Pelajari Tentang Artikel Ilmiah Penelitian

0
6 views
Artikel Ilmiah Penelitian
Image : Pixabay

Jika sahabat seorang pelajar atau mahasiswa maka sudah tak asing lagi dengan istilah artikel. Artikel sendiri bisa ditemukan di website, Koran, majalah, dan masih banyak lainnya.

Salah satu jenis artikel yang dibuat dalam dunia pendidikan merupakan artikel ilmiah. Sahabat mungkin sudah tahu jika artikel biasanya sering dimuat dalam jurnal ilmiah ataupun buku.

Kemampuan dalam menulis ilmiah ataupun penelitian sangatlah penting jika sahabat saat ini sedang berada di bangku sekolah ataupun kuliah.

Sahabat juga bisa dapatkan Contoh artikel ilmiah penelitian yang bisa sahabat jadikan referensi dalam menulis. Akan lebih baik jika sahabat lebih paham tentang pengertian artikel ilmiah terlebih dahulu.

Jangan Lupa Untuk menyimak artikel terkait diantaranya :

Apa itu artikel ilmiah?

Artikel ilmiah merupakan tulisan yang isinya berupa ide, gagasan, dan hasil pemikiran berdasarkan pengamatan. penelitian.

kajian. dan evaluasi yang tersaji secara terstruktur berdasar metode ilmiah sehingga isinya sendiri bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah terdapat suatu masalah.

Cara pembuatan artikel ilmiah tentu saja berbeda dengan artikel biasa. Dalam menulis artikel ilmiah harus memenuhi etika dan kaidah ilmiah.

Penjelasan artikel ilmiah

Setelah sahabat mengerti tentang pengertian artikel ilmiah, maka sahabat akan belajar tentang artikel penelitian. Artikel penelitian merupakan salah satu jenis artikel ilmiah. Jenis tersebut didasarkan pada isinya.

Artikel penelitian merupakan salah satu jenis artikel ilmiah yang berisi tentang informasi suatu ilmu pengetahuan baru dan sudah dipublikasikan pada jurnal baik secara nasional ataupun internasional.

Artikel jenis ini juga bisa menjelaskan tentang hasil penelitian atau riset yang relatif baru dan original sekaligus menjabarkan tentang metodologi penelitian yang digunakan dalam jurnal tersebut.

Beberapa struktur penulisan artikel penelitian

Judul

Judul artikel mungkin bisa sama dengan judul penelitian yang sudah dilakukan. Lalu sahabat juga bisa mencantumkan nama penulis tanpa gelar dan lembaga tempat bertugas.

Abstrak

Abstrak adalah inti permasalahan, bagaimana penelitian tersebut dilakukan, hasil, dan menarik kesimpulan.

Abstrak sendiri tidak boleh melebihi 200 kata. Namun ada beberapa majalah atau jurnal yang mewajibkan untuk menulis abstrak menggunakan Bahasa Inggris selain Bahasa Indonesia.

Buat Kata Kunci/ Keyword

Kata kunci terdiri dari kata pokok yang berkaitan erat dengan isi artikel. Biasanya ditulis dengan bahasa yang sama dengan penulisan abstrak dan ditempatkan di bawah abstrak

Mulai Pendahuluan

Biasanya memuat latar belakang suatu masalah beserta alasan mengapa masalah tersebut penting untuk diteliti, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan mengandung uraian singkat, dll.

Metode Penelitian

Berisi tentang metode ataupun cara-cara dalam melaksanakan penelitian tersebut seperti penelitian, populasi, sampel, metode pengumpulan data, dan masih banyak lainnya.

Hasil penelitian

Berisikan tentang hasil yang didapat setelah melakukan penelitian tersebut, kemudian memberikan penjelasan ilmiah yang didasarkan pada pustaka sehingga masalah tersebut bisa terpecahkan.

Hasil penelitian juga harus didiskusikan dengan cara membandingkan beberapa hasil penelitian lainnya.

Tarik kesimpulan

Berisikan pernyataan singkat terkait hasil penelitian yang didasarkan berdasarkan dengan rumusan masalah.

Lampirkan daftar pustaka

Sahabat harus mencantumkan daftar pustaka yang digunakan dalam menyusun artikel ilmiah tersebut. Sumber harus asli dan bisa dipertanggung jawabkan.

Pastikan juga tulisan sahabat mudah dipahami oleh pembaca. Sahabat bisa menggunakan kata yang lugas dan tepat supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Bahasa yang digunakan juga sesuai dengan jenis artikel yang akan dibuat. Nah, sahabat bisa gunakan artikel dan Contoh artikel ilmiah penelitian sebagai referensi dalam menulis artikel yang sesuai.