5 Cara Mengatasi Kutu pada Kucing Ampuh

  • Whatsapp
Mengatasi Kutu pada Kucing
Sumber : www.dream.co.id

Kucing adalah salah satu hewan berbulu yang rentan terkena kutu. Kutu yang sering menyerang kulit kucing disebut juga dengan istilah Ctenocephalides, yaitu merupakan hewan yang dikategorikan ke dalam famili serangga.

Perlu diketahui, kucing yang terkena gigitan serangga harus segera ditangani supaya iritasi dan infeksi yang terjadi pada kucing akibat gigitan serangga tidak semakin parah, dan membahayakan kesehatan kucing kesayangan Anda.

Artikel terkait lainnya :

Selain itu, kutu pada kucing juga dapat menyebabkan penyakit bagi manusia melalui gigitan. Kucing yang terkena kutu, dapat diamati dari perilakunya, yaitu ketika kucing peliharaan Anda sering menggaruk-garuk beberapa bagian tubuhnya. Berikut ini akan disampaikan informasi tentang mengatasi kutu pada kucing.

1. Memandikan Kucing memakan Shampo Kucing

memandikan kucing

Untuk menghilangkan kutu pada tubuh kucing, Anda harus memandikannya dengan menggunakan sabun/ sampo anti kutu dan anti jamur yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di petshop.

Namun terkadang tidak sedikit orang yang menggunakan cara tersebut masih mengeluhkan bahwa kucingnya masih terkena kutu. Cara lain untuk menghilangkan kutu kucing adalah dengan minyak telon atau minyak tawon.

2. Mengatasi Kutu pada Kucing dengan Minyak Telon

Mengatasi Kutu pada Kucing dengan Minyak Telon
Sumber : erdhaf.wordpress.com

Cara menggunakannya juga mudah, cukup dengan mengoleskan minyak telon/ minyak tawon pada bagian tubuh kucing Anda yang terserang kutu. Biasanya kutu-kutu tersebut akan perlahan-lahan mati. Selain itu, cara ini dinilai cukup aman diterapkan pada kulit kucing.

3. Minyak Tawon

Minyak Tawon
Sumber : hellosehat.com

Selain menggunakan minyak telon/ minyak tawon, Anda juga bisa menggunakan bedak/ spray anti kutu dan anti jamur. Namun, untuk penggunaan spray anti kutu sebaiknya Anda perhatikan betul-betul instruksi yang tertera pada kemasannya.

Jangan sampai semprotan anti kutu tersebut membasahi area tubuh kucing seperti muka, mata dan mulutnya, karena akan membahayakan kesehatannya.

4. Obat Tetes anti kutu/jamur

Obat Tetes anti kutu/jamur Untuk kucing
Sumber : Youtube.com

Cara lainnya yaitu dengan menggunakan obat tetes anti kutu/ jamur. Gunakan obat ini dengan cara diteteskan pada tengkuk kucing atau leher bagian atas, atau bagian tubuh kucing yang terkena kutu, terutama pada bagian tubuhnya di mana kucing tak dapat menjilat bagian tersebut.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya lakukan pengulangan selama 1 bulan berikutnya. Untuk pencegahan munculnya kutu kucing, teteskan sekitar 2-3 tetes obat anti kutu per tahun.

Dan jangan lupa membaca aturan pakainya, hal ini penting karena obat tetes anti kutu ini tidak boleh diberikan kepada anak kucing yang berusia di bawah dua bulan.

5. Mengatasi Kutu pada Kucing dengan kalung anti kutu Kucing

kalung anti kutu Kucing
Sumber : Bukalapak.com

Alternatif lain untuk menghilangkan kutu kucing ialah dengan menggunakan kalung anti kutu. Terapi kutu kucing ini berbentuk kalung dan harus dipakaikan pada leher kucing.

Lama waktu pemakaian kalung anti kutu ini kurang lebih 1 bulan. Kalung anti kutu yang dipakaikan pada kucing mengandung aroma/ bau menyerupai obat. Hal itulah yang akan mengusir kutu dari tubuh kucing.

Demikianlah informasi yang dapat disampaikan mengenai cara mengatasi kutu pada kucing. Semoga apa yang telah dibagikan dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *