwa yang terjadi di masa lalunya.

15. Lukisan When Will You Marry? Karya Paul Gauguin, 1892. ($300.000.000)

Paul Gauguin selalu dikenal melalui eksperimennya yang berani dalam menerapkan seni lukis modern.

Pada tahun 1891, ia melakukan perjalanan ke Tahiti, pulau terbesar di Polinesia Perancis. Sengaja ia pergi ke Tahiti untuk melarikan diri dari gaya hidup yang sibuk di masa Eropa modern.

Dan berada di Tahiti adalah sebuah kehidupan hangat bagi Paul Gauguin yang tergambar melalui lukisan When Will You Marry?

Seni lukis ini menggambarkan sosok dua wanita Tahiti dalam mengenakan pakaian misionaris dan gaun primitif.

Dan yang disayangkan, identitas pembeli lukisan yang harganya melejit ke langit ini masih dirahasiakan hingga sekarang. Diperkirakan sih yang beli keluarga dari kerajaan Qatar.

Bagus-bagus ya kelima belas lukisan termahal di atas. Apakah kamu sudah dapat beberapa lukisan yang kamu favoritkan? Apapun pilihanmu, yang penting jangan lupa share ya!