11 Tips Membuat CV Yang Baik Dan Benar Serta Menarik

Membuat Cv

Tips Membuat CV yang baik dan benar – Daftar riwayat hidup atau yang biasa disebut CV memang tidak bisa disepelekan keberadaannya dalam proses lamaran kerja,

Karena memang CV merupakan tempat HRD untuk melihat potensi yang ada dalam diri kamu untuk selanjutnya menentukan pantas tidaknya kamu menjadi salah satu kandidat yang dicari oleh perusahaan tempat kamu menaruh lamaran.

Perlu kamu ketahui bahwa setinggi apapun prestasi yang kamu miliki tidak akan dapat membantu kamu jika kamu tidak dapat menuliskan sisi menarik dari prestasi kamu ke dalam CV.

Sebuah CV yang menarik juga bukan hanya tentang menuliskan segudang prestasi ataupun pengalaman yang kamu miliki.

Banyak hal yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam membuat CV yang menarik.

Saat ini, kamu dimudahkan dengan banyaknya contoh CV online yang banyak kamu temui di internet.

Pada dasarnya, cara membuat CV perusahaan ataupun bank atau dimanapun tempat kamu ingin bekerja adalah sama.

Seperti namanya yaitu curriculum vitae yang berarti daftar riwayat hidup maka dari itu kamu harus membuat daftar tentang riwayat hidup kamu untuk menunjukkan bahwa kamu layak menjadi kandidat yang diperhitungkan dalam proses recruitment.

Baca Juga : 5 Tips Menghadiri Walk in Interview yang Harus Kamu Tahu

Nah untuk membuat CV kamu juga tidak boleh sembarangan, silahkan pelajari cara membuat CV untuk pemula serta kamu harus memperlajari pula bagaimana cara membuat CV yang menarik dan kreatif.

Tips Membuat CV yang baik

Tips Membuat Cv Yang Baik

Jika kamu masih bingung dalam membuat CV yang menarik, maka ada beberapa langkah yang dapat kamu jadikan referensi dalam penulisan CV diri kamu. Berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa kamu masukkan dalam CV kamu.

Rapi dan Terstruktur

Rapi Dan Terstruktur

Untuk kamu yang baru pertama kali membuat CV pastilah sangat kebingungan, cara membuat CV yang menarik untuk fresh graduate sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat CV lamaran kerja biasa.

Hanya saja jangan sampai kamu menulis CV sesuka hati kamu, ada beberapa aturan yang harus kamu ikuti dalam menulis CV.

Seperti penulisan nama dan riwayat pendidikan. Usahakan dalam menulis nama sesuaikan dengan KTP yang berlaku, jangan disingkat agar terlihat keren ataupun ringkas.

Begitupun dengan menuliskan riwayat pendidikan, usahakan menulis dari pendidikan terbawah kamu sampai yang paling tinggi agar HRD yang membaca CV kamu menilai kamu sebagai orang yang rajin dan tlaten.

Penempatan Foto

Penempatan Foto

Usahakan space foto kamu berada dibagian atas dan di page pertama dalam CV agar mudah diingat. Foto yang kamu gunakan juga harus foto yang terbaru dan berbusana rapi (berjas dan berdasi).

Kenapa rapi harus berjas dan berdasi? karena dari foto pun HRD akan menilai keniatan kamu dalam melamar pekerjaan sehingga apabila kamu terlihat rapi dan memiliki niat akan memberikan nilai plus tersendiri bagi kamu.

Penulisan Alamat

Penulisan Alamat

Tulislah alamat yang sesuai dengan KTP kamu, lengkap dengan jalan, RT, RW, Dusun, Desa, Kecamatan, Kabupaten dan Kota.

Tidak usah malu menuliskan dan menjelaskan bahwa kamu berasal dari desa. Perlu kamu ingat bahwa domisili kamu yang dari desa tidak akan berpengaruh terhadap kompetensi diri kamu.

Kontak

Kontak

Cantumkan segala kontak yang kamu miliki, karena hal tersebut membuka peluang yang lebar untuk kamu agar mendapat panggilan kerja.

Kamu bisa menyertakan nomor telepon rumah, nomor ponsel dan alamat email. Jangan terkesan berlebihan juga dengan mencantumkan alamat sosmed kamu.

