Contoh Artikel Jurnal Yang Benar

0
21 views
Contoh Artikel Jurnal
Image : Pixabay

Contoh Artikel Jurnal – Ada tata cara dalam penulisan artikel jurnal yang terkadang membuat Sahabat mengalami kebingungan.

Padahal membuat jurnal adalah salah satu syarat utama dalam banyak moment mulai dari untuk naik jabatan, penilaian kinerja dan masih banyak lain.

Artikel jurnal diterbitkan secara berkala dengan interval waktu dengan cakupan materi yang padat namun berisikan dengan ilmu pengetahuan.

Tujuan dari dari pembuatan jurnal ini sendiri adalah untuk mengembangkan sebuah penelitian yang sudah ditulis dan menjadi salah satu acuan untuk peneliti lainnya.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Nah untuk membuat artikel jurnal sebenarnya ada beberapa bagian penting saat anda membuat artikel jurnal sehingga hasilnya sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Judul

Setiap judul dalam contoh artikel jurnal haruslah jelas. Dengan membaca judul maka akan memudahkan pembaca untuk bisa mengetahui inti jurnal tanpa harus membaca keseluruhan dari jurnal.

Judul jurnal juga tidak boleh memiliki makna ganda. Usahakan untuk membuat judul kurang dari 12 kata.

Nama

Dalam artikel jurnal juga penting untuk anda menuliskan nama, nama pembimbing satu tanpa harus menambahkan gelar akademik namun sangat disarankan menggunakan nama lembaga. Dan tak kalah penting sangat disarankan juga untuk memberikan alamat dan email.

Abstrak

Abstrak sangat berbeda dengan ringkasan. Untuk bagian abstrak dalam contoh artikel jurnal ilmiah memiliki fungsi untuk bisa mencerna secara singkat dari isi jurnal yang akan dibuat.

Dan abstrak ini memberikan maksud untuk menjadi penjelasan tanpa harus mengacu pada jurnal.

Bagian dari abstrak sendiri setidaknya berisikan 250 kata yang merangkum tujuan, metode, hasil dan kesimpulannya.

Saat akan membuat abstrak penting untuk anda tidak menulis kutipan dan singkatan. Tips untuk membuat abstrak adalah dengan menyusun point – point.

Kata Kunci

Untuk kata kunci ini berisikan 3 hingga 5 kata yang diambil dari kata yang paling banyak dibahas dalam penelitian.

Kata kunci ini sangat penting untuk membantu tulisan artikel jurnal anda menjadi semakin mudah untuk dicari dan dijadikan referensi.

Pendahuluan

Untuk pendahuluan ini berisikan latar belakang mengapa Sahabat melakukan penelitian ini, menguraikan permasalahan yang diteliti, teori hingga tujuan anda melakukan penelitian.

Metode Penelitian

Dalam sebuah contoh artikel jurnal juga penting ada bagian metode penelitian. Bagian ini biasanya memaparkan secara rinci dan jelas mengenai medor dalam pengumpulan data, jenis pengendalian hingga perlengkapan yang digunakan. Sehingga saat Sahabat membacanya maka akan mendapatkan pengetahuan teknik dasarnya.

Pembahasan

Untuk pembahasan biasa ya akan di bagi atas sub bagian dalam artikel jurnal. Dalam pembahasan ini akan membandingkan hasil penelitian dengan model atau teori yang memang menjadi acuannya dan menghubungkan hasil dari penelitian Sahabat dan penelitian yang pernah dilakukan sebelumnya dengan menunjukkan persamaan dan membahas apa yang menjadi perbedaannya. Dan pembahasan yang digunakan ini bisa Kualitatif ataupun kuantitatif.

Simpulan

Dalam contoh artikel jurnal ada kesimpulan yang mana ini akan membahas mengenai hipotesis dari penelitian yang memang ditulis ringkas yang akan memuat infomasi yang cukup untuk pembaca Sahabat. Biasanya juga ada saran yang diberikan untuk penelitian selanjutnya

Daftar Pustaka

Untuk daftar pustaka pada contoh artikel jurnal biasanya ditulis di halaman baru dengan penulisan langsung atau tidak langsung.

Ada berapa jenis penulisan daftar pustaka anda tinggal mencari yangs sesuai. Namun yang harus anda pahami adalah unsur ini akan sangat bervariasi berdasarkan dengan jenis sumber pustakanya.