Tips Cara Mengatasi Kucing Diare

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Kucing Daire

Sebagai pemilik, pasti Anda selalu menginginkan kucing peliharaan Anda selalu dalam kondisi sehat, dan juga terhindar dari segala jenis penyakit. Namun, tidak sedikit pemilik yang mengeluhkan tentang kucing peliharaannya sering mengalami sakit, salah satunya adalah diare atau sering disebut juga dengan mencret.

Artikel Terkait lainnya :

Bacaan Lainnya

Diare pada kucing disebabkan oleh adanya gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan atau usus. Diare ditandai dengan perubahan kotoran/ tinja kucing yang menjadi lebih encer. Selain itu, layaknya manusia, kucing yang mengalami diare juga akan sering buang air besar.

Cara Mengatasi Kucing Daire

Penyebab diare atau mencret yang terjadi pada kucing peliharaan Anda disebabkan oleh virus adenovirus dan rotavirus. Diare akut yang berlangsung cukup lama dan parah ini dapat disebabkan adanya alergi makanan, malabsorsi dan juga konsumsi obat-obatan yang berlebihan/ overdosis.

Selain infeksi yang disebabkan virus-virus tersebut, terdapat beberapa makanan yang juga bisa menjadi pemicu seekor kucing diare atau mencret.

Perhatikan setiap makanan yang Anda berikan pada kucing Anda, bijak-bijaklah memilih makanan untuk kucing Anda. Jangan sampai makanan yang Anda pilih justru berdampak tidak baik bagi kesehatan kucing peliharaan Anda. Berikut ini akan dibahas mengenai beberapa jenis makanan yang dapat memicu gangguan pencernaan pada kucing.

Makanan sisa. Kucing yang sering dibiarkan berkeliaran di luar rumah tanpa pengawasan, biasanya akan memakan makanan seadanya/ makanan sisa yang ia temukan di jalan saat ia sedang merasa lapar.

Makanan sisa sama saja dengan sampah, yaitu makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, makanan sisa berpotensi menyebabkan diare pada kucing.

Sayuran yang tidak dicuci dengan bersih. Biasanya, kucing diberi variasi makanan oleh pemiliknya. Banyak yang memilih sayuran sebagai variasi makanan kucing peliharaannya.

Namun, sayuran yang tidak dicuci dengan bersih, dan dikonsumsi oleh kucing, tentu akan menyebabkan diare pada kucing yang disebabkan oleh parasit atau bakteri yang masih tertempel pada sayuran tersebut.

Minum air yang tidak bersih. Selain itu, penyebab lain kucing mencret adalah karena ia minum air sembarangan, yaitu air yang diragukan kebersihannya.

Sebaiknya Anda perlu waspada, karena selain diare, minum air sembarangan juga dapat menyebabkan keracunan pada kucing Anda. Oleh karena itu, selalu awasi dan perhatikan tingkah lakunya, serta berikanlah minuman yang bersih untuk kucing Anda.

Untuk mengatasi kucing diare, bisa dengan menggunakan cara berikut ini:

kucing diare

Cairan oralit khusus hewan. Cara paling ampuh untuk mengatasi kucing mencret atau diare adalah dengan memberikan cairan oralit khusus hewan. Bisa juga dengan memberikan obat adsorben seperti kaolin, yang berfungsi untuk mengurangi dehidrasi.

Multivitamin. Pemberian multivitamin dapat berfungsi untuk melawan virus-virus yang dapat menyebabkan diare/ mencret pada kucing.

Mengganti makanan. Kucing yang sedang diare juga dikarenakan oleh makanan yang ia konsumsi. Oleh karena itu, mengganti makanan mungkin menjadi solusi tepat untuk mengurangi diare. Namun, lakukan penggantian makanan secara bertahap, sedikit demi sedikit.

Kebersihan kandang. Jagalah selalu kebersihan kandang kucing peliharaan Anda, supaya kondisinya selalu sehat dan tidak mudah terserang bakteri atau virus yang dapat menimbulkan penyakit.

Itulah penyebab dan cara mengatasi kucing yang terkena diare. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *