PROMO CANVA Rp 95.000,00 /BULAN UNTUK 5 ORANG

Ikan Regal Tang Si Dory yang Mempunyai Racun Ciguatera

Ikan Regal Tang

Ikan Regal Tang, merupakan salah satu ikan spesies Indo-Pacific Surgeonfish. Ikan Regal Tang termasuk dalam genus Paracanthurus, yaitu ikan yang cukup populer di akuarium laut.

Jenis ikan hias yang bernama latin Paracanthurus Hepatus ini memiliki julukan yang cukup beragam seperti, Palet Surgeonfish, Hippo Tang, Flagtail Surgeonfish, Pacific Regal Tang, dan juga Blue Surgeonfish.

Ikan hias yang tergolong ke dalam famili Surgeonfish ini memiliki alat pada tubuhnya, yang berupa pisau kecil terbuat dari zat kapur.

Pisau kecil tersebut disembunyikannya tepat di depan sirip ekornya. Pisau zat kapur ini digunakan sebagai wujud pertahanan diri, misalnya pada saat musuh atau predator datang menyerang.

Sekilas Tentang Regal Tang

Sekilas Tentang Regal Tang

Regal Tang juga termasuk salah satu jenis ikan hias yang memiliki keunggulan komposisi warna. Tubuh ikan Regal Tang memiliki perpaduan warna yang cantik dan menarik, yaitu warna biru dan kuning.

Ikan hias yang memiliki panjang tubuh sekitar 31 cm ini gemar tinggal di terumbu karang di perairan Afrika, Jepang, New Caledonia, dan Samoa.

Perlu diketahui, bahwa ikan Regal Tang termasuk salah satu ikan yang tidak memiliki potensi sebagai ikan konsumsi.

Hal tersebut dikarenakan ikan Regal Tang memiliki bau atau aroma yang cukup kuat.

Selain itu, Regal Tang juga berpotensi untuk menyebarkan racun Ciguatera, yaitu yang disebabkan karena memakan ikan yang di dalamnya terkandug algamicroscopis.

Baca Juga : Mari Mengenal Ikan Nemo / Clown Fish Beserta Harganya

Bentuk Ikan Regal Tang

Bentuk Ikan Regal Tang

Ikan Regal Tang memiliki warna tubuh yang sangat unik, yaitu perpaduan warna biru royal, dengan ekornya yang berwarna kuning, serta pola “palet” hitam.

Ikan hias yang panjang tubuhnya sekitar 12 inchi ini memiliki bentuk tubuh yang datar dan melingkar. Sebagian besar masyarakat menyebut bahwa bentuk tubuh Regal Tang menyerupai kue pancake.

Keunikan lain pada Regal Tang terletak pada moncongnya yang berbentuk runcing, dan kecil. Selain itu, ikan Regal Tang memiliki duri yang terletak pada punggungnya. Regal Tang termasuk spesies ikan yang penyebarannya cukup luas.

Ikan hias ini dapat ditemukan di seluruh perairan Indo-Pasifik. Selain hidup di terumbu karang Afrika, New Caledonia, Jepang dan Samoa, Regal Tang juga dapat ditemukan di sekitar wilayah Great Barrier Reef.

Ikan hias berpunggung duri ini hidup secara berkelompok atau berpasang-pasangan. Regal Tang membentuk kelompoknya terdiri dari sekitar 10 sampai 12 ekor.

Jenis ikan hias yang mencapai kematangan seksual pada usia 9 sampai 12 bulan ini gemar memakan plankton. Setelah usianya beranjak dewasa, Regal Tang mulai menambahkan alga ke dalam daftar menu makanannya.

Regal Tang merupakan ikan hias komersial dalam lingkup kecil, yang berarti bahwa Regal Tang bukan diperdagangkan atau dipelihara sebagai ikan konsumsi namun sebagai ikan hias saja.

Karena tergolong jenis ikan hias yang unik, harga arga ikan Regal Tang di pasaran di jual cukup mahal, yaitu sekitar Rp 200.000,-/ ekor.

Demikian informasi menarik seputar Ikan Regal Tang Si Dory yang Mempunyai Racun Ciguatera. Nantikan artikel informatif seputar hobi dan ikan lainnya dari Hypetuts.com, ya.

Semoga bermanfaat.