Prestasi dan Pengalaman

Prestasi Dan Pengalaman

Untuk penulisan prestasi dan pengalaman kamu harus sangat berhati-hati dan penuh strategi. Karena disinilah poin yang paling dilirik oleh HRD saat membaca CV yang kamu kirimkan.

Gunakan bahasa yang menarik dan elegan dalam menulliskan aset diri kamu. Pilihlah kata yang baku dan formal namun menarik untuk dibaca.

Kombinasi

Kombinasi

Agar HRD tidak merasa bosan saat membaca CV kamu, kombinasikan penulisan kamu dengan beberapa pilihan tools yang ada di Ms. word. Kamu bisa menggunakan Bold, Underline, Italyc maupun tools yang lain. Selain itu, kamu juga dapat memasukkan tabel untuk membantu membuat CV kamu terlihat rapi dan tertata.

Improvisasi

Improvisasi disini bukan berarti kamu harus menulis font dengan gaya besar-kecil seperti ketikan SMS anak muda jaman sekarang. Improvisasi disini mengenai isi dari CV kamu.

Tuliskan jika kamu memiliki banyak pengalaman dan keaktifan serta prestasi.

Bahkan jika kamu tidak pernah memiliki pengalaman maupun prestasi sama sekali, kamu tetap harus mencantumkannya untuk membuat HRD tertarik karena membaca CV yang menarik milik kamu.

Perlu kamu ketahui prestasi yang kamu cantumkan entah itu benar atau tidak keberadaannya, tidak akan di survey dan dibuktikan langsung oleh HRD.

Jadi jika kamu melakukan improvisasi cukup siapkan jawaban yang meyakinkan dan dapat dipertanggung jawabkan ketika kamu mendapat pertanyaan nanti ketika interview kerja.

Rekomendasi

Promosikan diri kamu dalam CV yang kamu tulis. Kamu dapat mencantumkan bahwa kamu adalah seseorang yang mau dan niat untuk bekerja.

Kejujuran dan ketekunan menjadi prioritas kamu.

Cantumkan Sertifikat

Ada yang bilang sertifikat panitia maupun pelatihan yang banyak akan mempermudah kamu dalam melamar pekerjaan.

Dan itu memang benar adanya, sertakan sertifikat yang kamu miliki apabila sertifikat itu memiliki bobot yang dapat diperhitungkan.

Contohnya sertifikat kepanitiaan penerimaan mahasiswa baru, sertifikat kepanitiaan tingkat fakultas, universitas maupun nasional, serta sertifikat pelatihan yang pernah kamu ikuti.

Format CV

Sebuah CV yang baik memiliki proporsi penulisan yang tidak terlalu banyak apalagi terlalu sedikit.

Usahakan CV yang kamu tulis berjumlah maksimal dua lembar saja. Jangan cuma 1 lembar ataupun 3 lembar.

Penempatan

Satu poin lagi yang harus kamu ikuti adalah menata CV kamu. Usahakan walaupun sertifikat yang kamu miliki sangat berbobot, jangan sampai meletakkan sertifikat didepan CV kamu, karena disini yang ingin kamu tunjukkan adalah CV bukan sertifikat.

Jika sertifikat kamu sudah kamu letakkan dibagian belakang CV kamu, pastikan bahwa banyaknya tumpukan sertifikat yang kamu cantumkan menghadap satu arah, setelah itu bandel dengan rapi menggunakan klip.

Demikian ulasan tentang Tips Membuat CV yang Menarik Terbaru Tahun Ini. Beberapa tips diatas sering diabaikan dalam menulis CV karena ingin menonjolkan prestasi maupun pengalaman yang telah dimiliki.

Padahal banyak orang yang malah gagal karena mengabaikan hal-hal kecil, terlebih lagi untuk fresh graduate, cara membuat cv untuk pemula harus benar-benar ditulis dengan baik karena kamu hanya memiliki senjata CV tanpa pengalaman kerja apapun.

Kamu dapat menjadikan Tips Membuat CV yang menarik diatas sebagai referensi dan kamu padukan dengan tips yang kamu miliki sehingga peluang kamu mendapat kerja semakin besar. Terimakasih telah mengunjungi Hypetuts.com, semoga bermanfaat.